Dari Teman-teman Seumuran Sampai Kaya Pengalaman, Ini Keuntungan Kerja di Start Up

08 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Mencari pekerjaan itu susah-susah gampang. Apalagi kalau kamu baru lulus alias fresh graduate yang masih bingung mau masuk ke industri apa. Nah berhubung sekarang sedang digalakkan start-up company atau perusahaan rintisan yang berbasis teknologi dan memang tengah berkembang pesat di Indonesia, ini bisa jadi pilihan alternatif. Lagipula, bekerja di perusahaan start up itu banyak untungnya lho.

1. Karena masih merintis, jobdesc-nya terkadang overlapping. Kamu jadi belajar multitasking

Namanya juga baru memulai: start-up. Struktur perusahaan belum matang, masih ada kekosongan yang harus ditambal di sana-sini. Kekosongan ini mau nggak mau harus diisi dengan kerja orang-orang yang udah ada. Bisa jadi kamu marketing sekaligus PR yang kadang menyumbang ide di penulisan konten juga. Dengan begini, kamu jadi terlatih mengerjakan dan menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang terbatas.

2. Lingkungan kerja menyenangkan tanpa kubikel suram

Karena yang dibutuhkan di perusahaan start-up adalah pikiran-pikiran kreatif dan out of the box, lingkungan kerjanya juga biasanya diciptakan jauh lebih berwarna dan asyik dibandingkan perusahaan konvensional. Melihat beberapa perusahaan start up di Indonesia, kamu bisa menjumpai kantor-kantor penuh beanbag, tangga yang berdampingan dengan perosotan untuk turun ke lantai bawah, kantin atau pantry yang cozy, games and social corner, dan lain-lain. Pokoknya anti bosan deh.

3. Teman-teman seumuran, lebih nyambung jokesnya

Perusahaan start up banyak didirikan oleh orang muda, 20-30an tahun. Mereka pun merekrut orang-orang yang masih berusia muda, penuh dengan gagasan modern. Fresh graduate dicari banget sama perusahaan start up. Model bisnis yang dikembangkan bisa relevan dengan kehidupan anak muda zaman sekarang kalau dijalankan oleh orang yang mengalaminya sehari-hari. Jadilah perusahaan start up didominasi anak muda. Nggak perlu takut ada awkward moment sama kolega yang gap umurnya jauh, karena hey nggak ada dong yang begitu, secara semuanya anak muda.

4. Pekerjaannya lebih menantang

Dibandingkan dengan perusahaan yang sudah ‘mapan’, tugasmu di perusahaan start up pasti lebih menantang karena masih harus menaklukkan ‘rimba’, misalnya mencari klien yang cocok dengan nilai perusahaan. Nama perusahaan yang belum dikenal bikin kamu harus bekerja lebih cerdas. Buat kamu yang suka tantangan, cocok banget kan?

5. Pendapatmu lebih didengar

Iklim dan budaya perusahaan yang lebih terbuka menjadikan setiap orang yang bekerja dalam perusahaan start up punya hak untuk berbicara apa saja terkait pengembangan dan kemajuan perusahaan. Setiap ide akan dihargai nggak memandang kamu dari divisi apa atau pengalaman kerja sebelumnya. Sense of belongingnya lebih terasa.

Dengan bekerja di perusahaan start up, kamu akan belajar banyak hal dalam waktu cepat. Dari anak yang nggak tahu apa-apa jadi experienced worker yang mampu menjawab tantangan dalam banyak bidang. Seru banget kan? Daripada harus bersaing dengan ribuan orang untuk mendapatkan satu posisi dalam CPNS atau perusahaan BUMN, mending daftar perusahaan start up aja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES