Dari Sunglass Sampai Bra, Ternyata Benda-Benda Ini Juga Punya Tanggal Kedaluwarsa!

robotcreative.com

Mungkin tidak semua orang selalu melakukannya, tapi mengecek tanggal kedaluwarsa saat kita hendak membeli suatu produk adalah suatu hal yang sangat penting. Ada dua jenis tanggal dalam produk-produk yang biasa kita beli. Yang pertama adalah tanggal ketahanan. Tanggal ketahanan atau daya awet makanan adalah tanggal yang menunjukkan kapan kualitas produk yang kita beli itu menurun. Sementara itu, tanggal kedaluwarsa adalah tanggal yang menjadi peringatan bahwa kita tidak boleh lagi menggunakan produk yang kita beli jika sudah lewat dari kedaluwarsa. Sebenarnya masih bisa, tapi tentunya ada resiko yang siap membayangi kamu jika kamu tetap nekat. Apalagi jika terlewat lama.

Biasanya, yang dihindari untuk dikonsumsi adalah produk makanan atau minuman yang tanggal kedaluwarsanya sudah terlewat. Namun, kamu tahu nggak, kalau sebenarnya tidak hanya produk makanan dan minuman saja yang memiliki batas waktu penggunaan. Beberapa barang yang tampaknya aman pun tetap memiliki tanggal kedaluwarsa yang harus diperhatikan. Akan ada beberapa dampak buruk akibat menggunakan barang milik kamu yang tanggal kedaluwarsanya sudah terlewat jauh. Nah, biar kamu tahu kira-kira produk apa saja yang perlu diperhatikan tanggal kedaluwarsanya selain makanan, yuk simak!

1. Sunblock

www.health.harvard.edu

Meskipun sunblock merupakan sesuatu yang digunakan setiap hari, tapi nggak jarang ada orang yang menyimpan sunblock dalam jangka waktu lama karena merasa nggak sering panas-panasan. Perlu diingat bahwa produk-produk sunblock biasanya bertahan paling lama selama tiga tahun. Ada beberapa produk yang mencantumkan tanggal kedaluwarsanya, dan ada juga yang tidak. Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu membuang saja sunblock kamu jika sudah lebih dari tiga tahun.

2. Teh

www.harney.com

Teh berbeda dengan wine yang biasanya akan menjadi lebih bagus jika disimpan dalam waktu yang sangat lama. Sama seperti tubuh manusia, kualitas teh pun akan semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu. Meski berbentuk keringan, tapi terdapat batas waktu untuk pengunaan teh, yakni sekitar dua tahun.

3. Kacamata hitam penangkal radiasi UV

www.executivegrooming.com.au

Sangat sedikit orang yang memperhatikan batas waktu penggunaan untuk produk ini. Kacamata penangkal cahaya matahari berfungsi sebagai perisai fisik yang menahan sinar UV agar gak langsung mempenetrasi mata kamu. Berhubung kacamata adalah pelindung yang terus terkena radiasi matahari, tentunya produk ini pun lama-kelamaan akan berkurang kemampuannya. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengganti lensa kacamata kamu secara berkala.

4. Cat
www.instructables.com

Kamu mungkin akan sangat jarang menemukan tanggal kedaluwarsa pada cat yang kamu beli karena mungkin produsen cat sendiri menganggap bahwa cat adalah produk yang langsung dipakai setelah dibeli. Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa cat yang kemasannya tertutup rapat masih bisa digunakan dalam jangka waktu 15 tahun, sedangkan untuk cat yang kemasannya sudah dibuka tapi bagian atasnya masih ditutup untuk menghindari kekeringan dapat bertahan hanya selama 10 tahun.

5. Pasta gigi
en.wikipedia.org

Pasta gigi dengan merk yang berbeda-beda akan memiliki batas waktu penggunaan yang berbeda-beda pula. Sangat penting untuk mengetahui tanggal batas pemakaian pasta gigi karena produk ini pada dasarnya dimasukkan ke dalam mulut meskipun tidak ditelan. Batas waktu penggunaan pasta gigi biasanya berkisar antara satu sampai dua tahun.

6. Sabun batangan

www.today.com

Meskipun produk ini merupakan pembersih yang mampu membunuh kuman dan bakteri, tapi perlu diingat bahwa sabun batangan juga dapat memberikan dampak buruk pada tubuh kita jika sudah lebih dari tiga tahun.

7. Baterai

learn.sparkfun.com

Benda yang satu ini memang akan cepat habis dayanya jika kamu sering gunakan. Akan tetapi, jika kamu memiliki benda elektronik yang sangat jarang kamu pakai dan memiliki baterai di dalamnya, kamu harus membuang baterai itu setelah lewat dari tujuh tahun. Perlu diingat bahwa baterai dapat mengeluarkan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan jika kita tidak memerhatikan penggunaannya dengan baik.

8. Pemadam api

www.homedepot.com

Meskipun mungkin kita akan jarang menemui benda ini di rumah-rumah, tabung pemadam api biasanya tersedia di bangunan-bangunan yang dijadikan sebagai fasilitas umum seperti mal, restoran, dan sebagainya. Kalau misalnya tidak pernah ada kebakaran, mungkin akhirnya tabung ini hanya berfungsi sebagai dekorasi dan hanya terpajang selama bertahun-tahun. Perlu dicatat bahwa tabung pemadam api ini tidak akan bisa berfungsi lagi dengan baik jika sudah lewat dari enam tahun. Jadi, kalau kamu memiliki benda ini untuk berjaga-jaga, ada baiknya jika kamu membeli yang baru setelah melewati masa waktu yang disebutkan di atas.

9. Sisir
www.executivegrooming.com.au

Nah, mungkin yang satu ini tidak akan pernah kamu ganti dengan yang baru kalau gigi-giginya masih bagus dan bisa digunakan. Sangat penting untuk mencuci sisir setiap seminggu sekali dan menggantinya dengan yang baru setiap enam sampai sepuluh bulan sekali. Pasalnya, sisir biasanya akan berinteraksi dengan pelbagai bakteri atau minyak yang menumpuk pada rambut. Bayangkan saja kalau kamu sudah mengangkat minyak-minyak dari rambut, tapi ujung-ujungnya kamu kembalikan lagi ke kepala kamu.

10. Dot atau empeng bayi
vulgarbaby.com

Bahan lateks pada dot dapat rusak bergantung dengan seberapa keras bayi menggigitnya. Lubang yang terbuka akibat gigitan itu pun dapat menjadi sarang bakteri yang berbahaya bagi bayi sehingga sangat penting untuk mengganti dot dengan yang baru setiap dua atau lima minggu sekali.

11. Handuk

www.shopmarriott.com

Meskipun kita memang bisa mencucinya, handuk tetap dapat menjadi tempat tinggal bakteri dan berbagai penyakit jika kita tidak pernah menggantinya selama bertahun-tahun. Jangka waktu paling lama untuk penggunaan handuk adalah tiga tahun.

12. Bra

www.thirdlove.com

Setiap kali digunakan, ada beberapa kualitas pada bra yang menurun. Kadang-kadang, jika usia bra sudah terlalu lama, bra justru dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan payudara wanita. Untuk mengurangi resiko, alangkah baiknya jika kamu membuang bra yang usianya sudah mencapai dua tahun.

 

Itulah beberapa produk yang bisa memberikan dampak buruk jika kamu tidak memerhatikan batas waktu penggunaannya. Coba cek lagi benda-benda di sekelilingmu, segera buang yang sudah kedaluwarsa dan ganti dengan yang baru. Tapi tetap ingat untuk menjaga lingkungan ya, sehingga hindari benda-benda yang berbahan plastik dan pilihlah yang dapat terurai oleh alam.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mitos dan Fakta Dunia yang Akan Kamu Hadapi Setelah Lulus Kuliah. Jangan Langsung Percaya

Mitos dan Fakta Dunia yang Akan Kamu Hadapi Setelah Lulus Kuliah. Jangan Langsung Percaya

Jangan Malas Mengembangkan Diri, 7 Pekerjaan dengan Gaji Selangit Ini Sudah Menanti

Jangan Malas Mengembangkan Diri, 7 Pekerjaan dengan Gaji Selangit Ini Sudah Menanti

Jangan Sampai Amburadul, 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Saat Wawancara Kerja Digital!

Jangan Sampai Amburadul, 5 Hal Ini Wajib Kamu Siapkan Saat Wawancara Kerja Digital!

Biar Nggak Letoi Saat Bekerja, Ini Teknik Tidur yang Tepat Untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

Biar Nggak Letoi Saat Bekerja, Ini Teknik Tidur yang Tepat Untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

Nggak Perlu Minder Lagi, Ini 7 Alasan Kenapa Cowok Bisa Tertarik ke Cewek Berisi

Nggak Perlu Minder Lagi, Ini 7 Alasan Kenapa Cowok Bisa Tertarik ke Cewek Berisi

Hasil Penelitian, Pacaran dengan Cowok Lebih Tinggi Ternyata Bikin Kamu Lebih Bahagia. Ini Alasannya!

Hasil Penelitian, Pacaran dengan Cowok Lebih Tinggi Ternyata Bikin Kamu Lebih Bahagia. Ini Alasannya!

loading