Dari Hobi Jadi Pundi-pundi Rupiah, Ini 7 Keuntungan Menjadi Blogger. Siap Kaya Raya?

07 Juni 2018
|Chandra W.
0SHARES

Ketika sedang mencari rekomendasi tempat makan, wisata kuliner, wisata alam bahkan makeup untuk kondangan, referensi dari mana yang kalian percaya? Sebagian mungkin akan menjawab media sosial, misalnya Instagram. Sebagian lainnya dari referensi blogger. Saat ini blogger telah menjadi salah satu profesi yang diminati. Jika kamu suka menulis, memotret dan membuat video, maka kamu telah memiliki modal awal untuk menjadi blogger. Keuntungan menjalani profesi ini ada banyak, berikut tujuh di antaranya. 

1. Kemampuan menulis terlatih

Pada dasarnya, menjadi blogger tanpa kemampuan menulis hampir mustahil dilakukan. Meskipun demikian, menulis adalah keterampilan yang hanya dapat dilakukan dengan terus menerus menulis sembari memperbaiki kekurangan. Semakin banyak kamu menulis dan memperbaiki satu per satu kekurangan dalam tulisan, semakin bagus pula tulisanmu. Jika kamu sudah memiliki blog, coba deh lihat tulisan pertamamu dan bandingkan dengan tulisan terakhirmu. Lihat perbedaannya?

2. Selalu up to date

Menjadi seorang blogger, nggak afdol rasanya jika kamu nggak mengetahui apa yang sedang terjadi di masyarakat. Entah suasana politik, makeup yang lagi ngetrend, atraksi wisata baru di kota, kuliner ngehits, apa saja. Sebab, dari situlah kamu bisa mendapatkan bahan tulisan atau ulasan untuk isi blogmu. Kalau isi blogmu begitu-begitu saja, tentu pembaca akan bosan. 

3. Mendapatkan tawaran review

Untuk sampai ke tahap ini, kamu perlu fokus dengan topik blogmu sendiri. Sedari awal menulis, tentukan apa yang ingin kamu bagikan kepada banyak orang secara spesifik. Misal: rekomendasi makeup dan tips kecantikan, wisata, fashion, DIY, atau musik dan lain-lain. Ketika kamu fokus menulis dengan satu tema dan menggaet banyak pembaca, akan berdatangan tawaran review sesuai topik tulisanmu. Bisa jadi review hotel, produk skincare dan makeup hingga workshop DIY. Mirip dengan selebgram yang diendorse gitu. Bisa jadi awal-awal kamu hanya diberikan tiket gratis, lama-lama kamu bisa pasang tarif per review

4. Penghasilan tambahan

Jika ada yang mengatakan punya blog hanya buang-buang waktu, buktikan bahwa mereka salah. Kamu bisa mulai dengan AdSense, lalu bertemanlah dengan sebanyak-banyaknya blogger dan masuk ke komunitas-komunitas. Dari situ kamu bisa belajar banyak bagaimana blogging bisa menghasilkan banyak uang dan tentu saja dengan cara yang bagaimana. Selain memaksimalkan kualitas tulisan, jaringan pertemanan dan koneksi juga sangat penting lho.

5. Punya banyak teman dan fans

Percaya nggak kalau ada orang bisa jatuh cinta hanya lewat tulisan tanpa melihat wajah penulisnya sekalipun? Nah, sekarang nggak usah sampai jatuh cinta deh. Banyak blogger punya fans karena konten yang dibuatnya menarik, informatif dan emosional sekaligus menginspirasi. Siapa sih yang nggak suka punya fans?

6. Mengerti dasar-dasar ilmu marketing

Terutama marketing melalui media sosial. Dari teknik penulisan judul, SEO, hingga promosi di dunia offline pun pasti akan kamu lakukan jika memang kamu niat ngeblog. Tanpa disadari, bukan saja kamu jadi lebih pintar membuat konten, kamu juga sedikit menguasai ilmu marketing. 

7. Memiliki portofolio online

Kelak jika kamu memutuskan untuk bekerja yang berhubungan dengan kepenulisan, tak perlu repot-repot mengumpulkan tulisan dalam bentuk hard copy. Cukup tuliskan pranala menuju blogmu saja dan pihak perusahaan dapat melihat hasil karyamu selama ini. 

Jika benar-benar ditekuni, blogging dapat menjadi salah satu ladang penghasilan yang menjanjikan lho. Masalahnya, kamu mau menekuni atau tidak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES