Dari 'Buroq' Hingga Pocong Patrol, Ini 7 Tradisi Unik Membangunkan Sahur di Indonesia

sitimustiani.com

Setiap datang bulan puasa, berbagai tradisi dilakukan di Indonesia. Beda daerah, beda juga tradisinya. Pada saat bulan Ramadan dan tiba waktu makan sahur, biasanya ada anak-anak kecil yang berteriak, "Sahuuuuur, sahur!" di kompleks rumah. Tapi ternyata tak hanya itu saja. Ada banyak tradisi dan cara membangunkan sahur di Indonesia. Seperti apa? Scroll yuk.

1. Patrol canmacanan di Situbondo

www.clip.fail

Bagaimana rasanya melihat macan dan iring-iringan boneka sebesar ondel-ondel melewati rumahmu pukul dua pagi hari? Seram ya. Tapi tenang, ini bukan macan betulan kok. Canmacanan merupakan kesenian khas Situbondo yang berupa replika harimau raksasa dan ondel-ondel. Tradisi patrol canmacanan diadakan setiap tahun di Kapongan, Situbondo, Jawa Timur. Masyarakat jadi lebih bersemangat bangun sahur karena ada yang ditonton. Meriah sekali. 

2. Musik traktor sawah di Madiun

focusmadura.com

Sama hebohnya dengan di Situbondo, pemuda Madiun punya kebiasaan yang nggak kalah unik. Musik traktor, sesuai namanya adalah traktor keliling dengan gerobak yang disertai soundsystem memutar musik elektronik atau semaunya yang menyetel dan berkeliling desa untuk membangunkan warga yang hendak makan sahur. Jadi penasaran, seperti apa ya suaranya?

3. Klotekan di Yogyakarta

www.wowmenariknya.com

Di kota istimewa ini, anak kecil dan para pemuda berkeliling membangunkan warga untuk bangun sahur dengan cara yang disebut klotekan. Satu set drum diikatkan pada sepeda dan ditabuh sepanjang jalan sambil meneriakkan kata sahur berkali-kali. Sangat membantu nih untuk anak kos yang sulit bangun sahur gara-gara nggak ada yang membangunkan. Jomlo ya gitu. 

4. Musik daul di Madura
www.amethystaiko.com

Awalnya, musik daul sebenarnya hanya berupa kentongan yang ditabuh saat bulan puasa menjelang waktu makan sahur. Tapi karena banyak warga yang menyukai, terkadang kentongan ini dilengkapi satu set perkusi dan bahkan beberapa instrumen gamelan. Tak hanya itu, polisi di Madura juga turut membangunkan warga untuk sahur dengan musik daul ini sekaligus patroli untuk mengurangi aksi balap liar selama Ramadan. Salut!

5. Buroq di Brebes
www.antarafoto.com

Tentu saja ini bukan buroq yang digunakan Rasulullah untuk naik ke sidratul muntaha. Buroq yang dimaksud di sini adalah boneka besar berkepala bidadari dan satunya lagi berkepala macan kumbang. Sambil berkeliling, diputar juga musik dan lagu bernuansa Islami. Tak sampai situ saja, rombongan ini juga terkadang sampai mengetuk pintu warga lho. Pasti warga Brebes sangat merasa terbantu ya, terutama yang sering kesulitan bangun sahur.

6. Pocong patrol di Banyuwangi

rindrasulistiyono.blogspot.com

Patrol adalah musik tradisional Jawa Timur yang terdiri dari kentongan beraneka ragam dan ukuran sehingga menghasilkan suara yang berbeda-beda namun masih dalam satu kesatuan. Di Banyuwangi, musik patrol biasa digunakan untuk membangunkan sahur. Tambahannya, para pria meminjam mukena sang istri dan mendandani wajah dengan bedak tebal hingga menyerupai poci alias pocong. Mereka berkeliling membangunkan warga untuk sahur. Kalau dibangunin sama yang kayak gini, gimana perasaanmu?

7. Paraga di Makassar

fajaronline.co.id

Terbayang nggak sih, ada aksi akrobatik dilakukan pada jam-jam makan sahur? Di Makassar ada nih, namanya Paraga, kesenian khas Bugis yang mirip sepak takraw. Bedanya, sepak takraw berupa pertandingan, sedangkan paraga murni atraksi. Jadi, sepanjang jalan sekitar enam orang melakukan paraga. Bolanya nggak boleh sampai jatuh. Sambil paraga, mereka membangunkan warga untuk sahur. Seru banget ya!

Kalau di daerahmu, ada cara unik untuk membangunkan makan sahur nggak? Atau sepi-sepi saja dan harus bisa bangun sendiri tanpa ada yang membangunkan? Nggak masalah, mau kamu jomlo dan nggak ada yang ngebangunin pun, kamu tetap harus bersyukur karena setidaknya kamu masih bisa ibadah puasa tahun ini.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Kekurangan Ada Bukan Untuk Menghilangkan Rasa Percaya Diri. Kamu Harus Seperti Para Wanita Ini

Kekurangan Ada Bukan Untuk Menghilangkan Rasa Percaya Diri. Kamu Harus Seperti Para Wanita Ini

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Manis dan Sederhana, 10 Ide Dekorasi Rumah Bertema Ramadan Ini Bikin Puasa Semakin Syahdu!

Manis dan Sederhana, 10 Ide Dekorasi Rumah Bertema Ramadan Ini Bikin Puasa Semakin Syahdu!

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Dari si Eksis Hingga si Ansos, Ini 9 Tipe Pekerja Kantoran. Kamu yang Mana?

Dari si Eksis Hingga si Ansos, Ini 9 Tipe Pekerja Kantoran. Kamu yang Mana?

loading