Dapatkan Pekerjaan Pertamamu Segera dengan Mengikuti Tips Ini

www.pexels.com

Menjadi fresh graduate ternyata tidak mudah. Meski sudah mengantongi gelar sarjana dan banyak melamar ke beberapa perusahaan besar. Namun hasilnya nihil sampai sekarang. Padahal kamu merasa yakin dengan pengalaman yang dicantumkan pada CV dan portofolio.

Di beberapa kesempatan, bahkan kamu sudah masuk ke tahap interview. Namun pada akhirnya, tak ada kabar baik yang kamu dapatkan dari recruiter. Supaya kamu bisa lolos dan mengamankan posisi di pekerjaan pertama, apa yang harus dilakukan?

1. Tinggalkan kesan bagus

pixabay.com

Membuat dirimu ‘ditandai’ oleh pihak HRD itu susah, tapi bukan kalau hal ini mustahil. Kamu bisa membuat kesan yang menarik dari pakaian. Pastikan sebelum datang interview, kamu sudah paham dengan dress code kantor yang akan didatangi.

Jangan cuma pakai warna standar yang biasa dipakai seperti hitam, putih, dan abu-abu. Kenakan sesuatu yang bisa bikin penampilan kamu beda dari pelamar lain. Misalkan penggunaan jepit rambut glitter, membawa tas besar, atau hal lain yang bisa mengesankan pihak HRD.

2. Bawa CV

pixabay.com

Selalu bawa CV meskipun ke tempat wawancara adalah penting. Walaupun sudah mengirim via e-mail, bisa saja kantor menanyakan hard file dari CV yang telah kamu berikan. Sebagai antisipasi saat pulang dari interview melihat lowongan pekerjaan di jalan yang sesuai dengan kriteriamu.

3. Gestur

pixabay.com

Perhatikan bahasa tubuh saat dipanggil untuk interview. Menjaga pembawaan sikap selama masuk ke kantor itu penting. Tidak hanya ketika sedang interview, sejak masuk dan setelah diwawancarai pihak HRD. Gestur ini bisa menentukanmu masuk atau tidaknya ke perusahaan tersebut.

Karena postur, kontak mata, dan bahasa tubuh seorang pelamar akan diperhatikan. Beri jabatan erat dan meyakinkan saat bersalaman dengan pihak pewawancara. Duduk dengan tenang dan santai dan terjangan buru-buru.

4. Jawab pertanyaan jebakan
pixabay.com

Beberapa perusahaan menyiapkan pertanyaan jebakan. Seperti menyebutkan satu kata yang mewakili dirimu sendiri dan kelemahan. Pewawancara menilai ketika menjawab pertanyaan sebelumny.

Ketika tricky question muncul di sela-sela atau di akkhir wawancara. Usahakan untuk berkata jujur dan jangan berlebihan. Jawaban yang jujur akan dihargai pihak HRD kok. Pastikan untuk tetap menyampaikan bagaimana caramu mengatasi kelemahanmu itu.

5. Datang lebih awal
pixabay.com

On time saja tak cukup untuk menilai cukup capable atau tidak di perusahaan. Walaupun sudah menghitung estimasi perjalanan dengan menghitung lama perjalanan dari rumah ke tempat wawancara. Sebisa mungkin untuk tetap memperhatikan hal yang tak terduga. Seperti macet, lampu merah yang lama, ban bocor, dan hal lain yang di luar kuasamu. Coba untuk membuat dirimu ada di tempat 10-15 lebih awal dari jadwal wawancara yang telah diberikan.

6. Siapkan pertanyaan

pixabay.com

Di akhir wawancara, biasanya para HRD akan memintamu untuk bertanya pada mereka. Kamu akan diberi kesempatan untuk bertanya. Maka dari itu, sebelum datang ke tempat wawancara, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan agar dalam wawancara nanti bisa mengajukan pertanyaan ke pihak HRD.

Kamu bisa menuliskannya dalam catatan dan mengingatnya di kepalamu. Pertanyaan yang bisa diajaukan bisa seputar budaya kerja di kantor, tantangan yang sedang dihadapi perusahaan, dan pengalaman si pewawancara selama di perusahaan tersebut.

7. Coba lagi

pixabay.com

Gagal tak masalah. Coba terus untuk apply pekerjaan lewat website dan kirim secara resmi sampai berhasil. Jadi jangan langsung putus asa. Dengan pernah gagal, kamu jadi tahu celahnya dan bisa memperbaiki diri.

Setelah wawancara selesai, jangan mengira wawancara tadi sudah benar-benar beres meskipun telah keluar dari ruang wawancara. Kamu harus ingat agar tetap menjaga sikap dan bahasa tubuh. Jangan lupa untuk menyapa pelamar kerja lain saat berpapasan.

Ucapkan terima kasih pada resepsionis dan security yang bertugas ketika keluar masuk dari kantor. Pada akhirnya, yang membuatmu diterima jadi karyawan di sebuah perusahaan adalah kualifikasi, potensi dan bakat yang dipunya yang disesuaikan dengan keinganan kantor tersebut.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Band Ini Hobi Banget Hancurin Alat Musik Saat Manggung | Keepo.me

5 Band Ini Hobi Banget Hancurin Alat Musik Saat Manggung | Keepo.me

Inilah Teman Tipe Peminjam Uang yang Harus Dihindari

Inilah Teman Tipe Peminjam Uang yang Harus Dihindari

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

Dear Pengantin Baru, Ini Perabotan yang Wajib Dipunya Segera

Dear Pengantin Baru, Ini Perabotan yang Wajib Dipunya Segera

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Hacks Merancang Acara Lamaran dengan Biaya Terjangkau

Hacks Merancang Acara Lamaran dengan Biaya Terjangkau

loading