Curhat, 9 Hal yang Ingin Kukatakan Agar Cewek Makin Paham Tentang Kaum 'Adam'

14 April 2018
|Robertus Ari

Aku hanya cowok biasa yang juga memiliki banyak kekurangan. Aku juga begitu menyadari hal ini, terlebih ketika aku mencoba membangun hubungan bersama pasangan. Tentu saja semua tak selalu berjalan seindah telenovela yang begitu banyak happy-happy-nya. Dari sini pula, aku menjadi banyak belajar tentang bagaimana kita berinteraksi dengan berbagai perbedaan untuk menjadi satu dan sejalan.

Selama ini aku dan pasangan berproses bersama untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk satu sama lain. Namun terkadang ada beberapa hal yang sering menjadi kesalahpahaman dalam perjalanan tersebut. Itulah mengapa, kali ini aku ingin mengatakan beberapa hal yang rasanya kamu (cewek) harus tahu, karena kami juga ingin dimengerti.

1. Kami bukanlah dukun yang bisa membaca isi pikiran kamu

Bukan masalah peka atau tidak, namun selama kamu tidak mengatakan apa yang ada dipikiranmu, kami tidak akan pernah tahu apa maksud kamu. Alih-alih ingin mencoba memahami, yang bisa kami lakukan hanyalah ‘menebak’. Tapi sayangnya jika tebakan itu salah, malah membuat kamu marah kepada kami. Jadi cobalah untuk membuat semua itu menjadi lebih mudah.

2. Kami suka dengan cewek yang tegas; “iya” atau “tidak”

Kami percaya bahwa kamu cukup dewasa dalam menentukan sebuah pilihan, “iya” atau “tidak”. Jadi kamu tak perlu menjelaskan panjang lebar yang malah membuat semua makin buram. Itulah mengapa lebih baik kamu to the point dengan apa yang ingin kamu sampaikan. Dengan begini, kami menjadi lebih ingin mendengar dan mengerti tentang apa yang sebenarnya kamu mau.

3. Kami malas untuk membicarakan masa lalu, karena topik ini sudah basi dan berlalu

“Jika kamu selalu melihat ke belakang, kamu tidak akan ke mana-mana.” Mungkin inilah yang sering menjadi pegangan cowok sehingga membicarakan masa lalu bukanlah topik favorit bagi kami. Kami lebih suka melangkah ke depan dengan sesuatu yang baru. Jadi jangan bawa topik yang sudah basi untuk dibicarakan lagi.

4. Kami memang buruk dalam hal detail, tapi bukan berarti kami tak mau berusaha

Telaten dan detail bukanlah keahlian kami. Misalnya dalam masalah keuangan, kami sering kali luput untuk memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya itu cukup penting, seperti nota pembelian atau pembelanjaan - yang kita sering lupa naruhnya di mana. Namun bukan berarti kami tak mau berusaha menjadi lebih baik lagi. Jadi jangan ragu untuk mengajari kami.

5. Kami suka menganggap cewek sudah cukup mandiri, jadi jangan terlalu bergantung kepada kami

Kami menyadari dalam hal-hal tertentu cewek sering meminta bantuan dan itulah yang membuat kami merasa dihargai. Namun jika itu bisa kamu lakukan sendiri, cobalah kamu lakukan sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain. Kami menganggap kamu cukup dewasa dan istilah ‘cewek manja’ hanya ada dalam di kamus lama. Tapi meski begitu, di momen-momen tertentu sifat kamu yang manja ini sering kami dirindukan.

6. Entah kamu sadari atau tidak, kebanyakan cowok tidak terlalu peduli dengan pakaian yang kamu kenakan

Mungkin hal yang simpel adalah ketika kamu mencoba memilih baju. Umumnya kamu akan meminta pendapat cowokmu tentang hal ini. Padahal, sebenarnya kami tidak terlalu memperdulikan hal tersebut. Bahkan, tak jarang penilaian kami selalu sama dengan baju-baju pilihan kamu. Sebab bagi cowok, selama kamu nyaman mengenakannya dan sesuai dengan situasi, masalah sudah selesai!

7. Kalau kamu mengatakan, “Baik-baik saja,” itu artinya memang tidak ada masalah

Terkadang, hati dan mulut sering berkata lain. Jadi kamu jangan lagi suka menutup-nutupi jika memang ada sesuatu. Katakanlah secara jujur karena kami lebih suka cara ini. Sehingga ketika kami bertanya dan kamu menjawab, “Baik-baik saja,” kami berpikir bahwa itu adalah makna sebenarnya.

8. Berikan kebebasan untuk memilih apa yang ingin kami lakukan

Jangan ginilah, jangan itulah, kami ingin memiliki kebebasan atas apa yang kami inginkan. Bukankah kita memiliki hak yang sama? Sebab, banyaknya aturan terkadang membuat kami jenuh dan lelah. Sehingga jangan terlalu mengekang kami, seperti halnya kamu juga nggak mau dikekang oleh kami, bukan?

9. Percayalah, kami tahu apa yang kami lakukan

Tentu saja dalam hubungan perbedaan selalu muncul, entah itu masalah prinsip, cara pandang, dalam menentukan pilihan, dan lain sebagainya. Kami juga sering memiliki kepentingan sendiri yang terkadang kami membutuhkan masukan dari orang lain termasuk kamu. Di momen-momen inilah kami harus bisa mengambil keputusan yang itu baik menurut kami. Tapi tak jarang, keputusan kami sering tak sesuai dengan pandanganmu. Inilah yang sering menjadi perdebatan panjang. Tapi percayalah bahwa kami tahu apa yang kamu lakukan dengan urusan atau kepentingan kami sendiri.

 

Mungkin 9 hal tadi sedikit banyak ingin kukatakan kepada cewek. Tentu saja aku hanya manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan. Pastinya juga, setiap cowok pasti memiliki cara sendiri-sendiri dalam menjalani hubungannya, dan juga kamu. Tapi semoga setelah ini kamu menjadi lebih menyadari tentang kami. Begitu pula biarkan kami untuk bisa lebih tahu tentang kamu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES