Cowok Takut dengan Cewek Cerdas? Ngga Selalu Kok, Ini Faktanya!

18 April 2018
|Mega Fitriyani
Terkadang jadi cewek cerdas bisa menjadi senjata makan tuan. Di satu sisi, menjadi cewek cerdas jelas membanggakan. Siapa yang tak bangga dengan kemampuan diri yang mumpuni. Dipandang "wah" oleh orang sekitar dan tentu saja tak mudah diremehkan. Namun di sisi lain, ada masalah klasik yang hampir selalu dialami oleh cewek yang dipandang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Mereka biasanya akan kesulitan mendapatkan pasangan yang sepadan. Katanya banyak cowok yang akan jiper duluan hanya karena tahu cewek yang sedang didekati terlihat cerdas. Tapi apa selalu nasib hubungan cewek cerdas akan selalu berakhir begitu?

Beberapa survei menunjukkan bahwa laki-laki cenderung memilih wanita yang kurang cerdas. Penelitian pertama dilakukan di Inggris terhadap 121 orang. Hasilnya, wanita dengan tingkat kecerdasan tinggi dalam sebuah hubungan dipandang sebagai sebuah permasalahan. Sementara, kecerdasan tinggi pada pria dianggap sebagai sesuatu yang positif atau diinginkan.

Pria memilih wanita kurang cerdas karena mereka ingin menjadi prioritas dalam hidup sang wanita, bukannya dikalahkan oleh pekerjaan. Saat ini, ada banyak wanita cerdas yang lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan pasangannya sehingga hubungan yang terjalin seringkali terbengkalai.

Selain itu, bersama dengan cewek yang kurang cerdas bisa membuat cowok makin bisa mendominasi. Dominasi adalah hal yang penting buat cowok. Maka, tak heran jumlah wanita lajang yang cerdas di Inggris lebih banyak daripada wanita yang kurang cerdas. Soalnya, laki-laki lebih suka nikah atau kencan sama mereka yang kurang cerdas.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh kelompok peneliti dari Universitas Buffalo, Universitas California Lutheran, dan Universitas Texas, Austin juga menunjukkan hal yang sama. Cowok justru merasa terintimidasi jika harus berkencan dengan cewek cerdas. Cewek cerdas di dalam penelitian ini mencakup mereka yang cerdas matematika dan bahasa. Cowok cenderung menarik diri dan enggan untuk bertukar kontak, atau mengajak kencan mereka yang cerdas.

Tapi, penelitian lain menunjukkan sebaliknya. Dr. Marcel Zentner, psikolog dari New Yok University mengatakan bahwa tren cewek idaman sudah berubah. Cowok nggak lagi mementingkan penampilan fisik semata tapi menunjukkan penghargaan lebih terhadap kualitas seorang cewek, yakni kecerdasan, lebih dari penampilan atau kemampuan memasak.

Hal ini dipengaruhi oleh kesetaraan gender yang semakin populer. Dia mensurvei 12000 orang dari 30 negara untuk mencari tahu apa yang mereka inginkan dari pasangan mereka. Hasilnya, semakin banyak cowok yang menginginkan cewek pintar. Sementara, banyak cewek yang mulai menginginkan cowok yang atraktif untuk jadi pasangan hidupnya.

Nah, kamu tim yang mana? Takut untuk berkencan dengan cewek cerdas, atau mengharapkannya menjadi pasangan? Pada dasarnya memiliki pasangan yang cerdas akan menyelamatkan hubunganmu saat kalian menua nanti. Karena ketika kamu dan dia menua bersama nanti, yang tersisa agar hubunganmu tetap meletup adalah obrolan yang berjalan dua arah. Kalau pasanganmu kurang cerdas, mungkin kamu akan cepat bosan ketika fisiknya tak lagi menarik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
SHARES