Cobain River Tubing, Wisata Air Buat Kamu yang Takut Arung Jeram

19 Februari 2017
|Shela Pangaribuan
0SHARES

Serunya wisata air pasti dirasakan sebagian besar kita yang masih muda. Liburan emang paling asyik buat refreshing, dan wisata air berhasil jadi salah satu pilihannya. Nah, berwisata di alam terbuka emang seru banget apalagi bareng sohib-sohibmu. Arung jeram salah satunya. Mengarungi derasnya aliran sungai emang seru banget, tapi kalau kamu belum begitu siap secara mental dan fisik, apalagi harus berjam-jam menghadapi cobaan di medan sungai yang curam, mending jangan deh.

Nah, mungkin pilihan river tubing bisa kamu cobain. River tubing adalah permainan arung jeram menggunakan ban bekas. Biasanya kamu dan sohibmu akan diikat sehingga tidak akan terlepas kemana-mana. Selain itu, pilihan jalur dan derasnya jeram tidak akan sengeri menggunakan perahu karet ala arung jeram. Ini dia spot river tubing yang patut kamu coba!

1. Kalisuci Gunung Kidul

Pemandangan berbeda terlihat jika kamu mencicipi spot river tubing yang satu ini. Karena letaknya di kawasan Karst Gunung Kidul Yogyakarta, airnya menjadi biru kehijauan. Awalnya kamu akan berada alian sungai terbuka, namun yang menarik adalah kamu akan memasuki mulut gua yang membuat situasi luar yang terang menjadi mulai remang. Maka itu, pegelola akan memberikan fasilitas headlamp agar kamu bisa merasakan sensasi cave tubing di dalam Gua Kalisuci dan Gelatik yang memiliki pemandangan stalaktit.

2. Ledok Amprong Malang

Berada di bawah aliran air terjun Coban Pelangi, kamu bisa merasakan sensasi mengarungi sungai yang dikelilingi pemandangan yang masih terjaga keasriannya. Dengan jarak tempuh terjauh 2 kilometer, dan waktu tempuh 1 hingga 2 jam. Selain itu kamu juga bisa camping bareng sohib-sohibmu kalau pas lagi ke Malang. Harga River Tubing disini terbilang terjangkau, mulai dari 65 ribu saja.

3. Kalibadeng Banyuwangi

Debit air yang besar ini berasal dari Gunung Raung, Kabupaten Banyuwangi. Merupakan satu-satunya spot river tubing yang terletak diantara bentangan hutan pinus yang sejuk. Yang menantang adalah kamu akan melewati dam, jalur air sungai yang jika sedang kamu lewati akan seperti perosotan yang membuat jalur tubingmu semakin memacu adrenalin.

4. Green Canyon Pangandaran

Green Canyon terkenal karena kawasan karst-nya yang memiliki air biru kehijauan dan pemandangan tebing-tebing Cukang Taneuh yang mirip tebing-tebing di Arizona Amerika. Namun ternyata, sungai Cijulang yang memiliki debit air yang cocok buat River Tubing. Begitu juga di sungai Santirah, kamu bisa menjajal cliff jumping dari ketinggian 8 meter disela kegiatan ini.

5. Sungai Mencrit Lombok

Terletak di daerah Lombok timur, ini bisa jadi alternatif wisatawan yang ingin berwisata selain ke pantai di Lombok. Peserta akan melewati jeram sungai, masuk ke tiga terowongan sempit yang menantang yaitu virgini, kelelawar dan laba-laba. Hampir 2 jam kamu akan menikmati pemandangan sekitar sungai Mencrit yang lumayan panjang sekitar 2 kilometer ini.

6. Tampak Siring Bali

Nah, kalau yang satu ini agak beda dari wisata river tubing lainnya. Karena pengelola sepertinya sudah lebih siap dalam segi keamanannya, yaitu perahu karet yang digunakan untuk masing-masing peserta. River tubing disini semakin manjadi pelengkap pilihan wisata di pulau Dewata ini. Sungai Pakerisan yang memiliki air jernih dan lingkungan yang asri semakin memanjakan para wisatawan.

7. Kali Paingan Pekalongan

Jika mendengar Pekalongan pasti yang terbesit adalah batik dan Nasi Megono-nya saja. Padahal di Pekalongan ada spot river tubing yang menarik dan bisa jadi pilihan seru buat kamu yang siap ditantang adrenalinnya. Berlokasi di Linggoasri, kawasan wisata di Kabupaten Pekalongan ini seru banget buat menghabiskan waktu buat outbound dan body rafting. Selama 40 menit kamu akan diombang ambingkan di arus Kali Paingan yang memiliki arus lumayan deras.

Banyak banget kan pilihannya? Dari sini kamu bisa memulai petualangan air yang pastinya bakal jadi cerita tersendiri ketika kamu pulang ke rutinitasmu. Seru!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Shela Pangaribuan
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES