Ciri-ciri Seseorang yang Terlanjur Jadi Pecandu Cinta

www.pexels.com

Siapa di dunia ini yang tidak suka cinta? Jawabannya tentu tidak ada. Semua orang membutuhkan cinta. Hampir semua orang menginginkan dan mendambakannya. Semua orang suka mencintai dan dicintai. Suatu kondisi yang menyenangkan sejak manusia lahir hingga dirinya tiada.

Pada dasarnya, kita semua memang pecandu cinta. Kita selalu membutuhkan cinta dalam kondisi apapun. Cinta lah yang menyelamatkan kita. Cinta lah yang menjadi alasan manusia ada di dunia ini. Lalu pada kondisi seperti apa hal itu menjadi masalah bagi manusia?

1. Penelitian tentang kecanduan cinta

www.pexels.com

Para peneliti dari salah satu universitas paling bergengsi di dunia, Oxford, belum lama ini meneliti literatur ilmiah tentang alasan kita tidak bisa mendapatkan cinta yang cukup dan pada tingkatan yang berbeda-beda merasa ketakutan tidak memiliki cinta. Semua itu mungkin terjadi karena kita telah kecanduan.

Fenomena tersebut termasuk siklus ekstasi dan keputusasaan bergantian, pikiran, dan perilaku ekstrem yang kadang merusak juga dapat mengikuti akibat dari kehilangan cinta. Efeknya memiliki kemiripan dengan kecanduan pada obat-obatan, alkohol, atau perjudian.

2. Cara memandang cinta sebagai candu

www.arah.com

Menurut penelitian tersebut, ada dua cara baru untuk memandang cinta sebagai candu: sempit dan luas. Secara sempit, seseorang dapat dikatakan seorang pecandu cinta ketika semua usahanya dalam mengejar cinta justru merusak kehidupan sehari-harinya. Perilaku seperti ini dapat mengancam kesehatan mental atau fisik orang tersebut atau orang yang dikejarnya, dapat menimbulkan biaya sosial, atau bersentuhan dengan hukum.

3. Respons alami saat jatuh cinta

bali.tribunnews.com

Seperti yang telah banyak diketahui, ketika kita jatuh cinta, reaksi biokimia yang berbeda terjadi di otak. Para peneliti berpendapat, respon alami ini dapat berkembang menjadi sinyal hadiah yang tidak sehat, sehingga menyebabkan kecanduan yang tidak teratur.

Sedangkan pandangan secara luas menghasilkan pendapat yang menyatakan bahwa pada dasarnya semua manusia kecanduan cinta. Dengan kata lain, setiap orang memiliki spektrum kecanduan cinta.

4. Perilaku obsesif karena cinta
www.pexels.com

Pandangan luas tentang kecanduan cinta akan menggambarkan perilaku dan emosi seseorang yang secara obsesif memeriksa. Instagram mantan mereka setiap hari bukan sebagai gangguan, tetapi sebagai respons yang valid terhadap perpisahan.

Perbedaan dua cara pandang tersebut menghasilkan sesuatu yang penting mengenai cara kita memandang kecanduan cinta di masa depan. Kemungkinan adanya obat-obatan yang bisa mengintervensi sistem otak yang berkaitan dengan cinta, romantis, dan sebagainya.

5. Pengobatan untuk kecanduan cinta
cantik.tempo.co

Tetapi dalam kondisi seperti apa seseorang membutuhkan obat untuk mengatur emosi yang mereka alami di sekitar cinta? Jika pandangan yang sempit benar, mengobati gejala gangguan ini tidak kontroversial. Tetapi jika pandangan yang lebih luas yang benar, memberi perawatan atau pengobatan terasa aneh.

Peneliti berkesimpulan, pada akhirnya butuh tidaknya seorang individu terhadap pengobatan bergantung pada bahaya yang ditimbulkan bagi individu tersebut setelah putus cinta, menejar cinta, atau sebagainya.

Namun peneliti menegaskan bahwa rasa sakit patah hati atau mengendalikan perasaan setelah sadar bahwa perasaan tersebut justru semakin membahayakanmu adalah bagian dari kehidupan. Pengobatan medis adalah cara terakhir yang bisa dicoba setelah cara lain yang telah dicoba ternyata tidak efektif.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Oxford dapat membuka mata kita semua bahwa kita memang membutuhkan cinta, tapi kita harus tahu batasnya. Sebab ketika telah melewati batasnya, sudah bukan lagi cinta yang kita dapat tapi berbagai hal yang merugikan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Terapkan Bahasa Tubuh Ini, Dijamin Proses Wawancara Lancar!

Terapkan Bahasa Tubuh Ini, Dijamin Proses Wawancara Lancar!

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Cara Berdebat Cerdas dengan Pasangan, Biar Hubungan Tetap Sehat dan Langgeng

Cara Berdebat Cerdas dengan Pasangan, Biar Hubungan Tetap Sehat dan Langgeng

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Alasan Kenapa Sahabat Bisa Jadi Teman Hidup untuk Selamanya

Alasan Kenapa Sahabat Bisa Jadi Teman Hidup untuk Selamanya

loading