Cewek Juga Bisa Jadi Pemimpin Kalau Sudah Punya Karakter-karakter Ini

26 September 2017
|Chandra W.
1.2 KSHARES

Ada satu stereotip di tengah masyarakat kita yang sangat disayangkan, memprihatinkan, tapi betul ada dan seakan sudah menghinggapi pikiran sebagian besar orang di negeri ini, yaitu bahwa seorang perempuan tidak layak dijadikan atau tidak ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. Tentu saja stereotip ini merugikan kaum perempuan yang notabene punya kemampuan dan (seharusnya) kesempatan untuk memimpin sama besarnya dengan laki-laki. Tapi sebaiknya, itu dibuktikan dengan karakter yang mesti terbentuk sebelum akhirnya benar-benar menjadi pemimpin. Berikut karakter yang wajib kamu miliki jika ingin menjadi pemimpin yang baik, wahai kaum perempuan.

1. Antusias

Antusiasme erat kaitannya dengan kepemimpinan karena saat kamu antusias, artinya kamu peduli pada apa yang dilakukan oleh orang lain, rasa ingin tahumu juga tinggi. Pemimpin yang baik peduli pada lingkungan, orang lain, dan mengetahui banyak hal. Antusiasme juga menunjukkan bahwa kamu orang yang passionate dengan apa yang dikerjakan, nggak mandeg di situ-situ aja.

2. Selalu berpikir positif

Nggak akan ada orang yang mau mengikuti pemimpin yang suka berpikiran negatif. Gimana bisa seorang menjadi pemimpin jika selalu memandang sesuatu dari sisi buruknya saja? Dengan berpikiran positif, saat menghadapi masalah pun kamu akan lebih jeli melihat celah solusi. Berpikir positif juga membantu keberlangsungan dan keharmonisan dalam kerja tim.

3. Fokus

Orang yang fokus mengerti apa tujuannya dan bagaimana cara merealisasikannya serta tidak mudah teralihkan perhatiannya ketika sedang mengejar tujuan tersebut. Tugas seorang pemimpin salah satunya adalah memastikan tujuan itu bisa tercapai melalui kerjasama tim, misalnya dalam organisasi mahasiswa atau pekerjaan. Kalau nggak fokus dan mudah tergoda oleh hal-hal yang lebih menarik di tengah jalan, kapan bisa sampai tujuan?

4. Kalem

Bukan dalam artian harus feminin atau gimana, melainkan lebih ke sikap tidak mudah terprovokasi dan mampu melihat segala sesuatu dari banyak sudut pandang. Sikap ini penting karena akan berpengaruh juga dalam pengambilan keputusan. Mudah terprovokasi akan menuntun seseorang untuk bertindak gegabah. Seorang pemimpin pantang bertindak gegabah karena ia memegang kepentingan dan keselamatan banyak orang, bukan hanya dirinya sendiri.

5. Terbuka

Bukan pakaiannya, melainkan pikirannya. Kalau jadi pemimpin tapi nggak mau terbuka dengan kritik dan saran, kapan bisa maju? Dengan membuka pikiran, kamu akan mendapat lebih banyak pandangan tentang banyak hal dan itu dapat membantu dalam memutuskan sesuatu.

Sudah adakah karakter-karakter tersebut dalam dirimu? Kalau masih merasa kurang, bisa dilatih kok. Semangat, wahai perempuan calon pemimpin!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
1.2 KSHARES