Catat! 11 Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja

nypost.com

Proses wawancara kerja menjadi tahapan yang paling menantang saat mencari pekerjaan. Sebab, kamu akan dinilai oleh perusahaan dengan pertanyaan interview yang mungkin itu cukup sulit menjawabnya. Padahal, beberapa pertanyaan tersebut bisa saja cukup sepele dan enteng. Nah karena ini adalah proses yang cukup krusial, kamu perlu tahu beberapa pertanyaan yang sering disodorkan saat wawancara kerja. Jangan lupa dicatat!

1. Coba ceritakan tentang diri kamu

astrixinc.com

Biasanya ini menjadi pertanyaan interview yang paling awal. Di sini kamu bisa menceritakan riwayat hidupmu secara singkat. Jika terlalu panjang, hal ini bisa membosankan buat pewawancara. Kamu bisa pilih tentang hal-hal yang menarik selama kamu berkarier dan juga pengalaman terbaik yang pernah kamu lalui.

2. Kenapa perusahaan harus mempekerjakan kamu?

www.blueskyinterviews.co.uk

Saat kamu ditanya pertanyaan interview ini, kamu bisa mulai ‘menjual’ skill kamu. Mungkin ada beberapa hal yang bisa kamu sampaikan, seperti terkait budaya kerja kamu, bagaimana adaptasi dengan tim, bagaimana kamu selalu mengandalkan hasil yang terbaik, dan sejenisnya. Pokoknya skill terbaikmu bisa kamu sharing-kan di sini.

3. Apa kelebihan yang kamu miliki?

pixfeeds.com

Dalam hal ini, kamu butuh jawaban yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Tentu kamu tidak bisa mengada-ada dan harus ada hubungannnya dengan posisi tersebut. Akan lebih baik juga, kamu bisa memberikan contoh dari jawaban kamu itu. Sebab, ini bisa membantu pewawancara untuk lebih mengerti dengan poin yang kamu katakan.

4. Apa kelemahan yang kamu miliki?

prime-product.com

Tentu setelah ditanya kelebihan, faktor kelemahan juga tak luput dari pertanyaan interview. Tujuan dari pertanyaan ini biasanya perusahaan ingin tahu seberapa jujur kamu dengan diri sendiri. Misalnya, kamu tidak memiliki skill public speaking yang baik tapi kamu juga berusaha memperbaikinya dengan memberikan beberapa contoh. Dengan begini, kelemahan bisa jadi sebuah kelebihan bagi kamu.

5. Apakah kamu pernah terlibat masalah di perusahaan sebelumnya? Bagaimana kamu menyikapinya?

www.stafffinders.co.uk

Tentunya perusahaan ingin tahu bagaimana kamu menghadapi sebuah konflik atau sebuah masalah. Karena, ke depan kamu bakal bertemu dengan berbagai masalah yang bisa muncul tiba-tiba. Kamu perlu meyakinkan pewawancara bahwa kamu mampu menghadapi segala bentuk situasi dan bisa kamu kendalikan dengan cara profesional serta produktif. Pastinya juga, bagaimana cara kamu untuk mencari solusi juga akan dinilai.

6. Seperti apa karier kamu 5 tahun ke depan?
lifeandfinances.com

Jujur saja kamu menjawab pertanyaan interview yang ini. Kamu jawab apa tujuan kamu selama berkarier. Perusahaan akan menilai seperti apa tujuan kamu itu, masuk akal tidak, seperti apa ekspektasinya, relevan tidak, dan sebagainya. Namun kamu juga bisa menjawab dengan hal yang realistis saja, kira-kira seperti apa kariermu ke depan dengan posisi yang kamu inginkan.

7. Kenapa kamu berhenti di perusahaan yang lama?

www.rd.com

Kalau kamu sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, mungkin pertanyaan semacam ini akan muncul. Tapi untuk menjawabnya kamu tetap positif. Tidak perlu kamu mengumbar kejelekan perusahaan yang lama. Mungkin kamu bisa menjawab karena ingin mencari kesempatan yang baru, atau pengalaman baru, dan semacamnya.

8. Adakah prestasi atau pencapaian tertentu yang pernah kamu raih di pekerjaan lama?

finexecutive.com

Pertanyaan interview yang ini juga sering dilontarkan. Sebab, pewawancara ingin mengenal kamu lebih jauh tentang pekerjaan kamu yang dulu. Jika kamu memiliki prestasi tertentu yang membuat kamu atau perusahaan bangga, kamu perlu katakan saat wawancara kerja. Hal ini bisa menambah penilaian atau pertimbangan tersendiri buat perusahaan untuk menerima kamu.

9. Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?

www.elconfidencial.com

Tentu saja perusahaan ingin tahu motivasi kamu mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut. Kamu harus cukup relevan menjawab pertanyaan ini. Mungkin bisa dijawab seperti, kamu ingin belajar di perusahaan tersebut, ingin mencari pengalaman yang baru, dan seterusnya. Apa pun jawaban kamu, terpenting itu bisa meyakinkan si pewawancara.

10. Di umur berapa kamu berencana untuk menikah?
hrdailyadvisor.blr.com

Terdengar aneh atau lucu, namun pertanyaan ini suka ditanyakan oleh pewawancara. Tujuannya, perusahaan ingin tahu fokus kamu dalam bekerja. Sebab, jika ingin menikah cepat, mungkin saja perusahaan berpikir kamu hanya kejar setoran untuk modal menikah. Lalu untuk perempuan, biasanya ini terkait masalah cuti hamil dan sejenisnya.

11. Berapa gaji yang kamu inginkan?
www.blogteb.com

Mungkin ini menjadi pertanyaan pamungkas. Untuk poin ini kamu butuh riset terlebih dahulu, kisaran berapa gaji di perusahaan tersebut. Kemudian saat ditanya kamu bisa memberikan jawaban yang sedikit lebih tinggi dari gaji standar perusahaan. Karena si pewawancara ingin tahu seberapa kamu menghargai dirimu sendiri. Tapi tentu saja, pada akhirnya akan ada negosiasi jika memang itu tidak sesuai.

Pada umumnya, di akhir wawancara kamu juga diberi kesempatan untuk bertanya balik. Kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan itu sendiri. Sehingga, keseriusan kamu untuk bergabung akan terlihat. Mungkin kamu perlu catat 11 pertanyaan interview di atas biar wawancara kerja kamu bakal sukses. Selamat berjuang!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernikahan Dini Bocah Umur 9 Tahun, Warganet Gerah Hingga Nyinyir: Udah Sunat Belum?! - Keepodotme

Viral Pernikahan Dini Bocah Umur 9 Tahun, Warganet Gerah Hingga Nyinyir: Udah Sunat Belum?! - Keepodotme

Indonesia Punya Akun Palsu Terbanyak, Ini 7 Alasan Seseorang Membuat Akun Palsu

Indonesia Punya Akun Palsu Terbanyak, Ini 7 Alasan Seseorang Membuat Akun Palsu

5 Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Tampilannya Nggak Monoton - Keepodotme

5 Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Tampilannya Nggak Monoton - Keepodotme

Anak Usia 20-an Harus Tahu, 7 Kesalahan Berkarier yang Sering Kamu Lakukan

Anak Usia 20-an Harus Tahu, 7 Kesalahan Berkarier yang Sering Kamu Lakukan

8 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Dengan Cepat - Keepodotme

8 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Dengan Cepat - Keepodotme

Dear Fresh Graduate, Begini 6 Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik di Mata Employer

Dear Fresh Graduate, Begini 6 Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik di Mata Employer

loading