Cara Paling Aman Ketika Berurusan dengan Dosen Paling Killer di Kampus

www.pexels.com

Menjalani hari-hari di bangku kuliah selalu punya beragam cerita. Ada duka, banyak sukanya. Namanya mahasiswa, pasti punya dosen favorit hingga yang killer.

Karakter killer ini lebih menjurus kepada dosen yang punya wajah garang, galak, pelit nilai, dan memberi terlalu banyak tugas. Meski berurusan dengan dosen killer, ada tips aman untuk meluluhkan hatinya.

1. Datang on time

pixabay.com

Kuliah punya jadwal yang cukup longgar dibandingkan anak sekolah. Bagi mahasiswa yang doyan telat, kalian perlu tahu bagaimana watak dosen mata kuliah dalam masalah jam masuk kelas. Sebagaian ada yang santai, tapi sebagian lain cukup disiplin.

Kategori dosen killer biasanya juga ada pada jam masuk yang harus tepat waktu. Telat satu menit saja, bisa-bisa kamu nggak boleh masuk kelas. Tidak ada yang namanya toleransi untuk keterlambatan di kamus dosen killer.

Daripada urusan perkuliahanmu jadi ribet dan panjang, ada baiknya untuk selalu datang tepat waktu. Setidaknya sudah ada di ruang kelas sebelum dosen mata kuliah itu duduk.

2. Berwawasan luas

pixabay.com

Kebanyakan dosen killer sering bertanya tentang hal yang baru terjadi sebagai topik pembahasan di awal. Minimal, supaya mood dosen killer itu nggak semakin buruk, ada baiknya selalu membaca dan mencari tahu tentang topik pembahasan di hari itu. Selain menambah poin plus di mata sang dosen, memiliki wawasan malah membuatmu jadi berpengetahuan.

3. Ramah dan sopan

pixabay.com

Taklukkan dosen killer dengan keramahan dan kesopananmu. Bukan jadi caper dengan memuji dosen secara terus menerus, tapi dilihat dari bagaimana kalian bertingkah laku.

Coba cek pakaian. Sopan santun dalam berbusana punya nilai plus bagi dosen, rambut yang rapi juga. Meski kadang tidak adil, menjaga citra baik dengan membuat diri kita rapid an bersih bisa membuat dosen killer nggak semenyeramkan itu.

4. Jangan menyela
pixabay.com

Nggak hanya dosen, kamu sendiri kalau sedang bicara lalu disela tiba-tiba tentu akan kesal. Apalagi ini adalah dosen yang notabene adalah orang tua di kampus, tentu lebih kesal lagi jika ucapannya disela tiba-tiba.

Biasanya dosen akan memberikan kesempatan bertanya di akhir pembicaraan. Tidak perlu buru-buru menyela untuk bertanya sesuatu. Kita perlu mendengar secara keseluruhan terlebih dulu.

5. Kritik di momen yang tepat
pixabay.com

Mengoreksi yang keliru memang tidak salah. Kritik memang perlu disampaikan. Tapi penyampaian yang kurang tepat bisa membuat dosen tersinggung. Apalagi kalau sudah dikenal sebagai dosen killer, bisa-bisa kamu dapat nilai D. Menggurui dosen tentunya kurang sopan. Biarkan dosen kalian menyampaikan penjelasannya, baru kamu sampaikan pendapatmu. 

6. Nggak titip absen

pixabay.com

Dosen killer terbentuk dari dosen baik yang sering dikhianati. Kalau kalian sering titip absen, mungkin itu gara-gara itu mereka berubah. Kebaikan hatinya kalian manfaatkan.

Titip absen adalah perbuatan tidak baik. Selain tidak mendapat ilmu apa-apa, titip absen malah membuat dosen ingat bahwa kamu adalah tukang bolos. Dosen killer tidak mentolerir orang yang absensi hadir tetapi tidak ada wujudnya. Kalau tidak ingin nama kalian masuk top list dari dosen killer, masuk kelas tepat waktu saja. 

7. Tugas dikumpulkan tepat waktu

pixabay.com

Kaum yang suka bolos biasanya suka malas mengerjakan tugas. Dosen killer biasanya menghafal nama orang yang tidak masuk ke kelas dan tidak mengerjakan tugas. Meski kalian titip absen, dosen killer selalu punya catatan tersendiri.

Lebih baik segera mengerjakan tugas dari semua dosen dengan mandiri, jangan mencontek temanmu. Tugas itu diadakan untuk melatih kemampuanmu. Kalau ketahuan plagiat, konsekuensinya nggak main-main.

Dosen killer sebenarnya hanya ada dalam bayangan dan obrolan kalian. Mungkin kita kurang mengenal karakter sang dosen dan terlalu awal untuk mengecapnya. Padahal kalau lebih disiplin dan mengenali dosen di lingkungan kampus, kamu bisa mendapat ilmu dengan lebih menyenangkan dan tidak merasa tertekan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Jerawatan Saat Remaja Ternyata Membawa Berkah di Masa Depan

Jerawatan Saat Remaja Ternyata Membawa Berkah di Masa Depan

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Tips Mengolah Daging Kambing Tidak Alot dan Bau

Tips Mengolah Daging Kambing Tidak Alot dan Bau

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Alasan Kenapa CLBK Sebaiknya Nggak Dipupuk dan Dilanjutkan

Alasan Kenapa CLBK Sebaiknya Nggak Dipupuk dan Dilanjutkan

loading