Cara Menangkal Kesepian Bagi Freelancer yang Sering Kerja di Rumah

unsplash.com

Perkembangan digital membawa banyak perubahan. Salah satu yang terdampak adalah bidang profesi. Tak dapat dipungkiri, saat ini sudah banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan secara remote atau online. Tidak perlu datang ke kantor, pekerjaan semacam ini dirasa memberikan kebebasan lebih bagi para pekerja untuk mengatur waktu.

Adalah freelancer atau pekerja lepas yang tengah menjamur di era digital ini. Bekerja freelance memiliki beberapa keuntungan. Seperti tidak terikat ruang, bisa sambil mengerjakan hal yang disukai, sekaligus bisa memiliki kebebasan mengatur waktu.

Meski demikian, tidak sedikit pula freelancer yang mengalami kesepian dan merasa terisolasi. Dampak buruk tersebut tidak bisa dipandang remeh. Perlu cara jitu untuk mensiasati dampaknya sehingga mereka tetap bisa menjaga kesehatan mentalnya. Berikut beberapa tips untuk menangkal kesepian bagi para freelancer.

1. Sering keluar rumah

www.parklives.com

Sebagian freelancer lebih suka mengerjakan pekerjaannya di dalam rumah dengan alasan kenyamanan. Apalagi jika kantong sedang kering, rasanya sangat segan untuk mengerjakan pekerjaan sambil nongkrong di kafe favorit.

Tak masalah jika freelancer lebih suka menyelesaikan pekerjaan di rumah, namun meluangkan waktu untuk menghirup udara segar juga sangat penting. Tidak hanya akan menyegarkan pikiran, kamu pun bisa mendapatkan inspirasi yang akan memudahkan pekerjaan.

Sebagai freelancer, kamu harus pintar mengatur waktu, bukan? Jangan lupa untuk menyisipkan agenda keluar rumah dalam jadwal harian ya agar tidak suntuk!

2. Rencanakan harimu

leannecalderwood.com

Freelancer memiliki 24 jam yang sepenuhnya bisa dikontrol. Tapi hal ini terkadang membuat freelancer susah fokus. Oleh sebab itu, kamu harus merencanakan jadwal harian yang teratur. Mulai dari bangun pagi, sarapan, olahraga, hingga bersiap untuk bekerja.

Adanya jadwal harian ini akan membuatmu lebih teratur dalam menjalankan aktivitas sehingga kamu bisa lebih produktif. Banyak yang beranggapan bahwa menjadi freelancer adalah hal yang menyenangkan dan mudah. Padahal “kebebasan” yang dimiliki para freelancer justru terasa lebih sulit untuk ditaklukan.

Dengan demikian, freelancer harus berusaha untuk tetap disiplin dan memaksimalkan waktu sebaik-baiknya karena kendali waktu ada di tangannya sendiri.

3. Bergabung dengan komunitas atau grup sosial

www.secondnaturesocialskills.com

Setiap hari berkutat dengan pekerjaan, tentu akan membuatmu merasa lelah dan suntuk. Apalagi kebanyakan freelancer bekerja secara individu dan tidak memiliki partner dalam pekerjaannya.

Untuk mengobati hal tersebut, kamu bisa bergabung dengan komunitas atau grup sosial yang memang kamu minati. Jika memiliki hobi fotografi, bergabunglah dengan komunitas fotografi di sekitarmu. Jika kamu tertarik dengan dunia pendidikan, bergabunglah dengan komunitas relawan pengajar.  Hal inilah yang akan mengobati rasa kesepianmu sekaligus kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai.

 

4. Menyewa coworking space
thereceptionist.com

Bosan bekerja di rumah dan ingin suasana baru? Tak ada salahnya kamu menyewa coworking space. Coworking space menawarkan tempat kerja alternatif bagi yang bisa bekerja di mana saja.

Biasanya, coworking space ini disewakan mulai dari per jam hingga per bulan. Jadi, kamu tidak akan merasa bosan dan kesepian karena bekerja di ruang yang itu-itu saja.

5. Memelihara hewan
www.pets4homes.co.uk

Salah satu alternatif untuk mengatasa kesepian, berlaku bagi siapa pun, adalah memelihara hewan. Memelihara hewan berarti kamu memiliki teman yang akan siap sedia melepas penatmu setelah bekerja.

Merawat hewan peliharaan pun akan menjadi aktivitas menyenangkan untuk menghibur diri. Kucing, anjing, burung, ikan, hewan apa pun yang kamu suka bisa dijadikan teman!

Kamu pun nantinya bisa mengajak hewan peliharaanmu berjalan-jalan di luar rumah. Jangan lupa untuk benar-benar memperhatikan kebutuhan hewan peliharaanmu. Jangan sampai mengabaikan perawatannya hanya karena kamu sedang disibukkan oleh pekerjaan!

Itu dia beberapa tips menangkal kesepian bagi para freelancer. Menjadi freelancer adalah tantangan besar karena kamu sendiri yang akan mengontrol waktu. Kamu pun bisa merencanakan sendiri kehidupanmu.

Meski demikian, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mentalmu ya. Jika sudah mulai merasa penat dan kesepian, kamu bisa mencoba tips di atas. Selamat mencoba, guys.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Baru Mengundurkan Diri Demi Jadi Anggota DPR, Kini Yasonna Siap Mundur Lagi Demi Menkumham | Keepo.me

Baru Mengundurkan Diri Demi Jadi Anggota DPR, Kini Yasonna Siap Mundur Lagi Demi Menkumham | Keepo.me

Mengenal Apa Itu Toxic Positivity dan Cara Mengatasinya

Mengenal Apa Itu Toxic Positivity dan Cara Mengatasinya

Pesan Makan Berkali-kali Tak Mau Bayar, Wanita Ini Dilabrak Driver Ojol! | Keepo.me

Pesan Makan Berkali-kali Tak Mau Bayar, Wanita Ini Dilabrak Driver Ojol! | Keepo.me

Hal Esensial yang Harus Dirancang dan Disiapkan Sedini Mungkin

Hal Esensial yang Harus Dirancang dan Disiapkan Sedini Mungkin

Temukan Metode Cuci Otak, dokter Pecatan IDI ini Akhirnya Jadi Menteri Jokowi! | Keepo.me

Temukan Metode Cuci Otak, dokter Pecatan IDI ini Akhirnya Jadi Menteri Jokowi! | Keepo.me

Sebelum Terlambat, Pahami Kenapa Kamu Harus Sudah Sukses di Usia 30-an

Sebelum Terlambat, Pahami Kenapa Kamu Harus Sudah Sukses di Usia 30-an

loading