Cara Elegan Nagih Utang Ke Teman Buat Kamu yang Nggak Enakan. Halus Tapi Mempan!

30 Juni 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Namanya hidup pasti butuh orang lain. Kalau lagi nggak ada uang ya terpaksa kita berutang ke orang terdekat. Kalau rezeki lagi banyak, kadang-kadang kita yang meminjamkan uang ke teman. Sayangnya, kalau lagi butuh si pengutang malah tak kunjung mengembalikan padahal kamu sangat mengharapkannya.

Nggak semua orang dilahirkan dengan bakat sebagai debt collector yang bisa nagih utang dengan lancarnya. Beberapa orang menganggap menagih utang adalah kegiatan yang tidak menyenangkan.  Apalagi kalau yang pinjam teman sendiri, pasti bakal nggak enak menagihnya. Padahal itu adalah hakmu. Buat kamu yang nggak enakan sama teman, lakukan cara-cara berikut ini biar uangmu cepet balik!

1. Pura-pura lupa, “Kamu udah bayar utang ke aku belom, ya?”

Saat bertemu dengan si pengutang, pastikan buat dia nyaman dahulu mengobrol denganmu. Kalau kebetulan kalian jarang bertemu, kamu bisa menelpon atau mengiriminya pesan. Mulailah dengan menanyakan kabarnya saat ini . Saat temanmu lengah, segera ucapkan, “Eh, Btw kamu udah bayar utang ke aku belom, ya?” Kalau punya temanmu peka dan tahu diri, pasti dia langsung bisa mengerti bahwa kamu sedang menagih uang yang dipinjamnya.

2. Sindir secara halus

Kamu bisa melancarkan cara ini saat lagi ngumpul bareng teman. Kalau memungkinkan, kamu bisa bekerjasama dengan teman kepercayaanmu untuk menggiring topik obrolan tentang utang dan betapa menyebalkannya orang yang nggak segera mengembalikan utang. Kalau nggak berani secara langsung, bisa juga sindir di media sosial. Walaupun nggak ada yang namanya nyindir secara halus, usahakan kata-katamu nggak menyakiti hatinya.

3. Nagih utang disela-sela curhat

Kalau sindir-menyindir dikhawatirkan menodai persahabatan, cobalah menagih utang dengan cara curhat. Kamu bisa menceritakan kesulitan keuangan yang kamu alami akhir-akhir ini. Buatlah dia merasa iba dan mengakui bahwa dia masih berhutang padamu. Dia akan langsung mengembalikan uang yang kamu pinjam, syukur-syukur malah dilebihkan.

4. Minta bayarin dulu

Sesekali kamu juga harus bermain siasat, dekati dia saat tannggal muda dan ajaklah dia makan. Minta dia untuk membayarkan makananmu dahulu dengan alasan dompetmu tertinggal. Pilih makanan yang harganya nggak jauh-jauh dari jumlah uang yang dia pinjam darimu. Saat dia menagihmu, katakan bahwa dia juga telah meminjam uangmu sebelumnya. Kalau jumlah yang dipinjamnya masih kurang, kamu bisa menagih sisanya. 

5. Gantian pinjam uang ke doi

Kalau cara-cara halus masih nggak mempan juga, cara pamungkas ini bisa jadi ampuh mengatasinya. Pura-puralah kamu sedang butuh uang dan ingin meminjam uang ke dia. Yakinkan dia bahwa kamu akan segera mengembalikan uang yang kamu pinjam. Beberapa hari kemudian, hubungi dia kembali dan katakan bahwa masalah utang piutang telah lunas karena dia dulu juga meminjam uang darimu.

Kalau kelima cara itu nggak mempan sama sekali, doakan temanmu segera mendapatkan hidayah untuk membayar hutang padamu. Sebenarnya cara yang paling ampuh untuk menagih utang adalah dengan berterus terang padanya. Berilah batas waktu baginya untuk melunasi utang. Semangat menagih utang demi kemaslahatan bersama!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES