Cantik dan Mudah Dirawat, 7 Tanaman Hias Ini Cocok Jadi Dekorasi Rumah Milennials!

18 Mei 2018
|Chandra W.

Hidup di kota dengan lahan terbatas membuat banyak orang tak punya kesempatan untuk menikmati segarnya udara pagi dan teduh pepohonan. Menanam pohon adalah hal mustahil sebab tak ada pekarangan. Karena itu, banyak orang memilih untuk memelihara tanaman dalam ruang. Selain menyegarkan udara, tanaman hias dalam rumah juga mampu menyejukkan mata. Persoalannya kemudian adalah merawatnya. Jangankan merawat tanaman, merawat diri sendiri saja kerap tak ada waktu saking sibuknya. Tapi, ada kok tanaman hias yang mudah dirawat. Apa saja?

1. Tanaman hias laba-laba / spider plant

Namanya boleh saja terdengar seram, tapi spider plant yang punya nama ilmiah Chlorophytum cromosum ini sangat bagus diletakkan di dalam rumah. Apalagi, ia juga dijuluki si tahan mati. Sebab, si laba-laba ini tak butuh banyak sinar matahari untuk tetap tumbuh. Ia juga dapat menyaring udara kotor dan aman bagi anak-anak maupun hewan peliharaan. 

2. Boston ferns, cocok untuk dinding kosong di belakang rumah

Yang satu ini adalah jenis tanaman pakis. Jika ada space dinding kosong di halaman belakang, meskipun sempit bisa lho jadi segar dengan ditanami Boston ferns ini. Pagi-pagi menyesap secangkir kopi di belakang sambil memandang kehijauan meski hanya sebatas dinding. Cara merawatnya cukup disiram setiap hari. Tapi jika ia diletakkan di dalam rumah dan kondisi udara lembap atau ber-AC, cukup dibasahi saja daunnya.

3. Reed Palm / Bamboo Palm

Jika tanaman bambu identik dengan tinggi dan rimbun serta mitos tempat bersemayam genderuwo dan wewe gombel, beda dengan bambu yang satu ini. Perawakannya mungil, karena itu cocok diletakkan di dalam rumah. Selain itu, ia juga dapat menyerap racun benzena, formalin dan trikloroetilen. Letakkan di dekat furnitur kayu untuk menyerap racun catnya.

4. Basil, cocok untuk yang suka masak

Sekilas tanaman ini mirip kemangi, tapi beda ya. Basil di Eropa sering digunakan untuk bumbu hingga topping pizza dan pasta. Nah untuk kamu yang hobi masak, daripada harus beli mending tanam sendiri kan? Cukup sediakan wadah berisi air saja untuk menumbuhkan daun beraroma segar ini. Mau masak, tinggal petik. Bisa diletakkan di dekat jendela atau di meja sudut ruangan.

5. Kaktus hias

Mendengar kata kaktus, sebagian orang mungkin akan berpikir tanaman di gurun pasir. Tapi, ada lho tanaman kaktus berukuran kecil dengan warna menarik mulai dari kuning sampai merah jambu dan bentuknya pun beraneka ragam. Perawatannya jelas nggak ribet, nggak perlu disiram kok. 

6. Sanseviera atau lidah mertua

Ini juga namanya seram, tapi bentuknya sangat estetik dan cocok diletakkan di rumah minimalis. Cukup siapkan pot keramik putih agar semakin menarik tampilannya. Lidah mertua bisa tumbuh walaupun dengan sedikit air dan sedikit sinar matahari. 

7. Bunga Begonia

Alternatif lainnya untuk tanaman hias dalam rumah adalah tanaman gantung. Nah bunga begonia ini mudah beradaptasi dengan segala jenis tanah sehingga cocok untuk kamu yang pemula dalam hal tanam menanam nih. Nggak digantung juga nggak apa-apa. Cukup siapkan pot kecil dan letakkan semaumu agar ruangan semakin cantik berwarna. 

Itu dia jenis tanaman hias yang cocok untuk ditanam di dalam rumah. Segar-segar kan lihatnya? Kira-kira mana yang akan menjadi pilihanmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES