Camilan Enak Sebagai Pengganjal Lapar di Tengah Malam

unsplash.com

Manusia memerlukan nutrisi untuk proses pemulihan setelah beraktivitas dengan makan. Namun ada kalanya saat tengah malam, kita tetap merasa lapar dan ingin makan meskipun tidak melakukan aktivitas apapun.

Rasa lapar itu bisa dipicu oleh hormon kortisol yang datang ketika stress melanda. Bisa jadi dehidrasi memicu kalian untuk kelaparan. Sayangnya, makan di malam hari sangat beresiko mengalami diabetes dan obesitas. Terus kalau lapar saat tengah malam sebaiknya kita makan atau nggak usah makan ya?

Ada baiknya untuk tidak makan, terutama makanan berat dan langsung tidur setelahnya. Itu akan berdampak buruk pada pencernaanmu. Tapi jika benar-benar lapar, bisa kamu makan camilan saja. Apa saja camilan enak dan sehat untuk mengatasi rasa kelaparan kamu di tengah malamCheck this out!

1. Biskuit gandum

unsplash.com

Ini snack pertama yang harus selalu disediakan di kotak camilan. Biskuit gandum ini bisa jadi alternatif kalian untuk makan di malam hari. Selain rasanya yang cukup manis, gandum juga memiliki kalori yang tergolong rendah.

Biskuit gandum bisa kamu beli di warung depang gang rumah dengan harganya cukup murah. Kalau suka lapar malam hari, coba deh stok beberapa biskuit gandum di rumah. Supaya kalau lapar, bisa langsung makan deh!

2. Bubur kacang hijau

www.happyfresh.id

Bubur kacang hijau mudah ditemukan di warkop dan penjual pinggir jalan di malam hari. Kalau lapar dan cukup bersemangat jajan di luar, bubur kacang bisa jadi pilihan untuk mengisi perut. Selain enak, bubur kacang hijau memiliki banyak nutrisi dari kacang-kacangan.

Tapi kalau sedang malas jalan keluar rumah, ada baiknya punya kacang hijau mentah, santan dan gula merah di rumah. Jaga-jaga saja barangkali kepingin bubur kacang hijau dan suatu hari bisa kamu membuatnya sendiri agar lebih hemat.

3. Jagung rebus

unsplash.com

Jagung tidak hanya dibakar, tapi juga bisa direbus. Untuk yang lebih sehat, lebih baik memilih jagung rebus daripada jagung bakar. Kalau lapar di malam hari, coba deh cari penjual kacang dan jagung rebus. Jagung rebus yang warnanya oranye menggoda itu cukup mengenyangkan untuk perut kita.

Selain murah dan enak, jagung rebus juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi untuk tubuh. Buat yang sedang diet juga sangat pas karena kamu tidak perlu takut kegemukan dengan makan jangung rebus.

4. Susu hangat dan pisang
unsplash.com

Susu dan pisang memang kombinasi yang mengenyangkan dan sehat. Pisang mengadung kalium dan potassium untuk membuat otot tubuh jadi lebih rileks. Sedangkan susu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sudah saatnya kalian stok susu dan buah pisang di rumah. Siapa tahu kamu tiba-tiba kelaparan di tengah malam dan sedang malas keluar rumah, bisa langsung jadi camilan deh!

5. Oatmeal
unsplash.com

Sama seperti biskuit gandum, camilan yang satu ini juga termasuk makanan yang rendah kalori. Oatmeal bisa kamu jadikan alternatif sarapan atau camilan di tengah malam. Cara penyajiannya juga sangat mudah. Cukup seduh dengan susu hangat dan tambahan aneka buah sebagai topping.

Soal kalori, kamu tidak perlu khawatir. Semangkuk oatmeal hanya mengandung sekitar 80 kalori. Selain itu, dengan semangkuk oatmeal yang kamu makan itu sudah mecukupi serat harian sebanyak empat gram dari 25 gram per harinya. Kalau mau sekalian diet, makan oatmeal juga bisa. Malah bisa lebih sehat dari makan nasi dan kamu tidak merasa bersalah saat harus memakannya di tengah malam.

6. Yoghurt

unsplash.com

Yoghurt memang favorit untuk banyak orang. Selain karena cocok untuk diet, kudapan ini memiliki berbagai macam rasa dan penyajian. Ada yang diminum dan berbentuk cair, ada yang sajiannya seperti krim. Hindari frozen yogurt dan pasteurized yogurt kalau ingin meminumnya di malam hari. Karena kedua jenis yoghurt ini tidak mengadung bakteri hidup dan kesamaan nutrisi.

Setiap yogurt memiliki takaran kalori yang berbeda-beda. Selama mengonsumsinya dengan tidak berlebhan, yoghurt cocok untuk mengganjal rasa lapar diperutmu ketika malam hari.

7. Mi instan

unsplash.com

Banyak yang menyebut mi instan adalah makanan yang tidak sehat. Apalagi jika memakannya saat malam hari, konon bisa membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Apakah hal itu benar? Ternyata jika dibandingkan dengan nasi, mengonsumsi mi instan di malam hari cenderung lebih ramah untuk kesehatan lambung karena mie dapat lebih mudah dicerna daripada nasi.

Selain itu, mi instan juga memiliki angka kecukupan gizi yang lumayan. Ditambah lagi perpaduan dari berbagai rasa dari mi instan ini memang menggoda iman. Tapi yang harus dicatat adalah jangan memakan mi instant setiap malam. Karena hal itu akan tidak baik bagi tubuh kamu.

Meskipun disadari bahwa tidak ada yang mengalahkan kemewahan dan aroma lezat dari mi instan. Apalagi proses membuatnya cepat, tidak heran kalau mi instan selalu menjadi stok wajib di hampir semua rumah, ya.

List di atas adalah camilan yang wajib banget kalian stock di rumah. Kelaparan bisa melanda kapan saja dan dimana saja. Untuk itu, lebih baik persiapkan makanan sebelum kelaparan itu terjadi. Ingat juga untuk selalu menjaga kesehatan dan jangan sering begadang, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Traveling

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Traveling

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Jika 7 Hal Ini Nggak Dibiasakan Sejak Kecil, Masa Tuamu Bakal Dibuat Rugi

Jika 7 Hal Ini Nggak Dibiasakan Sejak Kecil, Masa Tuamu Bakal Dibuat Rugi

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis untuk Rumah Mungil

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis untuk Rumah Mungil

loading