Bulan Ramadan Tiba, Yuk Percantik Mushola di Rumah Biar Ibadah Kamu Makin Khusyuk!

19 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Bulan Ramadan telah tiba. Kamu juga sudah mulai menjalankan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Tentu dengan datangnya bulan baik ini, tak ada salahnya juga kamu mulai melakukan beres-beres rumah, hingga mengurus mushola untuk ibadah. Sebab, mushola menjadi sangat penting agar ibadah kamu bisa nyaman dan khusyuk.

Untuk itu, kamu perlu membuat tempat ini menjadi terasa adem dan menenangkan. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk membantu kamu membuat mushola makin cantik dan nyaman untuk ibadah. Yuk, intip tipsnya!

1. Ciptakan suasana baru dengan mengganti warna dinding

Mengganti warna dinding mushola bisa memberikan suasana yang baru dan fresh. Tentu ini bikin kamu semangat selama bulan Ramadan juga. Kamu bisa memilih beberapa warna yang bisa menjadi rekomendasi. Misalnya warna krem, cokelat susu, merah bata, atau varian warna hijau yang identik dengan warna islami. Sehingga, nanti mushola kamu bisa memberikan suasana yang sejuk, nyaman, menenangkan, dan damai.

2. Tambahkan juga beberapa ornamen berbau islami

Biar makin cantik, kamu bisa menambahkan beberapa ornamen islami di mushola kamu. Misalnya seperti kaligrafi, menganti karpet dengan desain islami, gambar Ka’bah, tatakan Al-Quran, dan sejenisnya. Pokoknya kamu bisa berkreasi dan mengeluarkan kreativitas kamu di sini. Dengan begitu, kamu pun menjadi lebih semangat ketika beribadah.

3. Pencahayaan juga perlu kamu atur agar ketika di dalam terasa nyaman di mata

Pencahayaan bisa membuat kamu merasa nyaman saat di dalam mushola. Baiknya, kamu bisa memilih penerangan yang tidak terlalu silau di mata. Kamu bisa menambah beberapa lampu tempel, lampu gantung, dengan warna redup agar suasana terasa teduh. Namun kalau kamu menyukai yang terang, mungkin jenis lampu plafon bisa jadi pilihan terbaik. Lalu untuk siang, memanfaatkan sinar matahari akan lebih baik.

4. Menambahkan beberapa funiture? Kenapa tidak?

Menambahkan beberapa furniture dalam mushola juga bisa kamu lakukan. Misalnya seperti rak kecil untuk memajang Al-Quran, buku-buku islami. Tapi untuk memilih furniture-nya kamu bisa memilih model minimalis agar nggak terlalu makan tempat yang bisa mengganggu ibadah kamu. Pastikan warna bisa selaras dengan mushola, ya.

5. Jangan sampai lupa, tempat wudhu juga menjadi lokasi penting

Meskipun lokasinya di luar mushola, tak ada salahnya tempat wudhu juga menjadi perhatian. Sebab, ini menjadi area yang harus bersih agar kesuciannya terjaga. Mulailah bersihkan lantai-lantainya. Lalu kamu juga bisa menambahkan cermin di tempat wudhu untuk merapikan diri. Lalu tempatkan juga handuk wajah dan keset.

6. Terakhir, jagalah kebersihan mushola agar selalu memberi kenyamanan saat ibadah

Kebersihan mushola harus selalu kamu jaga, karena ini menjadi lokasi kamu beribadah. Setidaknya, seminggu sekali kamu bisa bersihkan lantai langit-langit, karpet, furniture, dan semua yang ada di dalam. Kamu juga bisa menambahkan aksesori untuk menunjukkan arah kiblat dan juga wewangian, seperti aroma buah atau bunga. Dengan begini, kamu akan selalu merasa nyaman saat ibadah dan khusyuk.

Itulah tadi beberapa cara untuk mempercantik mushola kamu di rumah. Bagaimana? Sudah siap untuk memulai beres-beres? Terpenting, apa pun bentuk atau desain yang ingin kamu buat dalam mushola, kebersihan tetap menjadi hal yang utama. Karena tempat ini menjadi lokasikan yang disucikan untuk kamu beribadah. Oke?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES