Bulan Puasa Hampir Selesai Nih, Kita Mudik Yuk !

24 Juni 2017
|Naftalia Inge Fabian
Life
0SHARES

Hampir genap satu bulan kita menjalani ibadah puasa, menahan nafsu, dan menyucikan diri kembali untuk menyambut hari yang Fitri. Berhubung udah hampir lebaran, pasti di antara kita udah banyak yang pengen buru-buru mudik kan? Pasti tau dong ya apa itu mudik? Yup! Mudik adalah saat di mana kita berburu tiket atau rental mobil dengan harga 2-3 kali lipat, mengepak banyak barang, serta menyiapkan oleh-oleh untuk sanak keluarga di kampung halaman. Nggak hanya itu, budaya mudik memang sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia setiap merayakan libur lebaran. Tapi nih ngomong-ngomong, apa aja sih yang dikangenin dari mudik itu? Cari tau yuk!

1. Berburu tiket/ rental mobil

Anak rantau pasti tahu banget rasanya berebut tiket kereta, pesawat, bus, atau berburu sewaan mobil agar bisa sampai di kampung halaman. Meskipun kadang jengkel dengan tiket yang habis atau harga sewa mobil yang nggak bersahabat banget dengan kantong, tapi semangat pantang menyerah itu bakal tetep ada sampai bisa pulang ke rumah.

2. Mencari oleh-oleh

Meskipun nggak semua orang mudik bawa oleh-oleh, tapi tradisi ini juga jadi salah satu hal yang dikangenin waktu mudik. Dengan uang pas-pasan, kita berusaha mencari oleh-oleh yang super hemat, tapi tetep berkesan buat dibawa pulang. Ya nggak sih?

3. Macet & pedagang jalanan

Eitss, jangan seneng dulu guys! Perjuangan buat mudik belum selesai hanya karena sudah mendapatkan tiket atau sewa kendaraan. Yup, macet! Stres, jenuh, kesel, ngantuk, capek, semua rasa-rasanya bercampur jadi satu kala kita menghadapi yang namanya macet. Nah, biasanya saat macet, ada aja pedagang makanan atau camilan yang menghampiri kita untuk menjajakan dagangannya. Ada yang kangen nggak beli asinan atau lontong mendoan di jalan? 

4. Barang bawaan yang menggunung

Ini sebenernya mau mudik atau mau pindahan sih? Banyak banget barang bawaannya. Repot dan capek udah pasti dirasain kalo mau mudik. Buat anak kosan, paling utama dibawa itu ya baju-baju kotor. Biar bisa dicuci dirumah, diganti sama yang udah bersih. Berbekal barang bawaan yang menggunung, aktivitas mudik ini bisa dibilang udah sah! Nggak afdol rasanya kalau mudik ngga ribet bawa banyak barang.

5. Pemandangan saat perjalanan

Pernah nggak sih kalian terhibur dengan pemandangan selama perjalanan mudik? Kadang pemandangan matahari terbit, matahari tenggelam, atau pemandangan hamparan sawah bisa jadi obat termanjur buat mengatasi rasa bosan selama perjalanan mudik yang memakan waktu berjam-jam. Tapi, ini khusus buat yang nggak "pelor" ya, alias nempel molor. Hihihi. Pemandangan di jalan juga bisa jadi hal yang ngangenin kan?

6. Welcome, Home!

Perasaan bahagia yang nggak bisa digambarin itu adalah ketika sampai di depan halaman rumah. Kebayang dong gimana senengnya karna bentar lagi kita bakal disambut pelukan atau canda hangat dari keluarga yang udah lama nggak ketemu. Entah orang tua, kakak adik, atau kakek nenek. Rasanya hangat dan ngangenin yah.

7. Makan masakan rumah

Kalau biasanya di kosan atau di tempat perantauan kita cuma bisa makan mie instan dan junk food lainnya, kita justru bakal dibikin mabuk sama opor, sambel goreng, dan makanan rumahan lainnya ketika sampai di rumah. Mudik itu yang dikangenin bukan cuma perbaikan silaturahminya kan, tapi perbaikan gizinya juga.

8. Berkumpul sanak saudara

Ini lagi nih, kangen nggak sih bisa berantem dan rebutan makanan atau acara televisi bareng saudara yang udah lama nggak ketemu? Momen mudik yang cuma setahun sekali ini bisa dimanfaatin buat ngungkapin rasa kangen kamu ke saudara-saudara kamu guys. Kalau udah jauh lagi, pasti bakal kangen kan sama momen yang satu ini?

9. Mendapat THR

Di antara semua hal yang paling ngangenin ketika mudik itu adalah THR. Yup! Bukan THR dari kantor, tapi THR dari saudara-saudara yang lebih tua. Sayangnya, kalau kamu termasuk orang yang sudah berumur dan berpenghasilan, artinya kamu yang bakal ngasih THR ke mereka yang usianya lebih muda. 

Yah, mau bagaimanapun momen yang dialami waktu mudik, pastinya tetep bakal jadi kenangan tersendiri yang dikangenin saat kita udah jauh dari rumah dan kampung halaman. So, kalau tahun ini kamu bisa mudik, manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES