Bukti Betapa Jahatnya Sampah Plastik bagi Hewan yang Tak Berdosa

unsplash.com

Dunia memang sedang krisis sampah plastik. Bayangkan saja, puluhan ton sampah plastik per harinya bisa muncul dari berbagai tempat. Tahukah kamu kalau plastik jenis dan produk apapun itu memakan waktu tahunan hingga puluhan tahun untuk terurai. Maka dari itu, hampir sebagian sampah plastik yang tidak memiliki tempat lagi di darat, akhirnya dibuang ke laut.

Sadis? Banget. Perlu diketahui juga bahwa sampah yang dihasilkan setiap harinya ini nyata dampaknya terhadap lingkungan sekitar, khususnya hewan. Hewan yang tidak berdosa ini seperti menjadi tumbal nih dari dampak krisis plastik.

Beberapa contoh hewan yang harus menderita akibat sampah plastik berikut ini mungkin akan membuka mata kamu akan betapa jahatnya sampah plastik yang kita hasilkan setiap hari. Semoga kita semua bisa sadar dan sama-sama mencoba mengurangi penggunaan sampah plastik ya! Demi lingkungan yang lebih baik.

1. Kura-kura ini udah kejebak jaring plastik berhari-hari

instagram.com

Seekor kura-kura yang sedang berendang di tengah laut tertangkap kamera sedang berusaha melepaskan diri dari jeratan jaring plastik yang diduga bekas nelayan. Kura-kura ini diduga sudah berhari-hari mencoba melepaskan diri dari jeratan jaring. Hingga beberapa relawan pecinta binatang menemukannya sedang terseok-seok mengikuti arus deras laut yang menyapu jaring.

2. Seekor paus di India mati akibat menelan 80 sampah plastik

instagram.com

Siapa yang mengira bahwa benda pembunuh mamalia terbesar di lautan yang satu ini adalah benda yang kita produksi setiap hari? Plastik. Sampah telah merenggut banyak nyawa termasuk paus besar ini. Ditemukan sekitar bahkan lebih dari 80 sampah plastik di dalam perutnya saat beberapa petugas memeriksa usus mamalia tersebut. Bahkan hewan sebesar itu harus mati karena sampah plastik.

3. Pelikan lucu ini harus pasrah tubuhnya terbalut plastik

instagram.com

Pelikan yang sering kamu lihat di Kebun Binatang Ragunan memang lucu. Tapi, nggak akan lucu lagi kalau pelikannya begini. Seekor pelikan ini tertangkap kamera sedang pasrah akan tubuhnya yang terbalut sampah kantung plastik bening. Banyak yang menduga jika plasik ini menghantamnya saat di air atau saat ia terbang.

4. Burung tak berdosa ini cuma niat mencari makan lho
instagram.com

Bagaimana rasanya jika saat berniat mencari makan, malah racun yang tertelan? Seekor burung mati mengenaskan di pinggir jalan. Saat beberapa orang mencoba membedah isi perutnya, ditemukan puluhan benda plasti di dalam perut burung tersebut.

Bayangkan sampah yang kamu buang pada akhirnya menghentikan sistem kerja tubuh sampai meregang nyawa. Burung ini cuma niat cari makan, nggak niat mencuri.

5. Anjing laut ini dapat bonus kalung plastik saat mencari makan
instagram.com

Siapa yang tidak senang saat mendapatkan bonus, apalagi kalung? Sepertinya anjing laut yang satu ini nggak akan pernah bahagia dengan bonus yang didapat saat mencari makan di laut. Seekor anjing laut tertangkap kamera berdiam diri kebingungan melepaskan jeratan sampah plastik yang melilit lehernya. Anjing laut ini seperti tidak bisa melepaskan sampah tersebut hingga tim relawan datang dan menolong.

6. Gajah ini bingung kenapa rumahnya banyak sampah

instagram.com

Mamalia dengan ingatan super tajam ini bisa jadi trauma saat melihat sampah lagi. Bukan tanpa sebab, beberapa gajah kebingungan saat rumahnya dipenuh ratusan ton sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang. Bukannya dapat makanan, kawanan gajah ini harus pasrah saat rumah dan tempat berburu makanan mereka dirusak oleh sampah plastik.

7. Penyu ini harus meregang nyawa karena memakan sampah

instagram.com

Siapa yang tidak miris melihat potret salah satu hewan berumur panjang yang satu ini. Penyu, salah satu hewan yang dapat hidup hingga ratusan tahun ini harus pasrah saat usianya tak sampai seratus tahun. Penyu yang dapat hidup panjang ini mati karena memakan sampah plastik yang melintas di lintasan renangnya di laut. Bayangkan, sampai seekor penyu dan paus bisa mati karena sampah plastik. Lalu, berapa ratus ton sampah yang sudah menghuni samudera?

Bagi sebagian orang, hewan hanyalah hewan. Mereka bertahan hidup hanya dengann insting berburu untuk mencari makan. Namun, hewan juga memiliki hak untuk hidup dengan damai, memiliki perasaan walaupun tidak tersampaikan, dan juga ingin hidup berdampingan.

Maka dari itu kita diciptakan jauh lebih sempurna. Tapi, apakah lantas cara kita berfikir malah dapat merusak ekosistem yang sudah ada bahkan hingga merebut nyawa? Ayo mulai kurangi produksi sampah plastik mulai dari diri sendiri.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Supaya Pacar Terbebas dari Bayang-bayang Mantannya

Cara Supaya Pacar Terbebas dari Bayang-bayang Mantannya

5 Bidang Bisnis Online yang Paling Laris Dipilih untuk Mencari Penghasilan Lebih

5 Bidang Bisnis Online yang Paling Laris Dipilih untuk Mencari Penghasilan Lebih

Ternyata Ini Makna Sesungguhnya di Balik Kalimat ‘Kamu Terlalu Baik Untukku’. Klise!

Ternyata Ini Makna Sesungguhnya di Balik Kalimat ‘Kamu Terlalu Baik Untukku’. Klise!

7 Hal yang Bakal Dialami Sama Anak Kos di Masa Awal Menjadi Maba

7 Hal yang Bakal Dialami Sama Anak Kos di Masa Awal Menjadi Maba

Minder Badanmu Berisi? Surat Cinta Pria Ini Buktikan Cinta Bukan Tentang Fisik Semata

Minder Badanmu Berisi? Surat Cinta Pria Ini Buktikan Cinta Bukan Tentang Fisik Semata

Percayalah Kamu Bisa Keluar dari Kelamnya Friendzone dengan Melakukan Hal Ini

Percayalah Kamu Bisa Keluar dari Kelamnya Friendzone dengan Melakukan Hal Ini

loading