Bukannya Sayang, 9 Larangan Ini Dia Berikan Untuk Mengekang

21 Maret 2017
|Pristiqa Wirastami
Life
0SHARES

Hubungan cinta seringkali disalahartikan sebagai akses untuk bisa mengatur pasangan, sesuai dengan apa yang kita inginkan. Hanya bermodal dengan status hubungan lebih dari teman, kadang ada pasangan yang bebas melarang pasangannya untuk meraih mimpi yang sudah diidamkan sejak lama. Padahal hubungan belum jelas mau dibawa kemana. Larangan-larangan yang datang ini pun seringkali berlindung di balik kata sayang. Memang ada larangan yang datang ketika dia merasa khawatir padamu. Namun ada pula larangan yang dia berikan hanya untuk mengekang. Kamu harus mampu membedakannya.

1. "Kamu jangan berteman sama dia ya, aku nggak suka liat kamu jalan sama dia"

Berteman dengan siapapun seharusnya masih menjadi hakmu sepenuhnya. Meski dia pasanganmu, dia sebenarnya tak punya hak untuk melarangmu menjalin pertemanan dengan siapapun. Melarangmu untuk memperluas lingkungan sosialmu, sama sekali bukan tanda sayang. Dia hanya ingin hidupmu hanya untuk dia. Dan dalam hubungan, cara ini sangatlah tidak sehat.

2. "Nggak usah ngelakuin itu, nggak cocok buat kamu,"

Tanpa bertanya terlebih dahulu, dia sudah meremehkan kemampuanmu. Padahal kamu belum mencoba sekalipun, sehingga juga belum mengetahui bagaimana kemampuanmu sebenarnya. Dia jelas bukan pasangan yang bisa memberikanmu dorongan untuk menjadi lebih baik lagi.

3. "Jangan banyak bantah gitu ah. Aku tahu yang terbaik buat kamu,"

Kesempatan untuk berdiskusi tak pernah dia buka. Dia merasa bisa mengatur hidupmu sepenuhnya. Kamu pun seharusnya sadar bahwa yang terbaik untuk dirimu sendiri, cuma kamu sendiri yang bisa paham. Bukan pasanganmu.

4. "Jangan pergi jauh-jauh deh. Apa sih kurangnya disini,"

Saat kamu membicarakan rencanamu untuk berpindah kota karena ingin mengejar karir atau melanjutkan pendidikan, dia dengan tegas melarangmu. Tidak, dia tidak sedang mengkhawatirkanmu. Dia hanya tak mau kamu berkembang lebih baik lagi.

5. "Dengerin omonganku. Kalau ada apa-apa, aku nggak tanggung ya,"

Bagi dia, seakan hanya omongannya saja yang paling benar. Pun resiko yang nanti kamu dapatkan, dianggapnya sebagai hasil karena kamu tak mengikuti kata-katanya. Padahal apa yang terjadi di dunia ini, tak akan memiliki kepastian sebelum kamu mencobanya.

6. "Nggak usah ambil pekerjaan itu. Aku nggak yakin kamu mampu,"

Iya, jelas dia tak mengkhawatirkanmu sama sekali. Sekali lagi, dia hanya sedang meremehkanmu.

7. "Kalau butuh kemana-mana jangan pergi sendirian. Sama aku aja,"

Sekilas dia terlihat perhatian sekali. Selalu ingin mengantarmu kemanapun kamu ingin pergi. Namun, larangan dia kali ini sebenarnya bukan karena dia sayang. Dia hanya tak bisa memberikan kepercayaannya padamu. Itulah mengapa dia merasa perlu untuk selalu mengikutimu.

8. "Jangan ada yang disembunyiin dari aku ya. Kamu harus cerita semua,"

Sama halnya dengan dia yang selalu ingin mengetahui semua hal tentang kamu. Memang, pacaran juga soal keterbukaan. Namun bukan berarti kamu tak bisa punya privasi sama sekali. Dia yang memang sayang, tak akan pernah memaksamu untuk bercerita. Dia akan menanti kesiapanmu untuk bisa bercerita sendiri, tanpa paksaan.

9. "Nggak usah kebanyakan mikir, kamu tahu beresnya aja,"

Lagi-lagi ini menjadi caranya dia untuk meremehkanmu. Segala permasalahan yang terjadi, enggan dia diskusikan denganmu. Dia merasa tak yakin kamu bisa ikut menyelesaikan sebuah permasalahan dengan baik. Masih menganggap ini adalah sebuah ungkapan sayang?

Segala hal yang berhubungan dengan kekangan, memang identik dengan ungkapan sayang. Kalau kamu tak pintar-pintar membedakannya, mungkin hidupmu akan terus diatur olehnya. Padahal kamu juga masih bebas menentukan bagaimana hidupmu di masa depan nantinya. Termasuk dengan siapa kamu akan menghabiskan sisa umur.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pristiqa Wirastami
"For the sake of happines, I do writing."
0SHARES