Bukannya Bahagia, 5 Kebiasaan Dalam Hubungan Ini Malah Bikin Putus Cinta

09 Desember 2017
|Chandra W.
28SHARES

Sudah pacaran bertahun-tahun akhirnya putus dan nggak jadi nikah itu rasanya sakit banget kan, ya? Padahal seringkali pasangan yang sudah bertahun-tahun pacaran berpikir bahwa cepat atau lambat akan berakhir di pelaminan dengan kekasih di hadapannya. Semacam malas mencari yang baru lagi dan malas mengulangi siklus PDKT-pacaran-putus dan sebagainya.

Kenyataannya, nggak semua yang udah pacaran lama serta merta berakhir menikah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, di antaranya kebiasaan-kebiasaan buruk yang sadar nggak sadar kamu lakukan selama berpacaran dan berpotensi menjadi bom waktu yang bisa meledak kapan saja.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang berbahaya untuk hubunganmu?

1. Memendam perasaan sendiri

Udah pacaran kok apa-apa dipendam sendiri? Buat apa punya pasangan kalau kayak gitu? Komunikasi itu penting banget dalam suatu hubungan. Daripada kamu marah-marah sendiri dan berprasangka buruk sama pasangan tiap ada masalah, kenapa nggak diomongin aja? Semakin lama dan semakin banyak yang kamu pendam, semakin kamu tersakiti dan lama-lama bisa jadi dendam.

Suatu saat kamu bisa lepas kendali dan ngebahas semua masalah bahkan yang udah lama terlewat. Pasanganmu pasti bakal bilang, "Kenapa dulu biasa aja tapi sekarang dibahas?". Makanya, omongin aja kalau ada apa-apa. Tapi dengan kepala dingin ya.

2. Saling menyalahkan dan tidak menginterospeksi

Kalau ada yang nggak beres, bawaannya menyalahkan pasangan terus. Apa gunanya saling menyalahkan? Bukankah lebih baik kalian interospeksi diri sendiri dulu lalu saling koreksi? Dan yang penting itu bukan menemukan siapa yang salah dan siapa yang benar, melainkan apa yang bisa diperbaiki dari kesalahan tersebut di waktu berikutnya. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Yang penting mau belajar untuk sama-sama memperbaiki.

3. Bercanda tidak pada tempatnya

Bercanda itu baik dan dalam batas tertentu bisa membuat hubungan kalian semakin harmonis. Tapi kalau kelewatan ya namanya bukan bercanda. Apalagi kalau sampai menjadikan kekurangan pasangan sebagai bahan bercandaan. Nggak lucu. Awal-awalnya mungkin dia ketawa aja. Tapi kalau kamu kebablasan, siap-siap deh diputusin. Ingat, nggak ada orang yang senang disebutkan kelemahannya, apalagi dijadikan bahan lelucon. Daripada bercandain kekurangannya, lebih baik fokus di kelebihannya aja.

4. Cemburu berlebihan

Nggak selamanya cemburu itu berarti cinta. Kalau cemburunya berlebihan, itu sih artinya kamu nggak percaya sama pasangan. Kan sudah dewasa, dia punya kehidupannya sendiri, kamu juga begitu. Nggak semuanya harus melibatkan kalian berdua di setiap kesempatan. Beri dia jeda. Ini juga bisa menghindarkan hubungan dari kebosanan. Jangan takut dia akan berbuat yang enggak-enggak di luar sana. Kalau memang dia bertanggung jawab, pasti dia nggak akan menyia-nyiakan kepercayaanmu.

5. Membandingkan pasangan dengan orang lain

Kamu aja males kan kalau dibanding-bandingin? Ya sudah. Jangan membandingkan dia dengan orang lain. Apa yang terjadi dalam hubunganmu adalah konsekuensi dari kamu yang sudah menerimanya sebagai pasangan dari awal. Kalau ada yang bikin kamu merasa nggak sreg dan ingat mantan kamu yang lebih sabar, misalnya, coba ingat lagi kelebihan pasangan yang bikin kamu sayang sama dia dulu. Lalu, kamu bisa bicara baik-baik meminta dia untuk lebih sabar. Membanding-bandingkan pasangan sama aja kamu nggak menghormati dan menghargainya sebagai manusia.

Sering melakukan kebiasaan-kebiasaaan itu? Coba yuk dihentikan mulai sekarang. Daripada putus? Kan sayang, udah lama pacarannya. Nggak mau lanjut nih sampai nikah?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
28SHARES