Bukan Telur Ceplok, Beginilah Panganan Dari Telur Disajikan Di 10 Negara Ini

24 Mei 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Telur merupakan bahan makanan yang paling mudah didapatkan, harga terjangkau, memiliki protein yang baik, dan pastinya mudah dimasak. Kalau di Indonesia, telur paling mudah disajikan sebagai telur ceplok, telur dadar, telur orak-arik, atau telur balado. Telur juga sering menjadi menu favorit orang Indonesia. Nggak jarang kita temui berbagai hidangan dengan tambahan telur seperti nasi goreng atau mie instan sebagai pelengkap. Gimana dengan negara-negara lain? Ternyata beginilah telur disajikan di 10 negara berikut.

1. Sri Lanka: Egg Hopper

Egg hoper merupakan panganan telur yang sering dijajakan sebagai jajanan pinggir jalan di Sri Lanka. Telur dimasak dalam kuali kecil yang bentuknya mirip kuali untuk memasak kue ape. Panganan ini terbuat dari tepung beras dan santan.

2. Inggris: Scotch Egg

Kalau dari namanya sih, mungkin orang-orang menganggap panganan ini dari Skotlandia. Padahal Scotch Egg memang populer di Inggris. Telur direbus lalu diselimuti daging sosis dan remahan roti. Kemudian digoreng atau dipanggang. Enak nih kayaknya!

3. Filipina: Kwek-kwek

Namanya yang lucu didukung pula dengan bentuknya yang memang menggemaskan. Dikenal juga dengan nama tokneneng, panganan telur ini bisa mudah ditemukan karena termasuk jajanan pinggir jalan. Biasanya sih telur puyuh yang dihancurkan dan digoreng gitu.

4. Yunani: Avgolemono Soup

Mungkin penampakan supnya kayak cream soup biasa ya. Cara masaknya juga terbilang mudah. Kaldu ayam dicampurkan dengan telur yang telah dikocok. Lalu ditambahkan dengan peterseli dan perasan lemon. Jangan lupa juga ramaikan dengan ayam yang udah disuwir-suwir.

5. Tiongkok: Century Egg

Century Egg adalah panganan telur terlezat di Tiongkok. Berbahan dasar telur yang telah diawetkan dalam campuran garam, kapur sirih, tanah liat, beras, dan abu selama beberapa hari, atau bahkan berminggu-minggu. Telur ayam, puyuh, atau itik bisa digunakan untuk membuatnya.

6. Tunisia: Brik

Nah, kalau ini mirip sama gorengan semacam martabak telur. Panganan ini biasanya berisi daging ikan tuna, daun sop, harissa, dan juga bawang merah. Umumnya disajikan dengan keju sebagai pelengkapnya. Duh, jadi ngiler kan.

7. Irael: Shakshuka

Hampir sama dengan di Indonesia yang menjadikan telur sebagai panganan sarapan, di Israel sarapan shakshuka adalah favorit. Shakshuka terdiri dari telur rebus yang berenang dalam saus merah yang terbuat dari tomat, bawang merah, cabai, dan berbagai bumbu.

8. Turki: Menemen

Menemen adalah versi lain dari telur orak-arik. Cara memasak menemen mirip dengan telur orak-arik, bedanya hanya dimasak dengan paprika hijau, thyme, tomat, dan sejumput cabai kering. Konon, ini makanan yang paling bisa dimakan kapanpun dan paling mudah.

9. Jepang: Tamagoyaki

Ini dia telur dadar versi Jepang bernama Tamagoyaki. Panganan ini sangat bervariasi di penjuru Jepang dan rasanya agak manis. Jadi, telur ini adalah telur dadar yang digoreng di penggorengan berbentuk segi empat lalu digulung seperti selimut tebal. Ada yang udah pernah nyoba?

10. India: Curry Egg

Panganan telur yang satu ini terdiri dari telur rebus yang direndam dalam juah kari beraroma. Bahan-bahan lain yang bikin panganan ini favorit di India adalah cabai hijau, sayuran, bawang, dan tomat. Lebih enak kalau dimakan dengan nasi.

Kelihatan enak-enak atau aneh-aneh? Tapi yang jelas, mau gimana pun cara menghidangkannya, kalau bahan-bahannya bergizi dan bagus untuk kesehatan nggak akan mengurangi nutrisi dalam telur kok. Kalau kamu jalan-jalan ke negara-negara di atas, jangan lupa cicipi panganan telur di sana ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES