Bukan Sekadar Topping, Kebaikan untuk Kesehatan Ini Bisa Didapat dari Wijen

unsplash.com

Wijen adalah topping yang sering didapati di beberapa makanan di Indonesia. Misalnya saja di onde-onde. Makanan yang menggunakan wijen sebagai taburannya biasa memiliki rasa yang manis. Tanaman semak semusim yang memiliki nama latin Sesamum indicum L. syn ini masuk ke dalam famili Pedaliaceae dalam biologi.

Meskipun kecil, wijen punya banyak manfat. Tanaman yang termasuk dalam famili Pedaliaceae ini layak dikonsumsi karena punya banyak nutrisi baik di dalamnya.

Biji wijen bisa diekstrak dan diambil minyaknya dan dimanfaatkan bagi kesehatan kulit dan kecantikan. Bukan sekadar minyak, biji wijen punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini buktinya kalau menaburkan biji wijen di atas makanan membawa kebaikan yang sering tidak disadari.

1. Diabetes

pixabay.com

Kandungan nutrisi dalam biji wijen terdiri dari magnesium, kalsum, fosfor dan protein. Zat tersebut bisa mencegah penyakit diabetes. Penyakit ini biasanya disebabkan karena gula darah yang tinggi. Biji ini dapat menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsinya secara teratur. 

2. Kecantikan kulit

pixabay.com

Ekstrak biji wijen yang berupa minyak wijen mengandung zinc dan zat antioksidan. Kalau suka pakai body lotion, pasti ada pada bagian ingredient yang menuliskan tentang zat antioksidan ini. Zat inilah yang membuat kulit tampak cerah.

Minyak wijen yang kaya akan zinc dan zat antioksidan digunakan sebagai campuran untuk produk tersebut karena mampu membuat kulit tampak cerah. Kalau punya minyak wijen, kalian bisa langsung mengoleskan minyak wijen pada kulit. Jika digunakan secara teratur, mendapatkan kulit yang cerah dan lembut bukan lagi mimpi.

Tidak hanya itu, minyak wijen juga bisa menyembuhkan bekas luka di kulit. Tentu sebagai produk kecantikan, minyak wijen juga dipercaya bisa mengecilkan pori-pori di wajah.

3. Anemia

pixabay.com

Sering pusing karena kelelahan? Atau sudah didiagnosis dokter kalau kamu mengidap anemia? Kalau begitu, mulai sekarang kamu bisa menjadikan wijen sebagai makanan tambahanmu. Biji wijen yang berwarna putih mampu mengatasi anemia karena terdapat zat besi yang tinggi didalamnya.

Sebelumnya disebutkan bahwa wijen bisa menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, wijen punya kandungan zat besi yang bisa mengatasi anemia. Zat besi inilah yang bisa menambah kadar darah dalam tubuh sehingga tubuh pun tidak cepat lelah dan pusing seperti gejala anemia.

4. Kekuatan tulang
pixabay.com

Biji wijen memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengandung banyak kalsium, biji wijen tidak hanya mengatasi kecantikan kulit, tetapi juga baik bagi tulang. Kandungan zinc dalam biji wijen mampu meningkatkan kepadatan tulang dan hal ini tentu saja dapat memberikan kekuatan pada tulang.

Ditambah lagi, biji wijen mengandung tembaga yang dapat mengurangi rasa sakit akibat artritik atau peradangan dan pembengkakan pada selaput sendi. Mengonsumsi biji wijen yang kecil itu ternyata punya segudang manfaat, ya!

5. Antikanker
pixabay.com

Biji wijen juga dijadikan sebagai makanan yang bisa mencegah kanker karena mengandung fitosterol. Kandungan inilah yang merupakan zat antikanker. Mengonsumsi biji wijen secara teratur dalam makanan sehari-hari bisa bermanfaat untuk mencegah kanker. Baik itu biji wijen putih ataupun hitam, keduanya bermanfaat bagi kesehatan untuk mencegah kanker.

6. Sistem pencernaan

pixabay.com

Karena kaya akan serat, biji wijen mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain untuk mengatasi usus dan sistem pencernaan, rupanya wijen ini bisa menutrisi rambut karena mengandung banyak vitamin. Rambut bisa jadi tumbuh cepat. Kandungan Omega 3, Omega 6, dan Omega 9 ini bisa mendorong pertumbuhan rambut. 

7. Mengatasi stres

pixabay.com

Biji wijen bisa mengurangi stres. Kandungan magnesium dalam biji wijen lah yang membuat tanaman semak semusim ini bisa dijadikan antistres. Selain bisa mengurangi tingkat stres, wijen yang diekstrasi menjadi minyak wijen ternyata bisa menjadi obat sakit gigi dan bisa memutihkan gigi walaupun tidak seputih ketika mengikuti treatment bleaching.

Wijen biasanya digunakan sebagai taburan pada beberapa masakan dan beberapa jenis kue. Biji Wijen memiliki banyak kandungan nutrisi, beberapa diantaranya adalah kalsium, tembaga, besi, tryptophan, thiamin, magnesium, zinc, serat, fosfor, protein dan vitamin B6. Semuanya terbukti bermanfaat bagi tubuh manusia, 'kan. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

Cemburu: Memperkuat Atau Memperlemah dalam Hubungan?

Cemburu: Memperkuat Atau Memperlemah dalam Hubungan?

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Selain Kerja, Lakukan Hal Ini Agar Masa Mudamu Jadi Lebih Bahagia

Selain Kerja, Lakukan Hal Ini Agar Masa Mudamu Jadi Lebih Bahagia

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Kebiasaan Simpel untuk Kurangi Adiksi pada Smartphone

Kebiasaan Simpel untuk Kurangi Adiksi pada Smartphone

loading