Bukan Curhat, 7 Cara Ini Akan Mengatasi Kesedihan yang Sedang Kamu Rasakan

18 Februari 2018
|Chandra W.
79SHARES

Diputusin pacar, mutusin pacar, berantem sama sahabat, kalah perang KRS, gagal bimbingan skripsi, telat bangun padahal hari ini ujian, dan banyak hal lainnya bisa terjadi di dunia ini dan bikin kamu sedih. Pas ada teman atau ibu yang bisa diajakin curhat sih masih enak, tapi kalau kamu pas jauh dari orang tua dan teman-teman lagi sibuk semua, begini nih cara mengatasi kesedihan yang bisa kamu lakukan.

1. Tidur

Sedih bikin lelah. Yang mengobati lelah secara instan, apa lagi kalau bukan tidur? Percaya deh, kalau kamu sedih lalu tidur, saat bangun kamu akan merasa sedikit lega atau setidaknya bebannya sedikit berkurang. Soalnya ya itu tadi, sedih bikin kamu berpikir yang enggak-enggak. Dan itu bikin fisik dan mentalmu capek sendiri. Saat bangun, kamu bisa berpikir lebih jernih. Dicoba ya.

2. Makan

Sudah bukan rahasia bahwa makanan bisa memperbaiki mood seseorang. Ada sih yang kalau lagi sedih malah jadi malas makan. Tapi buat yang sebaliknya, comfort food berguna banget nih. Coba deh makan camilan yang manis-manis seperti donat, cokelat, es krim dan yang asin-asin seperti keripik kentang dan kacang. Makanan memberi pengaruh dalam waktu yang cepat, walau sifatnya hanya sementara. Tapi lebih baik daripada sedih terus.

3. Nonton drama Korea atau serial televisi yang menghibur

Jangan yang sedih-sedih ya. nanti malah depresi kan gawat. Pilih yang ringan-ringan saja dan yang ada aktor / aktris favoritmu. Biar apa? Biar bahagia meskipun hanya sesaat. Maraton aja sekalian juga boleh lho asalkan kamu nggak punya kewajiban yang mendesak.

4. Belanja

Semoga sih kamu sedihnya pas lagi ada duit ya. Jadi bisa cus ke mal atau pasar atau toko favoritmu buat beli baju, jajan, buku atau apapun lah yang bikin kamu nggak sedih lagi. Yes, money can buy happiness.

5. Karaoke

Pernah mendengar mitos karaoke? 99% curhat, 1% nyanyi. Jadi boleh banget nih diterapkan buat kamu yang canggung kalau mau curhat face to face. Curhatnya pakai lagu aja. Atau karaoke sendirian buat meluapkan emosi juga boleh banget. Nggak usah malu, yang penting bayar.

6. Jalan-jalan

Keliling kompleks, ke taman kota, ke mana saja yang kamu suka. Ketika jalan-jalan, kamu akan sadar bahwa banyak yang indah di dunia ini, hidup nggak hanya berisi masalahmu saja. Hirup udara bebas sepuas-puasnya dan nikmati keindahan di sekelilingmu. Selain itu, berjalan kaki juga bikin tubuh sehat lho.

7. Baca

Komik, novel, apapun yang bisa bikin kamu tertawa atau sejenak lupa akan masalahmu dan bikin pikiranmu nggak lagi fokus dengan apa yang membuatmu sedih. Membaca merangsang otak untuk berimajinasi. Membaca komik pun kamu pasti sambil ‘mendengarkan’ suara karakternya kan?

Setelah rileks, barulah kamu selesaikan pelan-pelan, satu per satu masalahmu dari akarnya. Jangan sedih terus ya. Kalau masih sedih minta dipeluk aja, atau memeluk diri sendiri.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
79SHARES