Bukan Cuma Angklung, Inilah 7 Alat Musik dari Bambu di Berbagai Negara

22 Juni 2017
|Atik Kencana S.
304SHARES

Di Indonesia kita memiliki sebuah alat musik dari bambu yang terbilang unik, yaitu angklung. Bahkan angklung sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dari Indonesia. Nah belakangan ini popularitas angklung memang sedang naik di mata internasional. Mulai dari konser angklung dalam negeri hingga konser angklung luar negeri pernah dilakukan. Hebat ya.

Nah, jangan kira kalau alat musik dari bambu hanya berupa angklung saja. Ternyata masih banyak alat musik lain yang juga terbuat dari angklung lho. Penasaran alat musik apa saja? Yuk langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Shakuhachi

Alat musik dari bambu yang pertama datang dari Negara Matahari Terbit yaitu Jepang. Alat musik ini masih terus dilestarikan keberadaannya oleh para seniman dan penduduk setempat. Shakuhachi banyak diminati oleh kalangan internasional di beberapa situs belanja online. Namun sebenarnya alat musik dari bambu ini pertama kali dibawa oleh bangsa Tiongkok di abad ke-8. Cara memainkan shakuhachi mirip sekali dengan alat musik recorder yaitu dengan cara ditiup. Walaupun terbuat dari bambu, harga sebuah sakuhachi baru cukup mahal lho, sekitar 300–500 USD (United States Dollar).

2. Khene

Alat musik dari bambu selanjutnya adalah Khene yang dibaca kaen, ken dan khaen. Alat musik tiup ini berasal dari Negara Gajah Putih atau Thailand. Namun alat musik ini juga ternyata digunakan oleh masyarakat Kamboja dan Laos. Maklum namanya juga tetangga. Uniknya, khene walaupun dimainkan dengan cara ditiup namun menghasilkan suara seperti biola. Dengan keunikan dan keeksotisannya, khene ini sering memancing minat para wisatawan untuk mencoba dan mempelajarinya. Kamu berminat gak?

3. Didgeridoo

Kali ini alat musik dari bambu selanjutnya datang dari penduduk asli Australia yaitu suku Aborigin. Suku Aborigin ternyata memiliki sebuah alat musik tradisional yang cukup unik yaitu Didgeridoo, alat musik yang dianggap sebagai alat musik tertua di dunia. Alat musik ini menggunakan bambu sebagai bahan utamanya, ditambah dengan unsur kayu, pipa poli, dan fiber. 

4. Ohe Hano Ihu

Selanjutnya adalah alat musik Ohe Hano Ihu yang berasal dari Hawaii. Uniknya alat musik ini yaitu ditiup tidak menggunakan mulut melainkan menggunakan hidung. Wah gak takut ada upil yang ikutan ya? Tidak hanya itu, keunikan alat musik dari bambu yang satu ini, Ohe Hano Ihu, tidak dimainkan saat ada pertunjukan atau upacara adat. Melainkan dimainkan di tempat yang sunyi dan tentram. Alat musik ini hanya dimainkan untuk orang yang dianggap istimewa oleh peniupnya.

5. Ocarina

Ocarina adalah alat musik dari bambu yang berasal dari Argentina, Amerika Selatan. Potongan bambu kemudian dilubangi hingga mampu menghasilkan tangga nada dasar (do, re, mi, fa, sol, la, si, do). Suara tangga nada tersebut dihasilkan dari bentuk besar kecilnya lubang yang dibuat di bambu tersebut. 

6. Agung A Tamlang

Alat musik yang berasal dari Filipina ini termasuk dalam jenis kentongan yang sering kita liat di pos-pos ronda setempat. Tapi fungsinya memang bukan sebagai pemberi peringatan adanya maling atau bencana ya, atau mungkin bisa juga kalau kepepet. Nada tinggi rendahnya disesuaikan dengan panjang pendeknya alat musik dari bambu ini. Cara memainkannya udah tau lah ya, dipukul atau diketuk dengan bilah bambu yang lebih tipis.

7. Celempung

Satu lagi datang dari Indonesia. Alat musik dari bambu di Indonesia bukan hanya angklung lho. Ada juga yang namanya celempung. Sama seperti angklung, celempung juga berasal dari tataran Jawa Barat. Kalau angklung dibunyikan dengan digoyang-goyangkan, celempung ini baru bisa bunyi ketika dipukul atau diolah suaranya. Maksudnya diolah adalah dengan mengatur besar atau kecilnya udara yang keluar dari celempung dengan menggunakan tangan.

Nah itulah tadi 7 alat musik dari bambu yang gak cuma berupa angklung aja. Ternyata beberapa negara lain juga memiliki alat musik tradisional yang juga terbuat dari bambu. Memang benar ya kalau bambu itu bisa dimanfaatkan menjadi beragam rupa. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga alat musik. Keren pokoknya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
304SHARES