Bukan Buat Jalan-jalan, Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu S2 di Luar Negeri

02 Desember 2017
|Chandra W.
101SHARES

Saat ini sangat banyak peluang untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri dengan beasiswa. Informasi mengenai pendaftaran, syarat-syarat sampai beasiswa dari mana saja dan apa saja yang ditanggung, dapat dengan mudah diakses di internet. Tinggal mengumpulkan syarat dan dokumen lalu mengirimkannya ke universitas tujuan dan seringkali juga secara online, lalu menunggu hasilnya.

Tentu saja perjuangan mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri tidak mudah, baik beasiswa dari pemerintah Indonesia maupun beasiswa pemerintah asing. Namun tak dipungkiri, keinginan kuliah di luar negeri muncul karena ingin jalan-jalan ke negara lain, lalu berfoto di spot-spot menarik di negara tersebut dan memosting foto-foto tersebut di media sosial setelahnya.

Padahal jika kamu lebih jeli, ada banyak alasan bermanfaat yang bisa dijadikan alasan untuk kuliah di luar negeri, apalagi dengan beasiswa.

1. Pendidikan di luar negeri lebih bagus dan dapat mendukung karirmu kelak di Indonesia

Bukannya pendidikan di Indonesia tidak bagus, melainkan kurang berkualitas dibandingkan dengan kampus-kampus yang sudah mendunia seperti Oxford University dan University of Harvard, misalnya. Memang ada beberapa kampus di Indonesia yang sudah mendunia, tapi pasti tetap berbeda secara pengajaran. Sebenarnya sih kita ketinggalan jauh dengan universitas unggulan dunia, makanya salah satu tujuanmu untuk mendapatkan beasiswa paling tidak ya karena alasan ini.

2. Supaya merasakan jadi minoritas

Kata orang, hidup di mana saja itu mudah, asalkan kamu mayoritas. Tanpa maksud menggolong-golongkan siapa saja ke dalam suatu kelompok, kalimat tersebut benar juga. Makanya orang yang sudah pernah kuliah di luar negeri dan menjadi salah satu bagian dari minoritas di sana terlatih menjadi manusia yang lebih toleran dan dalam konteks yang lebih luas: humanis. Kalau kamu seumur hidup kamu terbiasa menang hanya karena kamu mayoritas, kamu nggak akan pernah bisa mengerti gimana rasanya jadi penghayat kepercayaan Sunda Wiwitan di Indonesia (sebagai contoh).

3. Supaya dapat kembali dan memperbaiki Indonesia dari ilmu yang didapat di luar sana

Kalau pulang dari S2 di luar negeri, kamu malah membanding-bandingkan perilaku masyarakat dan kelengkapan fasilitas antara negara sana dengan yang di Indonesia, percuma kamu lulus. Justru itu tujuannya. Kamu kuliah dengan beasiswa di luar negeri supaya kamu dapat ilmu yang lebih mumpuni dan dapat menerapkannya di Indonesia setelah pulang. Jadi berhenti deh bilang, "Gila ya di Jepang tuh semua orang pada antri. Nggak kayak di sini. Barbar." Coba cari solusinya.

4. Kamu dapat mempelajari kultur di negara yang sama sekali asing

Mempelajari budaya di mana saja merupakan hal yang mengasyikkan sekaligus menantang. Budaya bisa terdiri dari bahasa, kebiasaan, nilai adat dan norma, pakaian dan masih banyak lagi. Dengan belajar banyak budaya dari negara lain, kamu pasti juga bakal sadar bahwa dunia ini sangat luas dan manusia cuma remah-remah rempeyek. Artinya kamu juga belajar untuk lebih rendah hati.

Jadi buat kamu yang mau melamar aplikasi beasiswa S2 ke luar negeri, selamat berjuang ya. Semoga bisa diterima, kecuali niatmu cuma buat jalan-jalan. Ingat, kamu dibiayai negara. Jangan bikin malu! Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
101SHARES