Buat yang Baru Dapet Gelar Sarjana, 5 Kegalauan Ini Akan Menghantuimu

24 September 2016
|Rhesa Leo
0SHARES

Gelar sarjana pastinya menjadi sebuah harapan besar bagi semua mahasiswa. Tapi apa yang terjadi setelah mendapatkan gelar sarjana? Perjuangan menyelesaikan skripsi emang menguras tenaga. Kalian patut bangga jika pada akhirnya bisa menggunakan toga di hari wisuda. Tapi jangan senang dulu karena perjuanganmu masih akan berlanjut. Apa saja kegalauan yang bakal dialami oleh para freshgraduate? Langsung aja kita simak.  

1. Nunggu panggilan kerja yang nggak kunjung datang

Saat wisuda kamu pasti senang karena sudah berhasil menyandang gelar sarjana. Tapi apa setelah itu? Kalau kamu termasuk freshgraduate yang berutung mungkin kamu bisa langsung bekerja. Tapi faktanya nggak semua sarjana bisa langsung dapat kerja. Kamu pun harus puas menyandang status pengangguran. Satu bulan..dua bulan…tiga bulan.. dan tiba-tiba nggak kerasa udah setahun nganggur.

2. Siap-siap ditanyain terus?

Selain harus menghadapi jenuhnya menunggu panggilan kerja yang nggak kunjung datang. Kamu juga mesti siap ngadepin pertayaaan-pertanyaan dari orang-orang kepo terdekat. Mulai dari orang tua, suadara, tetangga, pacar yang selalu bertanya “Kerja dimana? Kapan kerja? Kok lama banget nganggurnya?”. 

3. Malu sama teman yang udah dapet kerja

Bukan cuma tekanan dari pertanyaan tadi. Semakin lama kamu nganggur semakin kamu merasa malu dan mulai menyalahkan diri sendiri. Apa lagi kalau teman-teman seperjuangan kamu sudah mendapatkan kerja duluan. 

4. Teman nongkrong udah pada sibuk kerja

Beberapa bulan setelah wisuda mungkin kamu masih senang bisa nongkrong bareng teman-teman, bisa bangun siang, bisa libur setiap hari. Tapi ketika teman-teman kamu satu persatu mulai sibuk kerja di situlah kamu mulai merasakan kegalauan yang sesungguhnya. Pengen curhat tapi gimana? Teman-teman kamu sudah mulai pergi dengan kesibukannya masing-masing.

5. Malah disuruh nikah

Dari pada kelamaan nganggur luntang lantung nggak jelas di rumah. Cewek-cewek biasanya malah disuruh orang tua buat nikah aja. Umur makin tua, tetangga terus-terusan kepo. Akhirnya disuruh nikah deh. 

Itu tadi beberapa kegalauan yang sering banget dialami para freshgraduate. Tapi tenang aja guys, perjuangan kamu nggak akan sia-sia kalau kamu terus berusaha dan berusaha. Hard work will never betray you!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES