Buat Para Cowok, Kamu Masih Ingat Dengan Mainan Jadul Ini?

16 Januari 2017
|Iswara Aji Pratama
Life
1296SHARES

Ada perasaan miris dan sedih yang muncul ketika melihat mainan anak kecil zaman sekarang. Dunia anak-anak saat ini monoton banget, cuma terpaku dengan gadget, khususnya smartphone. Emang sih, kalau dipikir-pikir mereka lebih keren karena udah ngerti hal-hal digital sedari kecil, tapi apa terlalu tampak keren itu gak berdampak buruk pada daya imajinasi dan hubungan sosialnya? Jawabannya ya berdampak buruk. Mainan digital itu memaksa para penggunanya untuk menjadi sangat individualis. Gak ada lagi yang namanya permainan kelompok, kalaupun ada ya udah hanya sebatas lewat koneksi internet aja. Gak ada pergerakan. Coba kalau kita bandingkan dengan mainan anak kecil zaman dulu, khususnya untuk generasi 90-an. Wah, mainan yang ada itu sangat beragam. Dalam satu tahun bisa muncul beberapa mode yang berbeda-beda. Beragam mainan itu juga sangat bermanfaat dalam melatih daya imajinasi karena gak didukung oleh gambaran digital. Jadi suasana lingkungan ketika permainan tersebut dilakukan harus dibentuk lewat gambaran yang ada di kepala doang, lewat imajinasi. Dan fungsi imajinasi itu sangat berguna ketika mereka tumbuh menjadi orang dewasa. Imajinasi itu daya kreatif yang bisa bikin mereka berpikir untuk menciptakan hal baru dan pada akhirnya menjadi sebuah lapangan pekerjaan. Dari sisi sosial juga sangat berguna, mainan zaman dulu mah mengharuskan para anak-anak itu bertemu dan berinteraksi. Maka dari itu, YuKepo telah merangkum beberapa mainan yang sempat populer pada jamannya. Hitung-hitung nostalgia betapa berwarnanya kehidupan anak kecil sebelum dunia digital menyerang!

1. Gimbot air yang seringnya dimainin pas di sekolah, ketika guru lagi nerangin pelajaran di depan kelas

2. Untuk mainan yang satu ini masih ada nih komunitas yang setia memainkannya, magnum dan sonic jadi jagoan semua anak-anak waktu itu

4. Sebenernya mainan yang satu ini cukup berbahaya karena kadang kita nembaknya ke bagian mata, hahahaha

5. Semua orang mau jadi pendekar, semua orang mau jadi jagoan yang bisa berantem dan keluar sebagai pemenang

6. Kamu masih inget gak sama crush gear? Mobil penghancur ini sempat populer berbarengan dengan film kartunnya yang ditayangkan setiap hari Minggu

7. Beyblade! Konon, jika kita mengganti simbol yang ada di bagian tengah, maka kekuatan beyblade ini akan bertambah kuat

8. Seru abis! Digivice, bikin kita jadi pengen punya digimon, biasanya dimainin pas di sekolah, jadi ngadu gitu sama temen

9. Tetris jadi game paling ngaco dalam sejarah! Gak pernah tamat main nih game

10. Kalau yang ini sih bikin imajinasi makin gila! Mainan Dragon Ball yang cara dimaininnya cuma dipegang abis itu ditabrak-tabrakin biar seolah-olah kayak berantem

11. Tamagotchi bikin sikap keibuan atau kebapakan yang kita punya itu jadi keluar, kita jadi punya tanggung jawab untuk memberi makan karakter yang ada di game ini

12. Kapal-kapalan yang bisa berenang di ember atau bak mandi, kalau abis mainin ini biasanya ibu marah-marah karena bak mandinya jadi kotor

13. Slepetan atau yang lebih dikenal dengan ketapel, bikinnya gampang, tinggal cari kayu sama karet yang biasanya diambil dari ban bekas

14. Kayaknya hampir semua daerah punya permainan ini deh, permainan gundu atau kelereng memerlukan ketepatan dan pengukuran yang teliti

15. Dan tazos atau biasa kita sebut tajos, yang cara dimaininnya berbeda-beda, kadang ditepok kadang cuma dipasang seperti lego

Dari semua mainan yang telah disebutkan di atas, kamu nyadar gak sih hampir semuanya itu muncul berbarengan dengan film kartun yang ada di setiap hari Minggu? Kayaknya nih ya penyebab kenapa permainan jenis ini gak dimainkan lagi oleh anak zaman sekarang dikarenakan tontonan hari Minggu itu telah dihapus. Coba deh kalo film-film kartun itu dihidupkan kembali, pasti anak-anak kecil zaman ini meninggalkan gadget mereka.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
1296SHARES