Buat Kamu yang Baru Putus, 10 Lagu Galau Ini Cocok Untuk Menemani Harimu

16 Oktober 2017
|Chandra W.
23SHARES

Putus cinta memang menyakitkan, apalagi kalau ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Apalagi kalau diputusin tanpa alasan yang jelas. Apalagi kalau putusnya gara-gara LDR. Apalagi, apalagi yang lain. Keinginan untuk move on pasti ada, tapi kapan move on-nya, itu yang jadi pertanyaan. Seseorang yang baru putus cinta butuh waktu untuk menyembuhkan luka hati karena berpisah dengan orang yang dicintainya.

Selama proses menyembuhkan luka itu, bermacam pula yang dilakukan. Ada yang sibuk mengikuti workshop, semakin rajin bekerja, tapi pas lagi sendirian mendengarkan lagu-lagu galau. Kira-kira lagu seperti apa ya yang cocok untuk menemani suasana kelabu setelah putus dengan pacar? Biar sedih sekalian, habis itu bersiap buat move on deh. YuKepo sudah merangkum 10 lagu buat nemenin kamu pasca putus. Ini daftarnya:

1. The Man Who Can’t Be Moved – The Script

Ini udah semacam jadi lagu yang wajib didengerin setiap habis putus dan belum bisa move on. Setiap dengerin, rasanya hati semakin teriris-iris. Lagu ini mengisahkan seorang laki-laki menunggu perempuan yang dicintainya di tempat pertama kali bertemu. Mengingatkanmu pada tempat pertama bertemu mantan.

‘Cause if one day you wake up and find that you’re missing me

And your heart starts to wonder where on this Earth I could be

Thinking maybe you’ll come back here to the place where we’d meet

And you’ll see me waiting for you on the corner of the street

I’m not moving...

 

Tentu saja itu hanya makna kiasan. Makna sesungguhnya jelas nggak bisa pindah dari hati doi. Yah sedih. Kamu gininya jangan lama-lama ya.

2. Amnesia – 5 Seconds of Summer

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang habis putus selalu mengingat kenangan-kenangan bersama mantannya, dari tempat-tempat hangout sampai apa yang biasanya dilakukan bersama. Penyanyinya berharap kena amnesia aja tuh, biar lupa semuanya. Kalau di Indonesia gampang sih...dibikin sinetron.

I wish that I could wake up with amnesia

And forget about the stupid little things

Like the way it felt to fall asleep next to you

And the memories i never can escape

Cause I’m not fine at all

 

Memang yang bikin susah move on itu justru hal-hal kecil yang sering dilakukan ketika masih pacaran ya. Misalnya, jogging bareng tiap Minggu pagi.

3. Cornerstone – Arctic Monkeys

Pernah nggak sih habis putus terus pas lagi jalan sendiri, tiba-tiba mencium aroma parfum mantan sekelebatan di udara? Seketika kamu pasti langsung mengalami mini heart attack dan ingin kembali ke pelukannya, tapi nggak bisa. Nah lagu ini cocok banget buat kamu yang masih suka tiba-tiba teringat mantan ketika melihat atau mendengar atau menghirup aroma yang berkaitan sama mantan.

Tell me where's your hiding place I'm worried I'll forget your face And I've asked everyone I'm beginning to think I imagined you all along I elongated my lift home Yeah I let him go the long way round I smelt your scent on the seat belt and kept my short cuts to myself

 

Yup, di taksi ada bau mantan, nggak jadi ngasih tahu jalan pintas ke sopirnya, malah minta jalan yang memutar. Demi apa? Demi mempertahankan ingatan akan wanginya yang biasa kamu peluk, dulu.

4. Without You – Oh Wonder

Kelihatan ya dari judulnya kalau lagu ini pasti mengisahkan kehilangan. Kalau kamu tipe yang pacarannya sering ke mana-mana bareng, teman-temannya udah jadi satu circle, nggak bisa lepas satu sama lain, tapi habis itu putus –lagu ini cocok banget buat kamu.

Since I've been walking solo Dreaming you were back home Hi fi getting down low Hide until tomorrow

 

Rasanya jadi aneh gitu harus ke mana-mana sendirian. Hari-hari sepi tanpa kabar dan pertanyaan yang biasanya dilontarkan dia kepadamu. Nggak ada lagi yang bertanya gimana harimu berjalan seharian, adakah sesuatu yang mengganjal di pikiranmu, lalu memeluk di harimu yang buruk. Sekarang semua harus dihadapi sendirian.

5. Like We Used To – A Rocket To the Moon

Sebelas dua belas dengan lagu Amnesia, lagu ini mengisahkan bagaimana kamu dan mantan biasanya menghabiskan waktu ketika masih pacaran. Sayangnya setelah kalian putus, dia keburu punya pacar sedangkan kamu masih mencoba memunguti sisa-sisa kepingan hati yang berserakan. Lalu kamu pun bertanya-tanya, ‘memangnya dia bisa melakukan hal yang biasa kulakukan untukmu? Memangnya kalian bisa melakukan hal yang sama seperti kita lakukan dahulu?’

Will he love you like I loved you? Will he tell you everyday? Will he make you feel like you're invincible with every word he'll say? Can you promise me if this was right: Don't throw it all away? Can you do all these things? Will you do all these things... Like we used to? Oh, like we used to...

6. Di Restoran – Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono

Ini sebenarnya bukan lagu, melainkan musikalisasi puisi dari salah satu penyair kenamaan Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Berikut naskah puisinya:

Kita berdua saja, duduk. Aku memesan ilalang panjang dan bunga rumput -- kau entah memesan apa. Aku memesan batu di tengah sungai terjal yang deras -- kau entah memesan apa. Tapi kita berdua saja, duduk. Aku memesan rasa sakit yang tak putus dan nyaring lengkingnya, memesan rasa lapar yang asing itu.

Interpretasinya terserah kamu sih. Tapi puisi itu bisa juga bermakna satu pihak bersedia menanggung risiko apa saja saat mencintai, tanpa tahu apakah orang yang dicintainya bersedia melakukan hal yang sama. Bisa saja kan orang yang dicintai meninggalkanmu suatu saat begitu saja tanpa babibu.

7. Mudah Saja – Sheila On 7

Band kesayangan kita semua ini memang ahlinya menciptakan lagu-lagu yang relatable. Termasuk yang satu ini. Mengisahkan tentang kedatangan mantan setelah menyakiti hati kita lalu ‘menanyakan kabar’. Memangnya dia pikir dia punya hak apa tanya-tanya begitu?

Mudah saja bagimu

Mudah saja untukmu

Coba saja cintamu seperti cintaku

Coba saja lukamu seperti lukaku

8. Pamit – Tulus

Putus itu kadang ada yang dengan diam-diam, ada yang dengan ribut-ribut, berbeda setiap pasangan. Lagu ini mengisahkan proses putus hubungan yang menguras kesabaran karena sebenarnya memang nggak ada lagi yang bisa dipertahankan tetapi masih takut untuk melepaskan. Ini bisa banget terjadi dalam hubungan yang telah berlangsung bertahun-tahun ketika segalanya sudah menjadi kebiasaan.

Sudah coba berbagai cara Agar kita tetap bersama Yang tersisa dari kisah ini Hanya kau takut kuhilang Perdebatan apapun menuju kata pisah Jangan paksakan genggamanmu

 

Genggaman yang dipaksakan akan menyakitimu lebih dalam lagi. Lepasin aja...

9. Blue Sky Collapse – Adhitia Sofyan

Musisi yang dikenal dengan bedroom recordings alias merekam lagu di dalam kamar ini jago banget menciptakan lirik-lirik yang ringan namun mengiris. Salah satunya lagu ini yang mengisahkan dua orang yang putus, yang satu sedih banget tapi yang satu biasa aja. Bayangkan gimana kalau kamu ada di posisi yang sulit merelakan.

Still everyday I think about you I know for a fact that's not your problem But if you change your mind you'll find me Hanging on to the place Where the big blue sky collapse

10. Ada yang Hilang – Ipang

Pernah mendengar kalau patah hati bisa benar-benar membuat tubuhmu sakit? In yang sepertinya coba Ipang sampaikan dalam lagu Ada yang Hilang. Rasanya beneran ada yang kosong melompong dalam tubuh kita setelah putus. Nggak bisa diminta balikin lagi karena kita yang sejak awal menyerahkannya ke orang yang kita cintai.

Ada yang hilang dari perasaanku

Yang terlanjur sudah kuberikan padamu

Ternyata aku tak berarti tanpamu

Berharap kau tetap disini

Berharap dan berharap lagi

Kamu boleh galau setelah putus, tapi jangan lama-lama ya. Rugi. Masih banyak kok hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan tanpa pasangan sekalipun. Bersedih-sedih ria, bersenang-senang kemudian. Setelah mendengarkan lagu-lagu galau di atas, ganti playlist-mu dengan lagu yang beat-nya lebih ceria. Move on is definitely the next step. Let’s go!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
23SHARES