Buat Kamu Pengendara Motor, 7 Tips Menghindari Tukang Parkir Liar Ini Dijamin Ampuh

27 Februari 2017
|Reza Pratama
48SHARES

“Ya terus terus, hop!” gak asing kan sama kata-kata barusan? Yup, tukang parkir memang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian para pengendara motor. Bukan masalah pelit atau perhitungan, tapi memang diakui kemunculannya yang secara tiba-tiba suka bikin kaget sekaligus kesel.

Banyak kejadian di mana ketika kita datang ke sebuah minimarket dengan mengendarai motor, terlihat sepi dan tenteram. Namun ketika selesai belanja di minimarket dan menuju motor, langkah kita langsung disambut dengan bunyi priwitan entah dari arah mana. Terpaksa kita merogoh kantong dan mencari 2 ribuan rupiah. Itu juga kalau ada, kalau gak ada receh suka jadi panik sendiri. Dan yang lucu sekaligus ngeselin dari tukang parkir gaib ini adalah ketika dikasih seribu, dia terima tapi giliran dikasih 5 ribu dikembaliin cuma 2 ribu. 

Fenomena tukang parkir gaib ini memang ada positif dan negatifnya, positifnya kalau kita benar-benar dibantu mengeluarkan motor di kala motor kita susah untuk dikeluarkan. Tapi kalau cuma modal niup periwit dan gak ngebantu apa-apa, sama aja kayak pungli. Mungkin banyak yang pro dengan kehadiran tukang parkir di tempat-tempat keramaian. Namun lebih banyak yang kontra akan kehadiran mereka yang suka muncul mendadak. Semua pengendara motor pasti pernah ngerasa deg-degan ketika menuju motor setelah membeli sesuatu di minimarket. Nah, untuk mengantisipasi kehadiran tukang parkir gaib ini, YuKepo punya 7 tips yang bisa kamu ikuti agar tak terjerat pungli di tukang parkir gaib.

1. Biasakan berjalan kaki ke minimarket

Berjalan kaki adalah langkah dasar untuk menghindari tukang parkir. Untuk yang rumahnya gak terlalu jauh dari minimarket, gak ada salahnya kamu jalan kaki, itung-itung olahraga. Tips ini dijamin ampuh. Kalau tukang parkirnya masih minta duit juga, bawa tukang parkirnya ke dukun terdekat. 

2. Bawa teman guna menunggu motor di depan minimarket

Dengan mengajak teman ke minimarket, kamu bisa gunakan temanmu untuk menunggu motor di luar dengan keadaan motor menyala. Ajaklah minimal satu temanmu ke minimarket, lebih banyak teman yang kamu ajakn lebih baik. Tukang parkir tak bisa berbuat banyak begitu melihat ada temanmu yang bertengger di atas motor. 

3. Pura-pura jadi tukang parkir

Dengan berpura-pura jadi tukang parkir, sudah pasti kamu gak akan kena tagih uang parkir. Mungkin sebaliknya, kamu malah dapat uang dari para pengendara motor. Cukup dengan memakai rompi oranye khas dari tukang parkir, maka kamu udah sah jadi tukang parkir. Namun jangan mentang-mentang dapat duit, kamu ketagihan jadi tukang parkir. 

4. Gunakan uang dengan nominal besar

Memberikan uang dengan nominal besar bisa menjadi alternatif menghindari tukang parkir liar. Saat mendengar priwitan tukang parkir, segeralah sodorkan uang 100 ribuan rupiah kepada tukang parkir. Kemungkinan besar kamu diperbolehkan pergi tanpa harus membayar. Tapi, kalau tukang parkirnya punya kembalian, berarti kamu yang belum beruntung.

5. Parkir di tempat yang agak jauh

Memarkirkan motormu di tempat yang agak jauh tentunya kamu bisa terbebas dari jatah tukang parkir. Namun kamu harus menyimpan motor di tempat yang agak aman. Jangan disimpan di tempat yang jaraknya 5 km dari minimarket. Gratis sih gratis, tapi kaki pegelnya bukan main. Cukup simpan di sebelah minimarket, lalu kemudian kamu jalan deh ke minimarket dengan tenang dan tenteram.

6. Bilang “nanti balik lagi bang”

Kalau tukang parkir muncul disaat kamu hendak pulang, gunakan kalimat ini sebagai tipuan kepada tukang parkir liar. Biasanya kalau kamu bilang “bang, nanti balik lagi” tukang parkir gak akan bisa berkutik. Ia paling hanya diam sambil menggerutu.

7. Bawa motormu ke dalam minimarket

Tips yang satu ini hanya diperuntukkan kepada orang-orang yang suka tantangan. Kalau kamu bener-bener gak ada receh dan sedang terburu-buru, bawa masuk motormu ke dalam minimarket sebagai antisipasi menghindari tukang parkir gaib. Hal ini pasti tentunya bisa menghindari tukang parkir liar, karena kamu tidak turun dari motor.

Memang gak semuanya tukang parkir meminta uang tanpa membantu dan menjaga motor kita. Ada beberapa tukang parkir yang benar-benar sesuai dengan tugasnya sebagai juru parkir. Mulai dari memilihkan tempat yang kosong untuk tempat memarkirkan kendaraan kita, sampai membantu mengeluarkan kendaraan kita disaat tertutup kendaraan lain. Nah, kalau tukang parkir yang kaya gini sih baru perlu diapresiasi. Namun, memang yang namanya tukang parkir gaib ini perlu kita lawan biar gak seenaknya mintain duit tanpa menjaga dan memarkirkan kendaraan kita. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
48SHARES