Bosan Ditolak Terus? Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Belum Banyak Diketahui Orang

unsplash.com

Bagi sebagian orang menimba ilmu di luar negeri adalah mimpi yang sangat diharapkan. Namun, biaya kuliah dan biaya hidup yang mahal terkadang jadi dinding pembatas untuk mimpi itu dapat terwujud. Nilai Rupiah yang tak terlalu tinggi tentu saja membuat biaya kuliah di luar negeri tidak murah. Ini lah yang kemudian membuat banyak orang memilih mengubur mimpi tersebut ke sumur terdalam. Padahal, ada jalan agar kuliah ke luar negeri dapat terlaksana meski tidak punya biaya, yaitu dengan beasiswa luar negeri.

Lewat beasiswa, seseorang dapat menempuh pendidikannya di luar negeri secara gratis. Namun jalan untuk meraih beasiswa ini pun tidaklah mudah karena jumlah beasiswa luar negeri yang tersedia jauh lebih sedikit dibandingkan peminatnya. Inilah yang kemudian membuat persentase keberhasilan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri menjadi sangat kecil.

Untungnya, terdapat beberapa program beasiswa luar negeri yang belum banyak dilirik orang dan dapat memperbesar kemungkinanmu untuk lolos. Penasaran negara mana saja itu? Yuk, simak!

1. Beasiswa Unical, Italia

ppidunia.org

Buat kamu yang ingin merasakan hidup dan belajar di negara asal Pizza ini kamu dapat mencoba beasiswa yang diberikan oleh Universita della Calabria (UNICAL). Dalam program ini ada 2 tipe beasiswa, pertama Beasiswa Violini yang merupakan beasiswa untuk mahasiswa asing di luar Italia. Ada juga Beasiswa Centro yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa UNICAL termasuk mahasiswa internasional. Beasiswa centro hanya berlaku satu tahun ajaran dan mencakup makan dua kali sehari, serta uang saku sebesar 1600 Euro per tahun.

2. Turkiye Burslari, Turki

www.turkiyeburslari.gov.tr

Pemerintah Turki menyediakan beasiswa untuk para pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di negeri tersebut. Beasiswa ini sendiri meliputi jenjang s1 sampai dengan s3. Menariknya beasiswa ini bersifat penuh, yang artinya semua akomodasi ketika kamu hidup disana akan ditanggung oleh pemerintah turki. Nah buat kamu yang ingin hidup di negara dua benua ini, coba deh pelajari program ini di website mereka.

3. Beasiswa SUSI, Amerika

ballstatejournalism.com

Eits ini bukan beasiswa dari Bu Susi loh. Buat kamu yang ingin belajar jurnalisme, kehidupan beragama, sampai kehidupan masyarakat Amerika, beasiswa SUSI ini sangat cocok untuk kamu ikuti. Study of the United States Institutes (SUSI) adalah beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa dari luar Amerika yang ingin belajar lebih mendalam soal Amerika baik dari budaya, nilai-nilai masyarakatnya, serta institusi sosial politiknya. Beasiswa luar negeri ini akan memberikan kamu fasilitas biaya transportasi dari negara asal ke Amerika, penginapan, makan, sampai transportasi dan asuransi kesehatan selama mengikuti program ini. Cek info lengkapnya di sini!

4. Beasiswa dari Pusat Kebudayaan Rusia
id.rbth.com

Kalau kamu ingin belajar banyak dari negara yang dipimpin oleh Putin ini, ga ada salahnya kamu coba beasiswa di Rusia melalui Pusat Kebudayaan Rusia (PKR). Beasiswa ini meliputi S1-S3. Hanya saja beasiswa luar negeri ini diberikan untuk biaya kuliah saja, sementara untuk biaya lainnya kamu harus tetap menanggungnya sendiri.

5. Indian Council for Cultural Relation (ICCR), India
www.civilsdaily.com

Beasiswa ini diberikan untuk jenjang S1, S2, dan S3. Hanya saja setiap tahun penyedia beasiswa ini hanya menyediakan 20 kursi beasiswa untuk tiap jenjangnya. Biaya yang ditanggung oleh beasiswa ini termasuk biaya kuliah, biaya hidup, hingga trip bulanan. Tapi untuk biaya tiket pulang dan pergi ke Indonesia kamu harus tetap menanggungnya sendiri ya. Pelajari program mereka lebih lanjut di sini!

Itulah beberapa beasiswa yang dapat kamu ikuti untuk mewujudkan mimpimu belajar ke luar negeri. Sebenarnya, hampir tiap negara menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Tinggal bagaimana kita mencari dan mengejarnya dengan determinasi.

Buat kamu yang pernah gagal dalam mengejar program beasiswa luar negeri bergengsi seperti LPDP, nggak ada salahnya untuk mencoba beberapa program beasiswa ini. Jangan patah semangat ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Hadiri Syukuran Kemenangan Prabowo, Nama Sandiaga Uno Tak Ada di Spanduk. Ada Apa? | Keepo.me

Tak Hadiri Syukuran Kemenangan Prabowo, Nama Sandiaga Uno Tak Ada di Spanduk. Ada Apa? | Keepo.me

Girls, Biar Kamu Nggak Penasaran Lagi, Ini Nih 5 Cara Cowok Move On!

Girls, Biar Kamu Nggak Penasaran Lagi, Ini Nih 5 Cara Cowok Move On!

Gila! Bernyanyi Selama 106 Jam untuk Pecahkan Rekor, Sayang Hasilnya di Luar Dugaan | Keepo.me

Gila! Bernyanyi Selama 106 Jam untuk Pecahkan Rekor, Sayang Hasilnya di Luar Dugaan | Keepo.me

Girls Run The World, Wanita Adalah Pengusaha yang Akan Kuasai Dunia

Girls Run The World, Wanita Adalah Pengusaha yang Akan Kuasai Dunia

Antimainstream, Pria Ini Sukses Bikin Jaket Dari Bahan Bendera  Bekas Kampanye Pemilu | Keepo.me

Antimainstream, Pria Ini Sukses Bikin Jaket Dari Bahan Bendera Bekas Kampanye Pemilu | Keepo.me

Hemmelig Rom, Inspirasi Perpustakaan Kotan yang Dibangun di Tengah Hutan

Hemmelig Rom, Inspirasi Perpustakaan Kotan yang Dibangun di Tengah Hutan

loading