Bolehkah Kita Berolahraga Saat Berpuasa? Beginilah Olahraga yang Tepat Tanpa Takut Dehidrasi

10 Juni 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Banyak yang mengira bahwa berpuasa juga bisa dimanfaatkan untuk diet agar berat badan bisa berkurang. Padahal kalau saat berbuka puasa kita makan makanan dengan jumlah yang banyak seolah-olah balas dendam setelah menahan lapar seharian penuh, berat badan kita justru lebih mudah naik. Oleh karena itu, sebenarnya kita harus tetap sehat ketika berpuasa. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan dan berolahraga. Tapi, pasti muncul pertanyaan: boleh nggak sih kita berolahraga saat berpuasa dan gimana caranya biar nggak lemas?

Perlu kamu ketahui kalau yang namanya berpuasa, tentu kita akan lebih mudah dehidrasi. Sebenarnya boleh-boleh aja kok berolahraga saat berpuasa, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kalau di luar bulan puasa kamu berolahraga berat seperti fitness, main futsal, senam aerobik, atau olahraga berat lainnya kamu harus pertimbangkan seberapa melelahkan olahraga tersebut. Kalau dirasa nggak mampu, kamu bisa beralih ke olahraga yang lebih ringan seperti jogging, renang, atau yoga. Bahkan kamu bisa berolahraga dengan beberes rumah atau sekedar jalan kaki.

Selain pemilihan jenis olahraga, kamu juga bisa memperkirakan durasi dan intensitas olahraga. Seberapa lama sebaiknya kamu berolahraga? Semuanya tergantung dari kemampuan fisik masing-masing. Semakin sering kamu berolahraga maka fisikmu akan semakin kuat. Agar nggak dehidrasi, kamu bisa olahraga selama 15-30 menit sehari. Lebih baik melakukan olahraga sebelum berbuka puasa dan dijadikan ngabuburit. Lagi capek-capeknya kamu bisa langsung buka puasa deh.

Nah, agar puasamu lancar dan tubuh tetap bugar, usahakan untuk minum yang banyak sebelum tidur dan saat sahur. Makan buah yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka, melon, buah naga, jeruk sebelum makan nasi juga sangat dianjurkan. Hal ini akan membuatmu terhindar dari dehidrasi. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung protein tinggi dan karbohidrat saat sahur. Hindari makan makanan yang mengandung banyak garam dan minyak. Kamu juga bisa minum susu untuk menambah energi.

Memang nggak ada larangan dalam berolahraga saat berpuasa. Tapi semuanya harus dipertimbangkan, jangan sampai berolahraga malah membuatmu batal puasa dan melalaikan kewajiban ibadah lainnya. Berolahraga secara teratur akan membuat kamu jadi lebih bugar dalam menjalani puasa lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES