Bikin Terharu, 10 Potret Anjing Liar Sebelum dan Sesudah Diadopsi. Jangan Membuang Piaraan!

04 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Anjing dikenal sebagai salah satu teman terbaik manusia. Dalam iklim seperti apapun, anjing tetap bisa menemani manusia menjalankan tugas tertentu atau sebatas menjadi binatang peliharaan. Tapi nggak semua anjing bernasib baik dan dipelihara oleh manusia serta diperhatikan makanannya, kesehatannya, dan kebahagiaannya.

Ada yang pernah dipelihara, lalu dibuang karena sudah tua, penyakitan, atau bahkan hanya karena ada peliharaan baru. Ada juga yang memang terlahir sebagai anjing jalanan. Dilansir dari BoredPanda, foto-foto anjing liar atau jalanan sebelum dan setelah diadopsi oleh pemiliknya yang sekarang. Bikin terenyuh deh.

1. Jadi di beberapa negara, anjing liar itu akan ditangkap lalu dimasukkan ke penampungan

2. Kondisi di penampungan yaa nggak semuanya bagus. Pertama, tempatnya terbatas. Kedua, anjing-anjing biasanya diletakkan dalam kandang, nggak bisa main-main

3. Lalu makanan dan fasilitas di penampungan juga bisa saja nggak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan anjing-anjing itu

4. Wajar aja kan kalau anjing-anjing di penampungan terlihat sedih. Apalagi beberapa penampungan memiliki kebijakan untuk mengurangi anjing yang ditampung jika dalam rentang waktu tertentu nggak ada yang mengadopsi

5. Anjing liar yang nggak ditampung, keadaannya bisa saja jauh lebih buruk dari itu. Mereka harus cari makan sendiri di jalanan, di tong sampah, rebutan sama anjing yang lain
6. Belum lagi risiko diperlakukan dengan kasar oleh orang-orang yang lewat. Kalau di Indonesia, risiko dibikin sengsu. Karena nggak pernah dimandiin, tubuh mereka juga jadi kotor dan jadi sarang penyakit

7. Nah kalau kamu sekarang punya peliharaan, entah anjing, kucing, atau apapun, plis banget jangan dibuang. Ketika sudah tua, berpenyakit, dan nggak selucu dulu, justru itu saat di mana mereka butuh kamu buat jagain

8. Kamu bisa melihat sendiri perbedaan anjing yang dikurung, yang liar di jalanan, beda banget keadaannya setelah dipelihara: bersih, terawat, matanya bahagia

9. Dan terhadap binatang apapun, jangan menyakiti. Pertama, nggak keren. Kedua, nggak berfaedah. Apalagi kalau cuma mau unggah di media sosial. Dih, kurang perhatian banget ya?

10. Sayangi binatang, karena mereka juga makhluk ciptaan Tuhan. Sama aja sama manusia. Bedanya manusia punya akal. Nah akalnya buat apa? Dipakai dong, buat menciptakan dunia yang baik bagi hewan-hewan di luar sana

Gitu ya, sobat kepo. Lebih bagus lagi kalau kamu mau mengadopsi anjing atau kucing liar dari penampungan hewan di sekitar kota tempat tinggalmu. Sebenarnya hewan-hewan itu juga nggak layak diperjualbelikan. Harusnya sistemnya adopsi aja sih. Tapi ya unttuk sementara kamu bisa memperbaiki kehidupan mereka dengan cara memeliharanya dengan baik di rumah. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES