Bikin Hati Teriris, Kisah Haru dan Aksi Heroik di Balik Serangan Bom di Gereja Surabaya

webcepat.ga

Minggu pagi, serangan bom mengguncang kota Pahlawan, Surabaya. Tak tanggung-tanggung, tiga ledakan terjadi sekaligus di tiga lokasi berbeda, yaitu Gereja Katholik Santa Maria Tak Bercela di Jl. Ngagel Madya, Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jl. Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat di Jl. Arjuna. Ketiga tempat ibadah ini menjadi sasaran aksi terorisme yang menelan banyak korban, yakni 18 korban tewas dan 43 lainnya luka-luka.

Peristiwa ini sungguh membuat negeri bersedih. Terlebih bagi mereka keluarga korban yang ditinggalkan. Namun dari tragedi mengerikan ini, terselip beberapa kisah haru dan heroik yang sungguh memberikan inspirasi bagi kita.

1. Keceriaan kakak beradik Nathanael (8) dan Vincencius Evan (11) sudah tiada

www.tribunnews.com

Pagi berdarah terjadi di Gereja Katholik Santa Maria Tak Bercela, terlebih bagi Wenny (47), ibu dari kakak beradik Vincencius Evan (11) dan Nathanael (8) yang meninggal dalam serangan bom. Evan lebih dulu tiada pada pukul 16.00 WIB setelah melakukan operasi di RS Bedah Surabaya. Kemudian disusul sang adik Nathanael pada pukul 20.12 WIB. Keduanya mengalami kritis dan luka parah.

Susi, kerabat dari Wenny juga bercerita. Tiba di gereja, kedua kakak beradik ini turun dari mobil dan bergandengan tangan berjalan menuju gereja. Namun baru empat langkah, terdapat motor yang mencoba menerobos masuk dari belakang mereka. Tak berselang lama, petaka pun datang dengan ledakan bom yang melukai orang di sekitarnya, termasuk Evan bersama Nathanael. Dan, kita sudah tak lagi bisa melihat keceriaan mereka ketika bergandengan tangan.

2. Satpam Yesayas yang mencoba menghalangi pelaku bom di Gereja Kristen Indonesia

regional.kompas.com

Yesayas, satpam gereja Gereja Kristen Indonesia (GKI) mengalami luka parah setelah menghalangi pelaku bom yang mencoba menerobos masuk. Pelaku berjumlah 3 perempuan bercadar yang memaksa masuk, tapi Yesayas tetap mengalahi hingga salah satu pelaku memeluknya dan bom pun meledak. Pria 45 tahun ini pun terpental dan meronta meminta tolong kepada orang lain yang ada di sana. Tubuhnya dipenuhi dengan luka yang cukup parah, akhirnya warga sekitar membawanya ke rumah sakit.

3. Aloysius Bayu Rendra Wardhana, korbankan nyawanya demi keselamatan orang lain

www.brilio.net

Aksi heroik lain juga dilakukan oleh Bayu, seorang Koordinator Relawan Keamanan Gereja Santa Maria Tak Bercela. Ketika itu, Bayu mencoba melakukan penghadangan kepada pengendara motor pelaku bom bunuh diri. Karena hadangan inilah pelaku tak bisa masuk lebih dalam ke area gereja.

Namun kegagalan ini membuat pelaku langsung meledakkan diri. Malangnya, Bayu harus kehilangan nyawa akibat terkena ledakan. Karena aksinya ini, umat di dalam gereja pun akhirnya selamat. Tak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika tak ada Bayu dan pelaku berhasil masuk. Atas hal ini, para warganet membanjiri lini masa media sosial untuk berbelasungkawa kepada Bayu yang meninggalkan istri dan dua anaknya bernama Aaron dan Alysia yang masih kecil.

Itulah tadi kisah haru dan heroik dari peristiwa ledakan bom di tiga gereja Surabaya. Kejadian ini begitu menyayat hati dan membuat kita semua bersedih. Bahkan, ledakan lain juga terjadi malamnya di Sidoharjo. Ini adalah tindakan biadab, bahkan pelaku mengajak anak-anaknya dalam melakukan aksi teror ini. Sungguh di luar batas kemanusiaan kita. Semoga aparat segera menyelesaikan dan keluarga korban diberi kekuatan. #PrayForSurabaya #PrayForIndonesia #KamiTidakTakut

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Alasan Umum Mengapa Sebagian Orang Malah Menyesal Setelah Menikah

7 Alasan Umum Mengapa Sebagian Orang Malah Menyesal Setelah Menikah

Pengen Sehat Tapi Mager Ngapa-ngapain? Tenang, 5 Cara Ini Akan Nolong Kamu!

Pengen Sehat Tapi Mager Ngapa-ngapain? Tenang, 5 Cara Ini Akan Nolong Kamu!

8 Hal Ini Mitosnya Bisa Bikin Batal Puasa. Beneran Nggak ya?

8 Hal Ini Mitosnya Bisa Bikin Batal Puasa. Beneran Nggak ya?

Siapkah Kamu Menikah? Yuk Kenali Tanda-tandanya Biar Nggak Salah Langkah

Siapkah Kamu Menikah? Yuk Kenali Tanda-tandanya Biar Nggak Salah Langkah

Suka Grogi dan Malu? Pupuk Percaya Dirimu dengan 7 Cara Mudah Ini, Girls!

Suka Grogi dan Malu? Pupuk Percaya Dirimu dengan 7 Cara Mudah Ini, Girls!

Terkenal Suka Baper, Inilah 10 Fakta  Menarik Tentang Si Pemilik Zodiak Taurus

Terkenal Suka Baper, Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Si Pemilik Zodiak Taurus

loading