Biaya Pernikahan Emang Nggak Sedikit, Kalau Budgetmu Terbatas, Coba Lakuin 7 Hal Ini!

27 Oktober 2017
|Mega Fitriyani
3.3 KSHARES

Menikah merupakan salah satu impian dari kebanyakan pasangan, yang memang harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari kesiapan mental hingga biaya pernikahan yang akan dikeluarkan. Namun, berbagai kendala membuat banyak pasangan, tidak dapat melangsungkan pernikahan secepat harapan mereka. Kebanyakan masalah datang dari sisi finansial, di mana banyak pasangan yang belum memiliki dana yang cukup untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Namun, hal itu bisa disiasati kok, asalkan kamu pintar-pintar mengatur strategi. Nah, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memangkas biaya pernikahan kamu! 

1. Cara paling mudah menghemat biaya pernikahan adalah dengan aripada mengadakan resepsi di rumah

Salah satu komponen biaya pernikahan yang cukup besar adalah sewa gedung. Bagi kamu yang memiliki halaman cukup luas, kamu bisa menikah di rumah saja. Dengan cara ini, kamu bisa memangkas biaya puluhan juta rupiah yang seharusnya digunakan untuk menyewa gedung, sehingga dapat kamu alokasikan di tempat lain, misalnya untuk katering maupun dekorasi. Jika kamu tidak memiliki halaman yang cukup luas, kamu bisa meminjam aula kelurahan, aula pertemuan, atau tempat-tempat lain di sekitar tempat tinggalmu yang membutuhkan budget minim. 

2. Cari penyedia sewa dekorasi, kursi, dan peralatan lain yang berada dekat dengan lokasi pernikahan

Menyewa peralatan dekorasi, kursi, dan peralatan-peralatan lain yang dibutuhkan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Biaya yang dibutuhkan cukup besar, sampai puluhan juta. Pastikan kamu memilih yang sesuai kebutuhan, tidak harus mewah, namun cukup enak dilihat dan mampu memfasilitasi seluruh tamu undangan. Pilihlah lokasi penyewaan yang dekat dengan lokasi resepsi sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengiriman. 

3. Carilah souvenir dan undangan dengan harga terjangkau namun unik

Souvenir dan undangan adalah dua hal yang sepertinya kecil namun jika kamu tanpa perhitungan membeli dua jenis benda tersebut, biaya pernikahanmu dapat melonjak drastis. Sebab, jumlah souvenir dan undangan memang tidak sedikit. Paling tidak, kamu harus membeli ratusan item. Untuk souvenir dan undangan, usahakan kamu hanya mengeluarkan biaya kurang dari 2000 rupiah per itemnya. Souvenir yang murah bisa kamu dapatkan di pasar-pasar aksesoris, misalnya Pasar Asemka Jakarta. Undangan yang murah juga dapat kamu peroleh dengan cara selektif memilih percetakan.

4. Daripada menyewa jasa katering, minta bantuan saja kepada saudara dan tetanggamu untuk memasak

Pilihan ini dapat membantu kamu banget, lho. Selain dapat menghemat jumlah biaya pernikahan untuk makanan tamu, kamu juga bisa mempererat hubungan kekeluargaan kalian dengan acara masak bersama.

5. Carilah jasa tata rias, pembawa acara, dekorasi, dan sewa baju dalam satu paket

Banyak penyedia jasa tata rias yang menyediakan paket pernikahan. Keuntungan menggunakan paket pernikahan adalah kamu bisa mendapatkan berbagai hal dengan harga yang jauh lebih murah. Jika kamu menyewa pakaian pesta saja misalnya kamu harus mengerluarkan 2 juta rupiah, dengan paket pernikahan, kamu bisa memperoleh jasa rias, pakaian, dekorasi pengantin, bahkan pembawa acara dalam angka kisaran harga 10 juta. Jika menyewa sendiri-sendiri, kamu mungkin perlu mengeluarkan uang hingga dua kali lipatnya.

6. Cukup undang orang-orang terdekatmu

Cara ini adalah yang paling efektif untuk memangkas biaya pesta. Sedikit mengundang orang berarti kamu akan mengeluarkan biaya yang sedikit pula untuk konsumsi, undangan dan souvenir. Lagipula, mengundang orang-orang terdekat justru akan membuat pesta pernikahanmu terasa lebih sakral, lho. 

7. Daripada menyewa jasa fotografer, minta saja temanmu untuk mendokumentasikan pesta pernikahan kalian

Jasa fotografer profesional cukup mahal, bisa mencapai angka jutaan hingga puluhan juta rupiah. Padahal, kamu bisa saja meminta kerabat dekat yang memiliki kemampuan fotografi untuk mendokumentasikan pesta pernikahan kalian. Cukup sediakan kamera dengan kualitas yang baik, dan sedikit ucapan terima kasih, dan souvenir, mungkin uang lelah, kamu bisa mendapatkan dokumentasi yang tidak kalah lengkap dan baik daripada fotografer profesional. 

8. Jika sewa untuk hiburan terlalu mahal, poin ini boleh disingkirkan, kok

Hiburan biasanya diberikan pada saat pesta berlangsung untuk memeriahkan acara. Jika budgetmu terbatas, hal ini bisa kamu hilangkan. Kamu cukup mengundang pembawa acara yang menarik, dan dapat menyebarkan atmosfer penuh semangat dan keceriaan. 

Nah, itu dia tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ongkos biaya pernikahan. Gimana? Nggak perlu pusing lagi, kan? Sebenarnya, yang kamu butuhkan adalah riset yang mendalam mengenai harga vendor-vendor pernikahan dan skala prioritas mengenai apa yang harus ada dan tidak di pesta pernikahan. Pangkas segala ornamen pernikahan yang menurutmu tidak esensial, maka biaya pernikahan pun dapat menyesuaikan budgetmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
3.3 KSHARES