Biar Sepatu Lamamu Kelihatan Kinclong Kayak Baru Lagi, Trik-Trik Ini Patut Dicoba!

02 Mei 2018
|Idham Nur Indrajaya

Dalam film Wonder yang baru dirilis tahun kemarin, ada dialog yang mengatakan, “kau bisa mengetahui seseorang dari sepatunya”. Meski kita menggunakannya di titik terbawah pada tubuh kita, sepatu memang kerap kali mencerminkan pribadi kita. Namun, terlepas dari apapun jenis sepatu yang kamu pakai, kalau terlihat sudah belel dan warnanya sudah tidak karuan, bisa saja kamu dianggap sebagai orang yang kurang baik dan rapih. Di sisi lain, bisa saja sepatu itu adalah sepatu kesayangan yang enggan kamu buang. Nah, agar sepatu lama terlihat baru, atau sepatu baru tidak kunjung usang, coba deh terapkan trik-trik di bawah ini!

1. Gunakan lilin

Salah satu penyebab sepatu terlihat usang adalah karena sering kena air. Biasanya sih gara-gara kehujanan. Nah, agar sepatu kamu menjadi water-proof, dalam selang beberapa minggu kamu bisa mengoleskan lilin cair di permukaannya. Kalau lagi musim hujan, trik ini kepake banget!

2. Cara untuk memperbesar sepatu yang sudah kesempitan

Seiring dengan pertumbuhan kaki kamu, tentunya sepatu yang biasa kamu pakai pun bisa menjadi terasa sempit. Untuk memperluas area bagian dalam sepatu, kamu bisa mengisi air ke dalam plastik zip-lock dan memasukkannya ke dalam sepatu. Setelah itu, simpan sepatu kamu dalam freezer. Saat airnya membeku, otomatis bagian dalam sepatu pun akan melebar dan kamu nggak perlu khawatir bakal kesempitan lagi. Perlu diingat bahwa trik ini tidak berlaku secara signifikan. Jadi, kalau sepatumu sudah kesempitan banget, trik ini nggak berlaku ya.

3. Membersihkan kotoran pada sepatu berbahan fabric

Sepatu berwarna cerah biasanya akan lebih rentan terlihat kotor. Terkadang, hanya dengan menyikatnya saja pun tidak cukup. Untuk menghilangkan kotoran pada sepatumu, cobalah gunakan baking soda yang dicampur dengan cairan hydrogen peroxide (cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga dan mengobati luka) dan air. Setelah itu, sikatkan campuran ketiga bahan itu dengan menggunakan sikat gigi bekas.

4. Membersihkan karet pada sneakers

Untuk membuat bagian karet pada sneakers kamu bisa terlihat kinclong lagi, gunakanlah penghapus karet. Memang terdengar aneh, tapi penggunaan penghapus karet bisa dijamin keampuhannya loh!

 

5. Membuat sepatu kulit terlihat seperti baru

Sepatu berbahan kulit biasanya akan lebih cepat terlihat usang jika terlalu sering terkena air. Untuk membuat kulitnya terlihat seperti baru lagi, campurkanlah air dan cuka dalam porsi yang setara. Setelah itu, sikat sepatu kulit kamu dengan campuran kedua bahan tersebut.

6. Menghindari jamur akibat sepatu basah

Kalau sedang musim hujan, biasanya wajar saja jika bagian dalam sepatu kamu kemasukan air. Kalau misalnya didiamkan saja, air di bagian dalam sepatu akan membuat udara di sana menjadi lembap dan rentan menimbulkan jamur. Untuk menghindari hal ini, taruhlah sepatu kamu secara terbalik atau gunakan koran bekas dan sumpalkan ke dalam bagian dalam sepatu untuk menyerap air.

7. Menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu

Sepatu olahraga yang menyimpan keringat kita biasanya akan lebih rentan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tidak menyenangkan itu, taruhlah sekantung teh pada bagian dalam sepatu atau kamu juga bisa menaburkan bubuk kopi hitam.

8. Membuat sepatu kulit terlihat mengkilap tanpa menggunakan semir

Bahannya cukup sederhana, yaitu pisang! Oleskan kulit pisang pada sepatu kulitmu. Setelah itu, lap semua bagian yang sudah dioleskan pisang dan lihat perbedaannya.

9. Cara menghilangkan bekas goresan pada sepatu

Biasanya goresan akan tercipta jika sepatu kamu sering beradu dengan benda lain. Untuk mengurangi penampakan bekas goresan, gunakanlah cairan acetone yang dibubuhkan pada kapas pembersih telinga dan gosokkan pada bagian yang tergores.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada sepatu kamu agar terlihat seperti baru lagi. Oh iya, perlu diingat bahwa trik-trik di atas mungkin tidak akan selalu berhasil karena khasiatnya tetap bergantung kepada sejauh mana kerusakan yang terjadi pada sepatu kamu. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES