Biar Semangat Belajar, Simak Nih Kutipan Inspiratif Tentang Pendidikan

25 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Pepatah "Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina" ada bukan tanpa maksud. Pepatah ini menyiratkan betapa pendidikan sangat penting bagi kehidupan sosial manusia. Dengan pendidikan, kita akan menjadi manusia lebih berguna, minimal untuk diri sendiri atau syukur bisa berguna untuk orang lain. Karena pendidikan akan membuat kita belajar menjadi manusia yang lebih berlogika dan mampu memanusiakan manusia lainnya.

Itulah mengapa belajar tak boleh berhenti ketika usia sekolah sudah lewat. Belajar harus terus dilakukan, hingga kapanpun. Karena belajar tak harus selalu di sarana formal, tapi juga bisa dari kehidupan sehari-hari. Seperti kutipan inspiratif dari para tokoh Indonesia ini.

1. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai bapak pendidikan di Indonesia. Makanya, sudah pasti beliau memiliki kutipan inspiratif tentang pendidikan. Kutipannya pun sudah diketahui semua orang. Bahkan dipakai sebagai semboyan pendidikan di Indonesia. Berikut ini kutipannya.

"Ing ngarsa sing tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani"

2. Soekarno

Soekarno memang sosok yang penuh karisma. Setiap kalimat yang diucapkannya mampu menggetarkan hati. Maka dari itu, Presiden pertama Republik Indonesia ini pun turut berpesan tentang pendidikan buat generasi muda. Ini dia kutipannya.

"Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tetapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya"

3. Muhammad Hatta

Rekan seperjuangan Soekarno, Muhammad Hatta, juga punya kutipan inspiratif tentang pendidikan. Nggak hanya mengedepankan nilai pendidikan, nilai kejujuran pun dijunjung tinggi. Beginilah bunyi kutipannya.

"Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cekatan dapat diperbaiki dengan pengalaman, tetapi kurang jujur sulit memperbaikinya"

4. R.A. Kartini

Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Ia mencurahkan segala hidupnya untuk membela kaum wanita. Tak cukup sampai di situ, R.A. Kartini juga menuliskan pesan pendidikan untuk bangsanya. Berikut ini bunyi kutipan dari Kartini.

“Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat, tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja. Lebih-lebih dari rumahlah kekuatan mendidik itu harus berasal”

5. Tan Malaka

Tan Malaka merupakan salah satu tokoh yang ikut berjuang memerdekakan republik ini. Tan Malaka juga memiliki padangan tentang pendidikan yang wajib disimak. Inilah kutipan inspiratif dari Tan Malaka.

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memeperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan”

6. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid merupakan salah seorang ualam senior yang pernah dimiliki Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Maka dari itu, sudah barang tentu mengobarkan semangat belajar menjadi salah satu tugasnya. Berikut ini adalah tuturan yang diucapkan Gus Dur.

“Semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin besar rasa toleransinya”

7. Widji Thukul

Dari kalangan sastrawan juga ada nih yang punya kutipan inspiratif. Seorang penyair sekaligus aktivis, Widji Tukul, pernah mengutarakan pesan pendidikan. Bunyinya seperti ini.

“Kamu calon konglomerat ya. Kamu harus rajin belajar dan membaca. Jangan ditelan sendiri, berbagilah dengan teman-teman yang tak mendapat pendidikan”

8. Pramoedya Ananta Toer

Selain Widji Thukul, Pramoedya Ananta Toer, juga memberikan kutipan inspiratif terkait pendidikan.  Pram, begitu sapaan akrabnya, memang dikenal sebagai salah satu sastrawan Indonesia yang cerdas. Makanya, beliau ingin menularkan kecerdasannya. Seperti inilah bunyi dari kutipannya.

“Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan”

 

Setelah membaca kutipan inspiratif tentang pendidikan sudah seharusnya kita jadi semangat belajar. Jangan loyo, ayo kembangkan prestasimu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES