Biar Nggak Salah Jurusan, Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Mendaftar Kuliah

10 Maret 2018
|Chandra W.
240SHARES

Kuliah adalah salah satu tahap paling penting dalam kehidupan manusia. Saat kuliah kita ditempa untuk jadi manusia yang nggak hanya pandai berpikir dan berbicara, tetapi juga menjadi menjadi manusia yang memanusiakan sesamanya. Kuliah juga menjadi bekal seseorang sebelum pada akhirnya harus terjun ke masyarakat. Masalahnya, nggak semua orang bisa benar-benar mengerti jurusan apa yang harus diambil. Padahal ini sangat menentukan bagaimana ia akan berperan kelak. Biar nggak salah jurusan, ada baiknya kamu mempertimbangkan tiga hal berikut ini sebelum memutuskan mendaftar.

1. Pertama, kenali potensi dan bakat yang kamu punya

Bakat itu bukan berarti bawaan lahir juga ya. Bakat itu sesuatu yang terus menerus dilatih. Misalnya, sejak SMP dan selama SMA kamu ikutan PMR dan suka banget sama semua yang berbau sains dan kesehatan, juga punya prestasi terkait bidang tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk Kedokteran dan/atau Ilmu-ilmu Kesehatan lainnya. Bakat yang lainnya misal menulis, olahraga atletik, dan lain-lain.

2. Kedua, cari tahu minatmu terhadap sesuatu. Yang paling kamu minatin apa?

Bahasa kerennya sih, passion. Minatmu terhadap suatu hal dan kemauanmu untuk terus menerus mempelajarinya penting banget. Kuliah itu artinya antara tiga sampai empat tahun kamu akan mempelajari satu bidang ilmu khusus. Kalau bosan di tengah-tengah, masa iya mau mundur? Kan udah bayar, sayang biayanya. Sayang waktunya juga kalau harus memulai dari awal. Nah passion ini kadang berubah tergantung dari pengaruh lingkungan sekitarmu. Coba ditelaah dulu lebih dalam, kamu paling ingin mempelajari apa?

3. Ketiga, kenali kepribadianmu

Ini juga nggak kalah penting, atau malah bisa dibilang paling penting. Mungkin minat dan bakatmu sudah sejalan, tapi belum tentu kepribadianmu fit in dengan jurusan yang kamu pilih. Ini juga berpengaruh terhadap pekerjaan yang kamu tekuni setelah kuliah.

Memang sih, banyak orang yang bekerja nggak sesuai dengan jurusannya waktu kuliah, tapi bukankah lebih baik jika semua berjalan seirama? Kalau kamu sudah berhasil menggabungkan ketiga faktor tadi, dijamin deh kamu nggak bakal salah jurusan dan salah pekerjaan. Jadi, mau masuk jurusan apa nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
240SHARES