Biar Nggak Nyesel, Lakukan 7 Perubahan Hidup Ini Jelang Usia 30an!

01 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Saat kamu berusia 20-an tahun, pasti kamu suka melakukan banyak hal tanpa perlu memikirkan seperti apa akibatnya, atau yang sering dibilang “lakukan dulu, pikir belakangan,” benar? Wajar saja kalau kamu berpikir seperti itu, karena ini sudah menjadi bagian dari masa transisi dan proses menuju ke usia matang.

Namun ketika usiamu mulai bertambah, kamu bakal mulai berpikir panjang ketika ingin melakukan sesuatu, dan jelang usia 30 tahun, rasanya adalah waktu paling ideal untuk kamu melakukan sebuah perubahan dalam hidupmu sendiri. Lalu perubahan hidup seperti apa?

1. Mulailah peduli dengan kesehatanmu.

Kalau kamu merokok, berhentilah sekarang. Kalau kamu tidak pernah olahraga, bergeraklah sekarang. Dan jika kamu suka begadang, mulailah tidur tepat waktu. Tiga hal sederhana ini bisa manjadi langkah pertama kamu untuk memperbaiki hidup ke arah yang lebih baik.

Pasti ini juga tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun kamu bisa menumbuhkan motivasi terlebih dahulu dengan memikirkan efek positif apa yang akan kamu dapatkan nanti. Terlebih kesehatan bisa menjadi investasi di masa depan, apalagi ketika kamu sudah berkeluarga. Pasti kamu juga nggak ingin melihat anakmu tumbuh, tapi dengan kondisi kesehatan kamu yang kurang baik.

2. Mulailah menabung, sisi finasial bisa menjadi ‘jaminan’ di kehidupanmu mendatang.

Menabung adalah kata yang sering diucapkan banyak orang dan terkadang terdengar sepele. Padahal hal kecil ini bisa menjadi sesuatu yang besar di hidupmu nanti. Jangan memikirkan soal berapa nilai yang ingin kamu tabung. Tak harus dengan jumlah yang besar juga kok, tapi kuncinya adalah konsisten. Misalnya, kamu menyisakan Rp 500 ribu setiap bulan dari gaji kamu, jika dikalikan dalam 1 tahun, ini sudah mencapai Rp 6 juta. Lumayan bukan?

3. Mulailah mengejar mimpimu dari sekarang, jangan lagi membuang waktu!

Jangan lagi menunda dan jangan lagi katakan “nanti”. Mewujudkan impian tidak cukup 1 atau 2 tahun saja, bisa lebih dari itu. Mungkin impianmu juga banyak, ada baiknya kamu mulai memilih salah satu untuk menjadi prioritas – entah itu menulis buku, beli rumah, membangun bisnis, dan sebagainya. Jika kamu sudah memiliki satu pilihan, pasti juga mudah bagi kamu untuk fokus mencapainya.

4. Cobalah menulis jurnal kehidupan dan jadilah inspirasi bagi orang lain.

Percaya atau tidak, cara ini bisa mengurasi tingkat stres seseorang. Kamu bisa menulisnya di blog dan coba tuangkan cerita kehidupanmu di dalamnya. Selain mengurangi stres, hal ini juga bisa memberi inspirasi dan memotivasi untuk orang lain. Sangat mulia bukan memberikan sesuatu yang positif kepada orang ain? Terlebih di zaman seperti sekarang ini.

5. Belajar untuk bahagia!

Ini adalah tentang bagaimana kamu bisa menghargai diri sendiri sekaligus bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Ini bukanlah tentang harta atau materi, melainkan pengalaman dan hubungan yang kamu miliki bersama teman maupun keluarga.

Tak hanya itu saja, berhenti pula membandingkan hidupmu dengan orang lain, ini akan membuatmu terhambat untuk lebih maju. Lebih baik lakukan evaluasi dan pikirkan langkah langkah apa yang perlu kamu ambil untuk hidupmu.

6. Berhenti mencoba untuk memuaskan semua orang.

Jangan pernah melakukan hal ini dan memaksakan dirimu untuk memuaskan semua orang. Tak usah khawatir jika lingkaran pertemanan kamu makin mengecil, tapi itu bisa menjadi lebih berkualitas. Mungkin kamu bisa memulainya dengan unfollow beberapa teman di media sosial - bertemanlah dengan orang-orang yang bisa membuatmu lebih berkembang dan merasa bahagia.

Selain itu, berhentilah untuk mencoba selalu baik kepada semua orang. Ini hanya akan membuatmu stres saja, karena sebaik apa pun kamu, pada akhirnya selalu ada orang yang tidak suka dengan kamu.

7. Belajar memaafkan, untuk diri sendiri dan orang lain.

Bisa dikatakan, memaafkan diri sendiri adalah kunci untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan. Sebab, orang yang mencintai diri sendiri mampu melihat kelemahan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Lali maafkan juga semua orang yang membencimu atau yang tidak kamu sukai. Maafkan mereka semua secara tulus, jika kamu bisa melakukan hal ini, niscaya kamu akan merasakan kebahagiaan batin dan menemukan makna hidupmu sebenarnya.

Ingat, semua yang kamu harapkan ke depan adalah bagaimana kamu memperlakukan diri sendiri hari ini. Apa yang kamu lakukan sekarang adalah cerminan masa depan. Jadi jangan pernah lelah untuk mencoba menjadi lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES