Biar nggak Nakal, Ini 5 Kesalahan Mendidik Anak Remaja yang Sering Dilakukan

11 April 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Tentu saja remaja bukanlah anak kecil lagi. Tapi mereka juga belum bisa dikatakan dewasa. Oleh karena itu, ini menjadi tugas orangtua dalam mendidik anak mereka. Biasanya ketika remaja, mereka sudah melakukan berbagai hal seperti pergi kencan, suka pulang malam, pergi dengan motor sendiri, dan lainnya. Mereka memang sedang mencari jati diri dan masih labil. Itulah mengapa, para orangtua harus tahu kesalahan mendidik anak remaja yang bisa bikin anak jadi nakal.

1. Memberi harapan negatif

Ketika anak melakukan sesuatu yang itu bukan menjadi harapan orangtua, jangan memberikan bentuk kekecewaan atau harapan negatif pada anak. Ini bisa memperburuk anak dalam berperilaku. Jadi orangtua harus selalu support kepada anaknya, apa pun itu. Selama hal itu positif, berikan dorongan agar dia menjadi lebih baik lagi dan lagi.

2. Mendidik anak berdasarkan dari buku

Tak sedikit orangtua yang membaca buku untuk mencari cara dalam mendidik anak. Sebenarnya ini juga kurang tepat (sekalipun dalam buku tersebut isinya sangat bagus). Sebab, orangtua harus menyadari bahwa anak satu dengan yang lainnya sangat berbeda, termasuk dalam mendidiknya. Jika satu cara bisa diterapkan kepada anak lain, belum tentu anak Anda bisa menerima cara tersebut. Jadi jangan lagi menggunakan buku sebagai pegangan dalam mendidik anak.

3. Terlalu memusingkan hal-hal kecil

Misalnya, masalah gaya potongan rambut atau pakaian yang dia pilih. Mungkin orangtua bisa tak setuju dengan hal tersebut, dinilainya kurang bagus dan lainnya. Tapi sebaiknya, orangtua membiarkan dia mengambil keputusannya sendiri agar bisa tahu risikonya. Cobalah memberi dia peluang dalam membuat putusan untuk dirinya sendiri. Ini juga menjadi momen agar anak bisa bejalar banyak hal. Jika orangtua melarangnya, sama saja dia kehilangan kesempatan berharga untuk belajar realitas dalam kehidupan.

4. Jangan mengabaikan hal-hal yang besar

Jika orangtua menduga anak melakukan berbagai hal negatif seperti alkohol, narkoba, dan lainnya, Anda jangan diam saja (meskipun itu baru dugaan). Apalagi jika Anda menemukan berbagai pil-pil asing di rumah, atau botol-botol obat kosong yang tidak Anda ketahui di dalam tempat sampah. Segeralah ambil tindakan sebelum anak Anda terjerumus lebih jauh.

5. Kurang/terlalu disiplin dalam mendidik anak

Tak sedikit orangtua yang suka memberi hukuman kepada anak ketika melakukan kesalahan. Atau, menghindari hal ini karena takut kalau anak kabur akan dari rumah dan sebagainya. Tapi sebenarnya keduanya salah. Lalu orangtua harus bagaimana?

Perlu diketahui bahwa mendidik anak terlalu disiplin bisa membuat dia kaku. Sehingga dia akan kehilangan kesempatan untuk belajar dan berkembang menjadi pemimpin. Namun kalau terlalu longgar juga tidak baik, karena anak tetap membutuhkan aturan dan struktur dari orangtuanya agar bisa menjalani hidup lebih baik, terlebih ketika di dunia luar seperti merantau.

Itulah tadi sedikit banyak yang perlu orangtua ketahui dalam mendidik anak. Jadilah orangtua yang berwibawa dalam melakukan pendekatan kepada anak. Memang ini tidak gampang dan butuh ketrampilan tertentu. Apalagi setiap anak membutuhkan cara yang berbeda-beda.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES