Biar Nggak Letoi Saat Bekerja, Ini Teknik Tidur yang Tepat Untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

24 Juni 2018
|M.A
120SHARES

Orang yang bekerja pasti pernah mengalami masalah ini: susah tidur. Siapa sangka ternyata bukan hanya pekerjaan yang bikin susah tidur, ternyata hal ini juga mampu mempengaruhi kinerjamu di tempat kerja lho. Situs Forbes melaporkan, mereka yang tidak memiliki jam tidur yang cukup dapat memengaruhi kinerja saat bekerja baik secara cepat atau lambat.

Beberapa masalah kinerja  pun terjadi karena kurangnya tidur sehingga tenaga, kesehatan dan kebersihan mereka di kantor jadi terganggu. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa kerja maksimal melalui tidur yang “sehat” juga? Berikut ini teknik tidur yang baik untuk kamu yang suka kerja sampai larut malam.

1. Tidur 7 sampai 9 jam setiap hari

Tidur yang baik adalah 7 sampai 9 jam. Sehingga kalau kamu tidak punya waktu tidur yang cukup, siap-siap kinerjamu akan ikut terpengaruh juga. Buatlah jadwal tidur yang tetap setiap harinya dan pasang alarm untuk memastikan kamu memiliki waktu tidur yang pas, nggak kurang dan nggak berlebihan pula.

2. Tinggalkan perangkat elektronik seperti telepon genggam satu jam sebelum tidur

Matikan dan letakkan gawaimu di suatu tempat jika kamu selalu tergoda ingin membuka perangkat elektronik. Letakkan dalam mode airplane jika perlu. Intinya, kamu harus letakkan perangkat elektronik jauh dari hadapanmu. Mengapa ini perlu? Karena untuk mengurangi efek REM sleep (tidur dengan gerakan mata yang acak) karena paparan sinar blue light dari gawaimu.

3. Memperbaiki ulang siklus tidurmu

Jika kamu sering bepergian atau punya siklus tidur yang terbalik karena kesibukan atau jet lag, maka siap-siaplah untuk mengatur ulang jam tidurmu sehingga kamu bisa bekerja  dengan lebih produktif.

4. Berinvestasi teknologi pembantu tidur

Investasi pada teknologi pembantu tidur seperti alat pengawas tidur, alat akustik, dan aplikasi pernafasan. Jika kamu masih punya masalah serius dengan tidur, coba konsultasikan ke dokter. Pasalnya, meski mahal dan membuat skeptis, tapi teknologi ini akan sangat membantu kamu yang punya masalah tidur.

5. Meditasi sebelum tidur

Meditasi sebelum tidur mampu melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidurmu berdasarkan studi Harvard. Seberapa sering kamu mengalami masalah dengan pikiranmu sampai kamu tidak bisa tidur? Masalah ini bisa sedikit teratasi dengan melakukan meditasi. Berfokuslah pada satu tujuan atau kata seperti 'damai', 'tenang' atau 'bahagia' dan lanjutkan dengan pernapasan yang khidmat. Setelahnya, tidurmu pasti akan lebih nyenyak dan berkualitas. Asiknya lagi, meditasi itu gratis dan bisa kamu lakukan di mana saja!

Ingatlah, tidur dengan waktu yang cukup sangat penting. Nggak cuma untuk kesehatan tubuh dan mental, tapi juga untuk produktivitasmu di tempat kerja. Tidurlah dengan baik, keesokan harinya kamu akan berterima kasih karena harimu di kantor akan terasa jauh lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
M.A
Gak Punya Quote Nih!
120SHARES