Biar Nggak Habis Sebelum Project Baru, Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Freelancer

20 Mei 2018
|Chandra W.
1.2 KSHARES

Bekerja sebagai freelancer memang menyenangkan. Waktu bisa diatur sendiri, tak ada jam kantor, tak harus selalu bangun pagi, jauh dari politik kantor, semuanya serba ditentukan sendiri. Nggak enaknya, pemasukan kita tidak tetap. Berbeda dengan pegawai kantoran yang gajian pada tanggal yang sama setiap bulan, freelancer harus dapat menyiasati pengeluaran bulanan karena selain pemasukan yang tak tetap, proyek juga belum tentu lancar. Biar nggak habis pada pertengahan bulan, lakukan hal-hal di bawah ini!

1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Karena pendapatan tidak menentu, kamu perlu mencatat sebaik-baiknya catatan pemasukan dan pengeluaran. Jika sudah lebih dari setahun menjadi freelancer, kamu bisa melihat rata-rata pendapatan per bulan berapa dan pengeluaran berapa sehingga dapat melakukan perbandingan dan perencanaan keuangan yang lebih baik. 

2. Buat rekening tabungan terpisah dari tabungan bisnis

Tabung 20-30% dari setiap pendapatan di rekening terpisah. Dengan cara ini, diharapkan kamu akan tetap bisa 'hidup'. Gunakan hanya ketika butuh ya. Selain untuk cadangan biaya hidup, tabungan ini juga kelak dapat digunakan sebagai dana darurat. Prioritaskan kebutuhan pokok seperti makan, bayar sewa kos, listrik, pulsa dan sebagainya. Setidaknya alokasikan 50% dari setiap penghasilan yang masuk untuk kebutuhan pokok. Sisanya, bolehlah untuk jajan dan menghibur diri. 

3. Memilih projek yang sesuai dan menghasilkan

Sesuai dengan kapabilitas dan sesuai juga bayarannya. Jangan sampai kamu rugi karena keluar banyak modal, ternyata uang yang masuk sedikit. Selektiflah dalam memilih klien, buat perjanjian yang jelas. 

4. Jangan mudah tergoda dengan promo dan diskon

Baik kamu freelancer maupun pegawai kantoran, sebenarnya gaya hidup hemat harus selalu diterapkan. Terutama pas baru terima upah /gaji. Jangan langsung tergiur untuk membeli semua yang kamu inginkan. Ingat, kamu masih harus bertahan hidup sampai waktu yang ditentukan atau minimal sampai akhir bulan. Diskon memang menggoda, tapi percayalah semua itu fana karena harganya sudah dinaikkan sebelum didiskon. 

Dengan melakukan hal-hal di atas, pasti kamu bisa lebih hemat dan selamat dalam keuangan. Nggak ada lagi tuh perut melilit padahal belum bayaran dan harus menghutang sama teman atau keluarga. Selamat bekerja, freelancers


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
1.2 KSHARES