Biar Nggak Dikutuk Penjual, Begini Lho Etika Yang Wajib Dipatuhi Saat Belanja Online!

06 Mei 2018
|Ojik
63SHARES

Zaman sekarang dengan teknologi yang semakin maju, kegiatan jual dan beli pun merambah ke dunia online. Saat ini kita tak perlu susah payah lagi dan menghabiskan banyak tenaga untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan scroll dan searching kita akan mendapatkan barang yang kita inginkan.

Namun selayaknya sesuatu yang memiliki resiko, kegiatan belanja online juga memiliki resiko tersendiri. Jika kamu pembeli, maka kemungkinan paling pahit yang bisa kamu dapatkan adalah tertipu. Baik dengan barang yang ingin kamu beli tapi tak sama ketika sampai, atau pun benar-benar ditipu dengan barang yang tak pernah dikirimkan ke kamu. Namun, jika kamu penjual, hal paling lazim yang akan kamu temui ketika berjualan online adalah pembeli yang kabur setelah kamu dengan lelah meladeninya. Pembeli yang banyak bertanya, lalu cerewet ketika tak dibalas, dan hilang ketika ditanya kepastian, sudah pasti jadi makananmu ketika berjualan online.

Belum lagi dengan pembeli cerewet yang harus kamu hadapi ketika barang yang sudah kamu kirim tapi belum sampai. Duh, rasanya pasti banyak-banyak istighfar deh. Nah, buat kalian semua nih, biar kita sama-sama enak, dan juga penjual merasa aman. Lebih baik kita perhatikan etika belanja online yang seharusnya kita jalankan. Biar sama-sama enak, berikut yukepo kasih tau etika belanja online yang wajib dipatuhi.

1. Sabar

Tak hanya penjual yang harus sabar ketika meladeni kita sebagai pembeli. Agar kita dapat diladeni dengan sangat baik, kita juga harus sabar ketika belanja online. Jika toko online penyedia barang yang ingin kamu beli merupakan toko yang cukup terkenal secara kualitas, dan keamanannya pasti toko ini akan meladeni banyak calon pembeli. Mengertilah bahwa mereka pasti akan meladeni setiap pembeli tersebut. Tak perlu mengirimkan chat berulang-ulang agar chat mu dibalas, cukup tunggu mereka dan kasih admin toko tersebut waktu agar dia dapat melayanimu dengan baik.

2. Jangan langsung menghilang

Jika kamu ingin sekedar bertanya kepada penjual tentang barang yang mereka jual, lebih baik kamu jujur dari awal. Jangan sampai kamu memang terkesan berniat membeli barang tersebut, dan ketika kamu mengurungkan niat itu, kamu langsung saja menghilang.  Atau jika memang kamu awalnya ingin membeli, tapi di tengah jalan tiba-tiba niatmu untuk membeli hilang, lebih baik kamu jujur sehingga kamu tidak memberikan harapan palsu kepada penjual tersebut.

3. Jangan cerewet

Menanyakan tentang kepastian barang sudah pasti diperbolehkan, namun jangan sampai kamu terlalu cerewet kepada penjual. Mengertilah bahwa mereka hanya memiliki 2 jempol untuk membalas chat dari kamu, dan pembeli mereka bukan hanya kamu. Santai saja, jika memang pembeli tersebut terpercaya, dan kamu sudah memastikannya dari awal, pasti barang yang kamu beli akan sampai.

4. Ucapkan terimakasih

Mungkin terkesan sepele dan sederhana, tapi dengan begini kamu akan memberikan sedikit apresiasi yang mungkin berarti buat penjual. Biasakan setiap kamu chat ucapkan terimakasih, sehingga admin yang berinteraksi dengan kamu juga merasa senang untuk meladeni kamu.

5. Kasih testimoni

Jika barang kamu sudah sampai dengan selamat, jangan lupa beri testimoni kepada penjual. Ini akan sangat berarti buat mereka, mengingat bisnis online ini berdasarkan dari kepercayaan yang dipupuk dan dijaga. Kalau kamu sudah memberi testimoni, pasti mereka akan senang dan bahagia. Siapa tahu di transaksi berikutnya kamu bisa dikasih diskon kan?

Mungkin terlihat sederhana, tapi cara-cara atau etika di atas sangat penting untuk diperhatikan ketika kita ingin belanja online. Hmm, jika cara-cara seperti di atas ini banyak dilakukan, pasti kegiatan jual beli online di Indonesia akan terasa lebih menyenangkan. Ya nggak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
63SHARES