Biar Cepat Punya Rumah, Ini 8 Trik Menabung Bagi Kamu yang Bergaji 2Jutaan

www.fredericknewspost.com

Memiliki gaji pas-pasan memang suka bikin pusing. Apalagi kalau ingin beli rumah, duh harus pinter-pinter deh mengatur keuangannya. Namun meski begitu, bukan berarti dengan gaji Rp 2 jutaan kamu nggak bisa punya rumah, lho. Hal ini cukup memungkinkan asal kamu mau berusaha dan bersabar. Tentu cara yang harus kamu lakukan adalah menabung sejak dini. Sebab, terkadang yang bikin berat itu adalah ongkos DP-nya. Sedangkan angsuran biasanya masih mampu karena banyak pilihan yang beragam.

Nah kalau kamu belum menikah dan masih tinggal bersama orangtua, gaji Rp 2 jutaan kamu bisa atur untuk kredit rumah impian, lho. Penasaran? Yuk, simak tipsnya!

1. Rajin survey dan cari informasi soal KPR rumah

www.bobvila.com

Saat ini banyak sekali agen perumahan yang menyediakan KPR. Kamu bisa mulai untuk mengorek informasi dan survey di berbagai agen. Carilah yang memiliki fasilitas paling oke, lokasi yang cocok untuk kamu. Soalnya, cari rumah yang cocok yang nggak gampang karena kamu harus bisa mengukur kemampuan finansial kamu serta harga DP hingga cicilannya nanti.

2. Kamu bisa memilih rumah bersubsidi dengan DP dan angsuran yang cukup terjangkau

www.presidenri.go.id

Saat ini pemerintah punya program rumah bersubsidi. Kamu bisa memilih ini untuk rumah masa depanmu. Harga rumah bersubsidi ini kisaran Rp 130 juta (di atas harga ini tidak ada subsidi). Nah, untuk DP rumah ini juga cukup rendah, yakni hanya 10 % atau sebesar Rp 13 juta. Lalu untuk angsuran kredit mulai Rp 800 ribu sampai Rp 1,5 juta (tergantung mau berapa tahun yang kamu ambil; 20 tahun, 15 tahun dan 10 tahun). Jika kamu memilih rumah ini, tentu gaji 2 jutaan bisa sangat memungkinkan untuk KPR rumah.

3. Buatlah 2 atau lebih rekening untuk memudahkan kamu menabung

expertbeacon.com

Membuat 2 rekening bisa memudahkan kamu untuk menabung. Satu rekening untuk kebutuhan kamu sehari-hari, dan satunya untuk tabungan. Atau, jika kamu ingin lebih rekening selanjutnya bisa kamu pakai untuk mengisi dana cadangan. Namun pilih bank yang punya potongan paling rendah ya.

4. Mulailah mengatur alur gaji atau keuangan kamu untuk biaya harian

www.perhai.com

Kalau kamu masih tinggal bersama orangtua, biaya harian yang kamu butuhkan mungkin hanya untuk transportasi dan uang jajan. Anggarkan saja setiap hari untuk keperluan ini sebesar Rp 30 ribu x 30 hari (1 bulan) = Rp 900 ribu. Dana ini harusnya cukup bahkan lebih untuk kebutuhan kamu sehari-hari, asal kamu nggak boros.

5. Mulailah menganggarkan uang untuk DP rumah
www.newsrimini.it

Setelah dipotong untuk anggaran harian, masih ada sisa uang Rp 1,1 juta. Kamu bisa bagi untuk tabungan sebesar Rp 800 ribu misalnya. Dalam waktu 2 tahun (x 24) tabungan ini akan menjadi Rp 19.200 juta. Sisa bukan untuk DP rumah? Tapi jangan senang dulu, biasanya ketika kamu DP masih ada dana tambahan seperti administrasi dari pihak delevoper dan lainnya (masing-masing developer berbeda) yang bisa mencapai Rp 5 jutaan. Jadi jumlah tabungan 2 tahun ini masih aman untuk DP, bahkan sedikit sisa.

6. Sisakan tabungan untuk pengeluaran tak terduga atau dana cadangan
www.kiplinger.com

Saat ini uang kamu sisa Rp 300 ribu setelah dipotong biaya harian dan DP rumah. Sisa ini bisa kamu anggarkan untuk dana cadangan. Misalnya, Rp 300 ribu dalam 2 tahun (x 24) menjadi Rp 7.200 juta. Jumlah ini cukup aman jika sewaktu-waktu ada kebutuhan tambahan. Bahkan dengan uang ini kamu juga bisa manfaatkan untuk investasi emas. Kamu bisa membeli dan dijual lagi. Karena nilai emas juga sangat stabil, bahkan selalu naik.

7. Kamu perlu pangkas pengeluaran yang tidak perlu

gemoftheweek.com

Tentu saja hitungan di atas tidak akan berhasil jika gaya hidup kamu boros dan suka foya-foya. Padahal jika kamu ingin punya rumah cepat, kamu harus bisa bersusah payah dulu dengan hidup hemat. Terpenting kamu bisa mencapai target untuk DP-nya dulu. Kurangi belanja yang tidak perlu dan jangn membeli barang yang terkesan pemborosan. Agar misi kamu untuk membeli rumah dalam 2 tahun bisa berhasil!

8. Konstan menabung dan nggak bolong-bolong. Mulailah dari sekarang!

www.fuelcellscanada.ca

Sebenarnya kunci menabung itu bukan jumlahnya, melainkan konsistensi kamu. Jadi kalau kamu bisa konstan menabung, tentu mencapai target di atas bukan hal yang mustahil. Jadi biasakan diri untuk selalu ingat dengan misi yang ingin kamu capai.

Jangan pula menunda. Kalau kamu bolong-bolong menabung, target bisa meleset dan molor. Lalu kalau sudah begini apa efeknya? Harga rumah bisa makin mahal. Sebab, harga properti semakin lama akan makin naik, nggak pernah turun. Jadi mulai lebih cepat akan lebih baik.

Itulah tadi beberapa cara menabung yang bisa kamu coba. Jika langkah itu bisa kamu lakukan dengan benar, dalam waktu 2 tahun kamu sudah bisa memiliki uang yang cukup untuk membayar DP. Tentu masalah lamanya menabung bisa kamu tentukan sendiri ingin berapa tahun. Namun cara di atas bisa kamu jadikan gambaran atau contoh kamu.

Kemudian kamu bisa memilih angsuran yang paling logis untuk anggaran kamu. Semangatlah berkarier dan berikan yang terbaik untuk perusahaan biar jabatan naik sekaligus dengan gaji. Atau, jika memungkinkan tak ada salahnya kamu mencari second job. Misalnya driver ojek online juga cukup lumayan sebagai tambahan bulanan. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Terlihat Sepele, Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Syukuri Selama Sahabat Ada di Sisi

Terlihat Sepele, Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Syukuri Selama Sahabat Ada di Sisi

Ternyata Tanda Tangan Bisa Mencerminkan Kepribadian Seseorang. Seperti Apa Kepribadianmu?

Ternyata Tanda Tangan Bisa Mencerminkan Kepribadian Seseorang. Seperti Apa Kepribadianmu?

Dari Terkenal Sampai Kesepian, Semua yang Dialami Mahasiswa Abadi Bikin Ngenes!

Dari Terkenal Sampai Kesepian, Semua yang Dialami Mahasiswa Abadi Bikin Ngenes!

10 Ilustrasi yang Mewakili Realita Jadi Ibu Rumah Tangga. Kamu Banget Nggak Nih?

10 Ilustrasi yang Mewakili Realita Jadi Ibu Rumah Tangga. Kamu Banget Nggak Nih?

Ingin Tahu Kenapa Cowok Suka Posesif dan Merasa Insecure? Ini Alasannya!

Ingin Tahu Kenapa Cowok Suka Posesif dan Merasa Insecure? Ini Alasannya!

7 Gelagat Cowok Saat Jatuh Cinta Sama Kamu. Jangan Sampai Cewek Nggak Tahu!

7 Gelagat Cowok Saat Jatuh Cinta Sama Kamu. Jangan Sampai Cewek Nggak Tahu!

loading