Biar Besuk Nggak Kaget, Ini 8 Masalah Terberat Saat Menjadi Pengantin Baru

28 Januari 2018
|Robertus Ari
490SHARES

Lega dan bahagia. Mungkin itu yang pertama kamu rasakan saat kamu dan pasangan resmi menjadi suami istri. Terlebih setelah sebelumnya sudah capek-capek menyiapkan pernikahan dan akhirnya semua selesai dengan lancar. Namun menjadi pengantin baru ternyata tidak selamanya bisa berjalan serba lancar, lho. Tak jarang, beberapa pasangan memiliki ‘mimpi buruk’ di awal menjadi suami istri.

Untuk itu biar besuk kamu nggak kaget, berikut beberapa masalah yang sering dijumpai pengantin baru setelah menikah. Apa saja?

1. Pembagian tugas di rumah

Tinggal serumah pasti banyak tugas yang harus dikerjakan bersama. Tentunya akan berbeda yang sebelumnya kamu hidup sendiri. Akan ada tanggung jawab baru tentang perkerjaan rumah. Kamu dan pasangan harus bisa saling membantu dan membagi tugas. Atau, kalian bisa kerjakan bersama-sama layaknya sebuah tim.

2. Hubungan antara menantu dan mertua

Meski sebelumnya sudah mengenal dengan menantu dan mertua, tetap saja setelah menikah akan ada hubungan yang berubah. Sebab, kamu sudah menjadi anggota keluarga mereka secara sah. Tentu membangun komunikasinya tak selalu mudah, butuh waktu dan proses yang cukup lama agar kamu dan mereka bisa saling menyesuaikan diri. Namun yang terpenting, kamu harus saling terbuka dan respek satu sama lain.

3. Membangun kedekatan dan keintiman

Meskipun kamu dan suamimu sudah mengenal cukup lama, faktanya membangun kedekatan dan keintiman setelah menikah tidaklah mudah. Pasti butuh waktu dan penyesuaian juga. Bahkan, awalnya mungkin kamu merasa sedikit canggung. Tapi selama itu bisa dikomunikasikan secara terbuka, pasti semua bisa berjalan lebih mudah.

4. Prioritas masih-masing individu

Tentu kamu dan pasangan memiliki prioritas yang tidak sama. Terpenting, kamu dan suami bisa saling menghormati serta mengerti prioritas masing-masing. Sebab, tak selamanya kamu bisa menuntut perhatian dan hal lainnya, karena bisa jadi salah satu lagi ada tugas di rumah atau di kantor yang itu cukup menyita waktu.

5. Menyesuaikan dengan kebiasaan harian

Meski ini sepele, faktanya bisa memicu sedikit perdebatan. Terlebih kamu dan pasangan memiliki kebiasaan sendiri-sendiri setiap hari. Dan, waktu sudah tinggal serumah semua mulai kelihatan dan harus saling menyesuaikan. Ini bisa seperti rutinitas setiap pagi atau hal-hal lain yang biasa dilakukan di rumah.

6. Waktu kumpul dengan teman-teman

Menghabiskan waktu atau kumpul bersama teman dan sahabat pasti bakal menyenangkan.  Namun setelah menikah, kamu dan pasangan pasti menyesuaikan diri lagi dengan waktu yang ada. Kamu tidak bisa sebebas dulu - yang sangat mudah untuk mencari waktu bertemu tengan teman-temanmu. Tapi meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Kamu dan pasangan hanya butuh saling mengerti serta perlu membagi prioritas.

7. Urusan finansial atau keuangan

Ini menjadi hal yang cukup vital. Apa pun itu yang berkaitan dengan keuangan atau finansial, harus dikomunikasikan secara terbuka dengan pasangan. Karena dalam hal ini, kamu dan pasangan harus bisa bekerja sama seperti sebuah tim, yang memiliki visi dan misi yang sama. Sebab jika manajemen keuanganmu tidak diatur bersama, nantinya bisa menimbulkan kecurigaan atau komunikasi yang tidak nyaman.

8. Mengurus anak

Jika kamu dan pasangan sudah memiliki anak atau lagi on the way, kamu dan pasangan harus pintar untuk menyesuaikan diri lagi. Mungkin sebelumnya kamu sudah mulai nyaman dengan berbagai situasi dengan pasangan. Tapi ketika sudah ada anak, pasti kamu harus mulai lagi dari nol atau penyesuaian lagi dari awal. Sebab memiliki anak butuh tanggung jawab besar dan energi yang besar pula. Sehingga kamu dan pasangan harus bisa membagi tugas secara seimbang biar tidak menimbulkan stres atau keributan yang sebenarnya tidak perlu.

Itulah tadi 8 masalah yang kerap kali muncul bagi pengantin baru. Tapi tenang saja, kamu dan pasangan pasti bisa melaluinya. Pastinya juga, lebih banyak senangnya daripada yang tidak. Jadi, nikmati saja saat menjalaninya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
490SHARES