Bertengkar Lewat Chat adalah Ide Buruk. Stop Lakukan Hal Ini Kalau Nggak Ingin Hubungan Bubar!

www.elitedaily.com

Bertengkar dengan pasangan tentu saja hal yang lumrah. Pasti banyak dari kalian yang sering mengalami hal ini dan merasakan asam garamnya. Namun momen ini memang cukup beresiko untuk hubungan, apalagi jika kamu dan pasangan lagi sama-sama emosi. Sehingga ngomong pun bisa ngawur nggak karuan. Parahnya lagi kalau kamu bertengkar lewat chat. Duh, lebih baik jangan deh. Ini adalah ide yang buruk!

Lalu kenapa bertengkar lewat chat bisa membuat hubunganmu terancam bubar? Mengapa ini harus kamu hindari? Berikut adalah alasannya!

1. Komunikasi kamu menjadi nggak efektif, apalagi untuk membahas masalah yang serius

collegecandy.com

Komunikasi yang baik memang adanya kontak mata dan tatap muka. Kalau lewat chatting, ini justru menghambat proses tersebut. Jadi kalau kamu dan pasangan sedang ada konflik, lebih baik lakukan pembicaraan secara langsung. Kalau lewat chat hanya bikin masalah makin meningkatkan.

2. Jika kamu ingin menjelaskan masalah yang cukup detail, ini menjadi sulit kalau hanya lewat chatting

www.quora.com

Setuju dengan hal ini? Apakah kamu kerap merasakannya? Memang, berbicara lewat chatting itu sebenarnya bisa malah ribet. Apalagi kalau kamu ingin menjelaskan persoalan yang cukup rumit dan detail. Pasti kamu juga bingung bagaimana cara mengatakannya lewat teks.

3. Poin utama permasalah malah tidak menjadi fokus, justru memicu persoalan baru

www.mirror.co.uk

Misalnya, kamu dan pasangan lagi ada masalah tertentu serta ingin mengatakannya lewat chat. Ketika proses ini, kamu bisa menemukan persoalan baru dan tak bisa menemukan titik temu pokok permasalahannya. Justru karena banyaknya hambatan dalam komunikasi, bikin memicu konflik baru. Sedangkan masalah yang ingin kamu bicarakan malah tidak terselesaikan.

4. Saat berbicara lewat chatting, kamu dan pasangan kemungkinan besar bisa mengalami kesalahpahaman

phonefanatics.blog.hu

Kalau sudah kayak gini bagaimana? Tentu malah bikin masalah makin rumit bukan? Sebab, ngomong lewat chat bisa memicu kesalahpahaman antara kamu dan pasangan. Hal ini dikarenakan tidak adanya tatap muka langsung. Dia juga tidak tahu bagaimana nada bicara kamu, bagaimana ekspresi kamu, dan seperti apa cara kamu mengucapkan kalimatnya. Sehingga pertengkaran kamu dengan dia bisa makin memanas!

5. Entah kamu menyadari hal ini atau tidak, bertengkar lewat chatting itu cukup membuang waktu
theinfalliblebro.com

Bayangkan saja, berapa lama waktu yang kamu gunakan untuk membahas permasalahan lewat chatting? Tentu akan lebih lama daripada membicarakannya secara tatap muka langsung, bukan? Kemungkinan pembahasannya pun bisa terjadi lebih singkat.

Belum lagi kalau lewat chatting balasnya lama, bisa membuat masalah tak selesai hingga berlarut-larut. Soalnya berbicara lewat chat kamu juga perlu mengetik, menghapus, mengetik ulang, dan seterusnya. Ini cukup membuang waktu dan sama sekali tidak membantu dalam menyelesaikan masalah.

6. Tidak adanya konfrontasi justru membuat persoalan semakin rumit
www.elitedaily.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melakukan pembicaraan tanpa adanya konfrontasi atau tatap muka langsung hanya akan menunda penyelesaian masalah. Kalian hanya berbicara secara ‘bersembunyi’ dibalik layar ponsel masing-masing. Jadi alangkah baiknya, setiap masalah dibicarakan secara langsung dengan kepala dingin. Dengan cara inilah kalian bisa baikan dan menemukan solusi bersama.

7. Kamu dan pasangan akan sulit untuk membangun komunikasi yang seimbang

p3health.net

Ketika sedang emosi, pikiran kacau, akan sangat sulit untuk membahas persoalan yang penting. Padahal untuk melakukan hal ini membutuhkan ketenangan. Namun sayangnya, untuk mengontrol diri saat emosi juga tidak mudah. Sehingga saat membahas masalah lewat chatting akan susah membangun pembicaraan yang seimbang.

Mungkin antara kamu dan pasangan terus saling menyalahkan. Tidak ingin mendengarkan pendapat masing-masing karena sudah saking emosinya. Hingga pada akhirnya, debat kuda pun terjadi dan tak ada ujungnya serta masalah tak terselesaikan karena tidak mau berbicara secara bergantian.

Jadi ada baiknya ketika ada masalah, kamu dan pasangan bisa membicarakannya secara langsung dan tatap muka. Cara ini akan lebih mudah untuk membahas sekaligus menyelesaikan masalah. Kalian juga akan belajar bagaimana untuk berpikir lebih dewasa, menghargai pendapat satu sama lain, dan seterusnya. Dengan begitu, hubungan kamu akan terjaga keharmonisannya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Begini Nih Trik Memasak Nasi Biar Nggak Cepat Basi, Mubazir Itu Nggak Baik!

Begini Nih Trik Memasak Nasi Biar Nggak Cepat Basi, Mubazir Itu Nggak Baik!

Invasi Serangga di Rumah Emang Bikin Kzl, Begini Cara Alami Mengusirnya Tanpa Pestisida!

Invasi Serangga di Rumah Emang Bikin Kzl, Begini Cara Alami Mengusirnya Tanpa Pestisida!

Ingin Nyalon di Tanggal Tua? Bisa Kok, Begini Cara Menghemat Biayanya!

Ingin Nyalon di Tanggal Tua? Bisa Kok, Begini Cara Menghemat Biayanya!

Meski Sederhana dan Terdengar Sepele, Mengucapkan Selamat Pagi Pada Kekasih itu Penting!

Meski Sederhana dan Terdengar Sepele, Mengucapkan Selamat Pagi Pada Kekasih itu Penting!

Modif Case Handphone-mu Yuk dengan 10 Cara Ini. Lucu dan Nggak Pasaran!

Modif Case Handphone-mu Yuk dengan 10 Cara Ini. Lucu dan Nggak Pasaran!

Selain Untuk Bikin Rumah-Rumahan, 5 Barang Berfaedah Ini Bisa Dibuat dari Lego Lho!

Selain Untuk Bikin Rumah-Rumahan, 5 Barang Berfaedah Ini Bisa Dibuat dari Lego Lho!

loading