Bercermin dari Ahok dan Veronica, Mengapa sih Pasangan Harmonis Bisa Bercerai?

10 Januari 2018
|Robertus Ari
1SHARES

Belum lama ini netizen dikejutkan dengan kabar surat gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok kepada istrinya, Veronica Tan. Tentu tak ada yang menyangka hal ini bisa terjadi. Sebab, pasangan yang sudah dikaruniai 3 anak ini selalu terlihat harmonis disetiap kesempatan – tak ada tanda-tanda masalah dalam rumah tangga mereka.

Lalu publik banyak bertanya, mengapa pasangan yang harmonis ini bisa bercerai juga? Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Berikut Yukepo berikan paparannya sebab umum mengapa perceraian bisa terjadi.

1. Perselingkuhan menjadi salah satu ancaman terbesar hancurnya pernikahan

Mengkhianati janji perkawinan menjadi salah satu penyebab munculnya perceraian. Tentu saja pihak yang merasa disakiti akan memilih untuk berpisah dengan cara menggugat cerai. Namun meski begitu, ternyata tak sedikit juga kok pasangan yang tetap mampu untuk bertahan dengan melalui masalah itu bersama dan membuka lembaran baru lagi. Hal ini tentunya didukung dengan komitmen dan ketulusan untuk bisa memaafkan.

2. Lebih mudah menyalahkan daripada berpikir membuat perubahan yang diperlukan

Apa yang biasa dilakukan pasangan saat menghadapi masalah? Kebanyakan yang dilakukan pertama adalah saling menyalahkan. Hal ini memang lebih mudah daripada memikirkan perubahan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki keadaan. Tak sedikit dari pasangan yang terlalu malas untuk memikirkan hal ini – mengeksplorasi diri untuk belajar dan berusaha memperbaiki. Sebab, kehidupan rumah tangga membutuhkan usaha yang keras, komitmen, bahkan kompromi agar pernikahan bisa bertahan lama.

3. Pasangan kurang ketrampilan dalam berkomunikasi

Meski terlihat sederhana, faktanya masih banyak pasangan yang belum bisa melakukan hal ini. Banyak juga pasangan yang menghindari percakapan karena takut melukai. Tapi ketrampilan berkomunikasi tetap dibutuhkan dalam menjalin hubungan. Cara termudah adalah dengan terbuka dan jujur. Kalau mendengarkan dan berbicara tak ada dalam rumah tangga, tentu harapan bisa bertahan lama akan sirna. Terlebih selama pacaran pasti kamu sudah memahami seperti apa atau cara komunikasi efektif untuk mencari solusi.

4. Memiliki ekspetasi yang terlalu tinggi

Memiliki harapan tinggi ternyata tidak selalu positif, terlebih dalam pernikahan. Apalagi jika hal tersebut dipadukan dengan kemalasan, hanya akan membuat rumah tangga berakhir. Baik pria maupun wanita pasti memiliki asumsi dan harapan dalam pernikahannya. Namun ekspektasinya tak berjalan sesuai realita kehidupan. Jadi, seyogianya pasangan harus paham bahwa kehidupan pernikahan pasti tidak luput dari konflik atau masalah. Kamu juga harus sadar bahwa kamu dan dia memiliki latar belakang yang berbeda, sehingga konflik ini bisa menjadi cara untuk lebih saling mengenali dan tahu bagaimana menyiasati atau cara mengelolanya.

5. Pasangan memiliki perbedaan prinsip atau keyakinan yang kuat

Mungkin hal ini cukup aneh, sebab pernikahan adalah menyatukan sebuah perbedaan yang dimiliki setiap pasangan. Namun hal ini juga tak menutup kemungkinan juga bisa terjadi hingga berpisah. Sebab, perbedaan prinsip bisa saja membuat ego menjadi tinggi dan tak ada yang mau mengalah. Pada akhirnya bisa menjadi perdebatan panjang dan masalah perbedaan ini selalu muncul hingga membuat mereka ‘lelah’ – memilih untuk mengakhiri pernikahan mereka.

 

Itulah tadi beberapa sebab yang bisa mendorong pasangan harmonis bisa bercerai. Tapi tentu saja, untuk kasus Pak Ahok dan Bu Vero itu masalah pribadi dan mereka saja yang tahu mengapa memilih untuk berpisah. Semoga Tuhan memberikan jalan yang terbaik bagi mereka.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
1SHARES