Berada di Peringkat Kedua Terbawah, Mengapa Minat Baca di Indonesia Begitu Rendah?

lifestyle.okezone.com

Indonesia, negara dengan jumlah penduduk sebanyak 261,1 juta jiwa berdasarkan data pada tahun 2016. Belum lagi dengan tingkat kelahiran yang cukup tinggi membuat negara ini semakin penuh sesak. Namun, ada ironi di balik hal tersebut. Berdasarkan studi dari Central Connecticut State University pada tahun 2016, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal Most Literate Nations in the World. Kenyataan tersebut membuat kita semua bertanya-tanya, mengapa hal yang demikian bisa terjadi? Bukankah saat ini masyarakat Indonesia sudah dimanjakan dengan teknologi yang dapat mempermudah mereka untuk mengakses berbagai macam jenis bacaan via internet? Terlebih keberadaan smartphone yang kian hari kian canggih sehingga semua berita dapat diakses dengan mudah? Mengapa?

Sebuah riset dari We Are Social menunjukkan sebanyak 132,7 juta orang atau sebesar 51% dari total populasi masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif internet dengan rata-rata waktu akses selama 8 jam 51 menit per harinya. Angka tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa saat ini perkembangan internet di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat. Situasi ini kemudian memunculkan pertanyaan, apakah sebenarnya yang masyarakat Indonesia lakukan dengan internet? 

wearesocial.com

Data dari statista.com per Januari 2018 menunjukkan fakta bahwa sebesar 44% populasi masyarakat dewasa Indonesia menggunakan smartphone untuk mengambil foto dan video di mana hanya 3% yang menggunakannya untuk membaca buku maupun majalah digital. Sementara itu, studi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01% atau 1 berbanding 10.000. Salah satu penyebab rendahnya minat baca di Indonesia adalah sulitnya akses terhadap buku.

Aktirs cantik Chelsea Islan yang baru-baru ini mengunjungi Provinsi Papua pun menuturkan hal yang senada. Menurutnya, masyarakat di Papua sana ingin sekali dapat membaca berbagai macam buku, namun sulitnya akses membuat mereka hanya bisa berharap.

Melihat kenyataan itu, Opera sebagai leading browser di Indonesia memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Worldreader, sebuah organisasi non-profit yang memiliki misi membantu dunia untuk dapat membaca. Salah satu aksi nyata yang telah dilakukan adalah dengan memberikan kemudahan akses membaca bagi masyarakat Indonesia melalui aplikasi Opera Mini. 

www.yukepo.com

Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan produk dan terus menghadirkan konten terbaik untuk para pengguna setia kami. Kami percaya bahwa membaca memberikan kesempatan unik untuk dapat lebih memahami suatu topic atau konsep yang ingin kita ketahui dan mampu memperluas pengetahuan serta meningkatkan pengembangan diri dalam berbagai aspek. Kami membawa perubahan ini melalui kerja sama dengan Worldreader, menyediakan lebih dari 40.000 e-book terbaik yang dapat diakses melalui Opera Mini. Kami pun memilih buku yang akan dihadirkan dengan harapan dapat memberikan berbagai buku yang baru, relevan, dan menarik yang tersedia dalam 70 kategori dan 43 bahasa,” ujar Jatu Anggraeni, Content Editorial Lead Opera Software AS di Indonesia.

Chelsea Islan yang juga merupakan Brand Ambassador Opera di Indonesia pun mengamini hal tersebut. Menurutnya, dengan membaca, masyarakat dapat memahami lebih dalam tentang berbagai hal yang terjadi, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

www.yukepo.com

“Membaca telah menjadi keharusan bagi saya. Bahkan, ketika saya masih bersekolah, saya diwajibkan membaca minimal dua buku dalam seminggu. Itu sangat berharga bagi saya karena dengan membaca, saya bisa menambah perbendaharaan kata, pengetahuan, dan sebagainya. Dari membaca pun kita membayangkan tentang proses yang terjadi dalam sebuah cerita sehingga membuat kita menjadi lebih imajinatif dan kreatif,” kata Chelsea.

www.yukepo.com

“Oleh karena itu, saya sangat mendukung kerja sama Opera dan Worldreader serta terdorong untuk ikut serta dalam gerakan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk lebih gemar membaca,” pungkasnya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hubungan yang Mampu Lalui 10 Hal Ini, Bisa Awet Hingga Nanti

Hubungan yang Mampu Lalui 10 Hal Ini, Bisa Awet Hingga Nanti

Kumpulan #PathDaily Paling Lucu nih! Dijamin Kamu Nggak Berhenti Ngakak!

Kumpulan #PathDaily Paling Lucu nih! Dijamin Kamu Nggak Berhenti Ngakak!

Ironis, 8 Ilustrasi Kelakukan Mantan yang Bikin Kita Jengkel

Ironis, 8 Ilustrasi Kelakukan Mantan yang Bikin Kita Jengkel

Pacar Ketahuan Selingkuh? Daripada Galau Nggak Jelas, Lebih Baik Lakukan Ini Saja!

Pacar Ketahuan Selingkuh? Daripada Galau Nggak Jelas, Lebih Baik Lakukan Ini Saja!

Begini Jadinya Kalau Kamu Cuma "Diam" Saat Bertengkar dengan Pasangan. Bisa Bahaya, lho!

Begini Jadinya Kalau Kamu Cuma "Diam" Saat Bertengkar dengan Pasangan. Bisa Bahaya, lho!

Bukan Curhat, 7 Cara Ini Akan Mengatasi Kesedihan yang Sedang Kamu Rasakan

Bukan Curhat, 7 Cara Ini Akan Mengatasi Kesedihan yang Sedang Kamu Rasakan

loading