Bentar Lagi Bulan Puasa, 7 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan dari Sekarang

06 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Hanya tinggal menghitung hari saja kita semua akan menyambut bulan Ramadan. Di bulan suci ini umat Muslim akan menjalankan ibadah dengan puasa untuk menyucikan diri sebelum Hari Kemenangan. Tentu kamu juga ingin menjalankan puasa dengan baik dan rasa yang lebih nyaman. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sejak sekarang sebelum memulai puasa. Ingin tahu apa saja? Berikut Yukepo telah merangkumnya.

1. Mencoba dulu menjalani puasa di hari biasa

Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum terbiasa atau baru akan memulai pertama kalinya puasa, untuk itu kamu perlu ‘latihan’ dulu sebelumnya. Soalnya untuk puasa penuh sebulan juga nggak gampang. Jadi biar kamu nggak kaget, kamu cobalah sehari atau dua hari untuk puasa. Sehingga nantinya ketika bulan Puasa tiba kamu sudah bisa menjalaninya dengan lebih mudah.

2. Selesaikanlah Qadha Puasa Ramadan

Puasa di bulan Ramadan adalah sebuah kewajiban. Ini adalah bentuk dari ibadah. Namun, bagi beberapa orang ada yang tidak bisa puasa penuh karena keterbatasan tertentu. Misalnya karena faktor kesehatan dan menstruasi bagi wanita. Untuk itu, kalau kamu punya utang puasa Ramadan, lebih baik kamu selesaikan sebelum bulan suci tiba.

3. Waktunya kamu persiapkan untuk khatam Alquran

Di bulan Ramadan, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini sebagai cara untuk mengkhatamkan Alquran. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan ini, sekarang waktunya kamu melakukan persiapan dengan menghitung berapa banyak ayat atau juz yang perlu kamu baca setiap hari.

4. Kurangi juga berperilaku buruk

Bulan Puasa adalah bulan di mana penuh dengan kebaikan. Di momen ini pula sering digunakan banyak orang untuk melakukan hal-hal baik. Mulai dari menjaga emosi, sikap, perkataan, hingga perbuatan. Jadi akan sangat baik jika menjelang bulan puasa kamu bisa mulai membenahi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

5. Persiapkan rezekimu untuk sesama

Bulan suci Ramadan menjadi salah satu cara untuk mencari pahala dan penebusan dosa-dosamu. Selain kamu melakukan shalat dan puasa, kamu juga bisa melakukan banyak hal bagi sesama. Misalnya, kamu memberi zakat, bersedekah, atau infaq. Jumlahnya juga nggak harus banyak, yang penting kamu niat, dan tulus ikhlas melakukannya.

6. Mulailah untuk mengurangi makan cemilan

Sebelum puasa, kamu bisa coba untuk mengatur pola makan. Misalnya mengurangi cemilan. Soalnya kebiasaan ini bisa cukup mengganggu ketika nanti kamu puasa. Dikit-dikit lidahmu ‘gatal’ karena ingin ngemil. Jadi akan sangat membantu jika kamu sebelum bulan Puasa sudah mengatur porsi ngemil kamu.

7. Mulai olahraga untuk menjaga kekuatan dan gaya tahan tubuhmu

Olahraga juga bisa membantu daya tahan tubuhmu meningkat. Kamu jadi nggak gampang lemas juga. Soalnya, puasa sering bikin kamu mudah lelah atau lemas. Jadi sekarang mulailah untuk olahrga biar nanti juga nggak gampang sakit. Mungkin kamu bisa mulai olahraga ringan dulu seperti lari atau latihan cardio di rumah.

Itulah tadi beberapa persiapan menjelang bulan Puasa Ramadhan yang perlu kamu lakukan. Semoga ibadahmu nanti bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan kamu. ya. Sehingga kamu bisa menyambut Hari Kemenangan dengan penuh suka cita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES