Benarkah Arang Bisa Memutihkan Gigi? Inilah 7 Manfaat Arang Aktif Bagi Kesehatan

29 Mei 2017
|Olphi Disya
95SHARES

Arang merupakan kayu atau serabut kelapa yang telah dibakar pada suhu yang sangat panas sehingga menjadi serbuk-serbuk halus. Warna hitamnya yang pekat sering diidentikkan dengan sesuatu yang kotor, padahal arang aktif banyak manfaatnya lho terutama untuk kesehatan kita. Apa aja ya manfaat arang aktif atau yang biasa disebut dengan activated charcoal?

1. Masker untuk kulit jerawat

Bagi kamu yang punya masalah kulit berjerawat, ada baiknya untuk mencoba masker yang terbuat dari arang ini. Arang dipercaya dapat mengikat minyak di wajah dan menghilangkan sel kulit mati penyebab noda bekas jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan serbuk arang dengan lidah buaya. Oleskan pada wajah yang bersih dan diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu agar lebih maksimal.

2. Mengusir bau badan

Bau badan dan bau mulut mungkin sesuatu yang paling dihindari karena bisa menurunkan rasa percaya diri. Umumnya, bau badan dan bau mulut disebabkan oleh adanya bakteri yang bersemayam dari dalam tubuh dan keluar sebagai keringat ataupun melalui napas. Nah, agar terhindar dari bau-bau tak sedap dari dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi pil yang mengandung arang aktif.

3. Memutihkan gigi

Sering merasa nggak percaya diri ketika senyum karena gigi kuning? Kamu bisa coba menyikat gigi dengan arang aktif nih. Kandungan arang aktif sebagai activated carbon akan mengembalikan warna alami gigimu, mencegah gigi berlubang, dan meredakan penyakit gusi. Caranya adalah basahi sikat gigimu dan oleskan ke serbuk arang aktif. Sikatkan pada gigi, terutama yang dirasa punya noda yang kuning dan membandel. Kumur-kumur yang banyak ya setelahnya!

4. Mengatasi gigitan serangga

Gigitan serangga yang mengeluarkan racun akan membuat kulitmu alergi, timbul pembengkakan, atau merasa perih. Agar setelah digigit serangga kulitmu nggak jadi rusak, kamu bisa mengoleskan serbuk arang aktif yang dicampurkan dengan minyak kelapa secukupnya hingga merata ke bagian kulit yang tergigit. Diamkan sebentar, kemudian oleskan lagi setiap 30 menit sekali hingga gejalanya mereda.

5. Lulur untuk kulit tubuh

Arang yang telah ditumbuk secara halus sehingga menjadi serbuk akan membantumu untuk meluluhlantakkan sel kulit mati dan juga menghaluskan kulitmu. Caranya adalah dengan menjadikan serbuk arang sebagai scrub dan dibalurkan ke kulit tubuhmu. Setelah itu kamu bilas dengan mandi seperti biasa menggunakan sabun. Kulitmu pun akan akan terasa halus dan bersih.

6. Mencegah penuaan dini

Yap, arang sepertinya emang bagus banget ya untuk kulit kita. Arang aktif juga dapat mencegah penuaan dini, mengatur kelenjar adrenalin, dan fungsi ginjal. Oleh karena itu, arang aktif akan membuang racun yang ada di bawah kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, dan sel-sel yang rusak.

7. Detoksifikasi

Karena memang arang berfungsi untuk membuang racun di tubuh, maka manfaat arang aktif paling utama adalah untuk detoksifikasi. Biasanya arang aktif diolah menjadi obat-obatan berbentuk pil atau tablet yang dijual di apotek dan aman untuk dikonsumsi. Detoksifikasi dengan arang aktif membantu kamu untuk menjaga daya tahan tubuh, nggak gampang alergi dan mencegah kerusakan sel.

Nah, itu dia ketujuh manfaat arang aktif bagi kesehatan tubuh. Meskipun bermanfaat, sebaiknya penggunaan arang aktif harus tetap berhati-hati dan sesuai dengan aturan pemakaian. Karena kalau nggak, kamu bisa aja mengalami dehidrasi hingga keracunan. Setelah melakukan treatment dengan arang aktif, sebaiknya kamu minum air putih yang banyak ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
95SHARES